Cara Mencari Trans TV di Satelit Merah Putih Dengan Parabola


Cara Mencari Satelit - Lagi hangat berita bahwa channel Trans TV yang berada pada satelit Telkom 3S hilang sinyalnya. Dan benar saja karena bukan hanya trans tv tapi trans 7, antv dan semua siaran lainnya yang di satelit telkom 3s akan hilang dan kemungkinan akan (sebagian sudah) migrasi ke satelit telkom 4 merah putih.

Kabar ini sebenarnya telah diinformasikan dimasing-masing pemilik siaran tersebut, seperti halnya trans tv memberitahukan bahwa tanggal 18 Januari 2019 kemarin Trans TV akan beralih satelit dari telkom 3s ke telkom 4 merah putih. Baca: Kenapa Frekuensi Telkom 3s Hilang Sinyal? Ini Jawabannya..

Cara Mencari Tracking Satelit

Bila kita simak pada artikel tersebut, terlihat jelas bukan saja trans tv, namun trans 7, antv dan ada juga saluran-saluran lain yang mengabarkan hal yang sama. Untuk mengetahui channel-channel apa saja yang telah aktif di satelit telkom 4, silahkan baca artikel kami: Inilah Daftar Frekuensi dan Simbol Rate Dari Satelit Telkom 4.

Cara Mencari Trans TV, Trans 7 dan ANTV di Satelit Merah Putih
Sebelum lebih lanjut yang perlu diketahui adalah posisi satelit telkom 4 merah putih adalah berada pada posisi 108.2 bujur timur yang dulunya diisi oleh telkom 1 yang mengalami gangguan anomali.

Sementara itu satelit telkom 3s berada di posisi orbit 118 bujur timur, sehingga perbedaan bujur ini mengakibatkan nantinya mengubah posisi kecondongan antena parabola.

Bagi anda sebagai pemula sekali dan ingin mencoba belajar mengarahkan dan melakukan tracking ke satelit telkom 4, sebenarnya kami pernah mempublish panduan umumnya dengan judul artikel: Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4.

Namun secara umum antena parabola yang mengarahkan ke satelit telkom biasanya sekaligus digabung dengan satelit palapa d atau yang biasa dikenal dengan tracking palkom (palapa telkom).

Nah, bila saat ini arah antena mengarah ke satelit telkom3s-palapa d maka harus diubah ke telkom4-palapa d. Dan untuk melakukannya anda bisa membacanya pada artikel dengan judul: Cara Mencari Satelit Telkom 3s Menggunakan 2 LNB Dengan Cepat.

Silahkan anda baca dan pahami secara mendalam karena di artikel itu cukup panjang penjelasannya yang didalamnya juga menjelaskan bagaimana merubah dari telkom1-palapa d menjadi telkom3s-palapa d.

Berikutnya yang perlu diketahui adalah secara default tentu nama satelit telkom 4 tidak ada di daftar list, dan sebenarnya bisa saja menggunakan nama satelit lain yang ada yang penting anda paham dalam pengaturan-pengaturanya.

Namun untuk mempermudah anda bagaimana cara menambahkan nama satelit telkom 4 pada receiver kami juga telah membahas secara detail dengan judul: Cara Lengkap Menambahkan Satelit Telkom 4.

Selanjutnya bila sekiranya bisa memahaminya, maka selanjutnya adalah bagaimana cara tracking dan lock satelit telkom 4 dan palapa d secara bersamaan. Artikelnya silahkan dibaca dibahasan dengan judul: Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4.

Pada saat tracking biasa kita akan mengalami tidak akurnya kedua satelit yang akan kita lock, dimana terkadang satelit telkom sinyal nya bagus bersamaan itu satelit palapa jelek atau sebaliknya. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kami pernah memberikan tipsnya pada artikel khusus dengan judul: Panduan Dasar Tracking Satelit Menggunakan 2 LNB.
Terakhir, bahwa pada artikel ini kami tidak membahas secara detail bagaimana cara mencari Trans TV di satelit merah putih, tetapi kami merangkum segala hal terkait telkom 4 berikut bagaimana cara melocknya. Karena bila anda sukses melock telkom 4 maka secara otomatis siaran-siaran yang ada didalamnya termasuk trans tv akan dapat nikmati kembali.
Semoga bahasan ini dapat menjawab secara komprehensif kenapa satelit telkom 3s hilang? bagaimana cara mencari trans tv? atau bagaimana cara tracking 2 satelit dalam 1 parabola?

11 komentar:

  1. Saya sudah lakukam blin scan, hanya bbrp transponder yg ketemu seperti 3560/30000/v, 3520/30000/v, 4092/3784/h, 3744/9498/h.
    Mohon solusinya, semingguan ini sy tongkrongin satelitmania biar dapat solusi atau pencerahan.
    Terima kasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. transponder diatas masuk dalam satelit chinasat 10. artinya silahkan turunkan sedikit secara perlahan kebarat untuk menuju satelit telkom 4 karena jaraknya tidak lebih dari 2 dejarat (china10: 110 dan telkom:108.2)


      saran kami masukan transponder trans 7 secara manual lalu lock siarannya. Perlu diketahui saat ini siaran2 yg ada sinyal cukup kecil (pelit) jadi penuh kesabaran untuk melkukan trackingx.

      Kami yakin setelah semua siaran pindah ke satelit telkom 4, maka sinyalx akan kembali luber seperti halnya di satelit telkom3s.

      Hapus
    2. Lanjut ya gan, untuk dish 8 feet, pemasangan LNB ukuran kedalaman dan jarak antar LNB brp cm ya?

      Hapus
    3. dicoba kedalaman kisaran 38-40, untuk jarak kami belum pernah mencoba yg 8 feet, namun sebagai referensi tambahan anda bisa membaca artikel ini

      Hapus
    4. LNB untuk 8feet kedalaman 40, jarak LNB paling ujung. Alhamdulillah saya dapat semua.

      Hapus
    5. mantap gan.. sukses selalu

      Hapus
  2. trantv di telkom 3s kok hilang

    BalasHapus
  3. Sudah sya alihkan ke telkom 4 tp trans tv kok msh ttp gx ada...tolong pencerahan ny suhu , sya pk Tp 3890/6000 H

    BalasHapus
  4. Pelit sinyal trans 7 aj hanya dpt 37

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di stabilkan gan, di tempat kami:
      transtv:41, trans7: 42 dan antv: 39 / antena 6fet


      Hapus