Header Ads

Cara Mencari Satelit Telkom 3s Menggunakan 2 LNB Dengan Cepat


Cara Mencari/Tracking Satelit Telkom 3S - Kita ketahui bersama bahwa informasi yang berkembang bahwa satelit Telkom 1 yang mengalami gangguan anomali, disadur dari laman detikcom oleh Menkominfo menceritakan gangguan Telkom 1 bukan karena pergeseran orbit, melainkan karena baterainya yang sudah tidak berfungsi hingga bahan bakarnya habis, sehingga keluar dari orbit.

Bila dilihat secara teknis, satelit tersebut sudah tidak bisa dipakai kembali. Solusinya harus dipindahkan sesegera mungkin, apapun konsekuensinya. Terkait hal tersebut bisa dipastikan bahwa satelit Telkom 1 tidak bisa digunakan lagi.


Imbas dari ini, bagi pemirsa yang menikmati tayangan televisi nasional yang penerimaannya melalui antena parabola khususnya menggunakan 2 LNB yaitu yang diarahkan ke satelit Palapa D dan Telkom 1 maka beberapa channel yang berada pada satelit Telkom 1 tidak akan ada siaran sama sekali (lost signal).

Ini Cara Mudah Mendapatkan Satelit Telkom 3S
Untuk itulah, dipostingan kali ini kami mencoba membahas artikel cara mencari sinyal TRANS7,TRANS TV, ANTV yang hilang atau lebih tepatnya bagaimana cara mudah menggabungkan satelit Palapa D dengan Telkom 3S. Lalu apa yang perlu diketahui sebelum melakukan ini semua, agar channel-channel yang ada di kedua satelit tersebut dapat terlock dengan sempurna?

Yang perlu diketahui sebelum melakukan bahwa adalah Telkom 1 dan Telkom 3S menempati posisi yang berbeda di orbitnya. Telkom 1 menempati posisi 108.2°E (BT) sementara itu untuk Telkom 3S berada pada garis bujur di posisi 118°E (BT), sehingga nantinya pada saat melakukan tracking arah antena parabola sedikit mengalami perubahan arah jadi kita harus mengetahui bagaimana cara setting lnb telkom 3s nantinya.

Cara Menggabungkan Satelit Palapa D dan Telkom 3S
Sebelum melanjutkan pembahasan utama, kami infokan bahwa pasca gangguan terhadap telkom 1 maka pihak telkom telah memindah slot transponder yang ada didalamnya ke satelit lainnya, salah satunya adalah ke Satelit Telkom 3S. Ya, kalo kita amati bersama terlihat jelas dimana semua channel-channel yang selama ini berada pada Telkom 1 kini secara bertahap sudah mengisi transpondernya di satelit telkom 3S.

Cara Memasang Lnb Palapa dan Telkom
Cara Merubah Posisi LNB Parabola - Baiklah, kita mulai saja.. Silahkan amati gambar dibawah ini dimana posisi antena parabola dengan setingan 2 LNB untuk posisi tracking Palapa D - Telkom 1 (PALKOM). Sebenarnya pun tetap bisa juga menggabungkan untuk 4 LNB, tetapi kita fokus di 2 LNB saja.

Gambar 1 : PALKOM

Posisi LNB Palapa D dan Telkom 3s - Maka nantinya akan kita setting menjadi seperti gambar dibawah ini yaitu Telkom 3S - Palapa D (KOMPAL).

Gambar 2: KOMPAL

Cara Pindah Dari Satelit Telkom 1 ke Telkom 3S
Selanjutnya sebelum kita melakukan tracking,  hal yang perlu dilakukan adalah merubah nama satelit pada settingan receiver untuk LNB TELKOM 1 menjadi TELKOM 3S (opsional) dan biarkan saja daftar list transponder yang ada didalamnya (jangan dihapus).

Langkah berikutnya adalah mengubah switch port LNB pada receiver. Perhatikan dengan teliti switch yang digunakan apakah Switch DiSEqC 2x1 atau Switch 22K On/Off.

Bila Menggunakan DiSEqC 2x1:
Maka bila setingan awal pada receiver terlihat untuk Palapa D berada pada posisi port 1 maka ubah ke posisi port 2 dan selanjutnya posisikan port 1 untuk satelit Telkom 3S.



Bila Menggunakan Switch 22K On/Off:
Maka bila setingan awal pada receiver terlihat untuk Palapa D berada pada posisi 22K On maka ubah ke posisi 22K Off dan selanjutnya posisikan 22K On untuk satelit Telkom 3S.
- Artikel Terkait -
Cara Tracking dan Menggabungkan Channel FijiTv dan Channel PLTV
CATATAN:
  • Bila sebelumnya posisi fokus berada pada Palapa D, maka dengan cara mengubah port LNB diatas maka secara otomatis pada saat ini posisi fokus berada pada Telkom 3S ini karena perbedaan posisi Telkom 1 dengan Telkom 3S.
  • Sebagai tambahan kita tidak perlu mengubah jarak antar 2 LNB karena tidak ada perbedaan yang signifikan antara Telkom 1 (108.2) > Palapa D (113) = 4.8 dengan Palapa D (113) > Telkom 3S (118) = 5.
  • Bila sekiranya sudah tidak ada lagi yang tertinggal, waktunya untuk melakukan tracking ke satelit yang dituju untuk dengan mencari channel terkuat.
  • Selanjutnya cukup naikkan tiang menyangga sehingga kemiringannya menuju ke arah timur kurang lebih 2 cm saja.

Setting Satelit Palapa D
Lalu bagaimana, bila kita ingin fokus ke Satelit Palapa D? Maka bila merujuk pada posisi antena diatas maka kita harus mengubahnya dengan cara menggeser tiang fokus (3 buah tiang penyangga bracket LNB) sehingga LNB untuk satelit palapa d benar-benar fokus dan satelit telkom 3s sebagai offset.
- Artikel Terkait -
Cara Mudah Menambahkan Daftar Satelit Telkom 3s di Receiver
Sebenarnya ada cara lain agar fokus pada satelit palapa d, yaitu dengan cara memutar antena parabola dengan jarak 180 derajat atau dalam artian yang awal posisi Timur menjadi ke Barat dan Barat ke Timur. Dengan demikian secara otomatis bila sebelum di putar posisi fokus berada pada satelit palapa  d maka setelah diputar pun tidak akan berubah pula, bukan? yaitu hasilnya tetap fokus ke satelit palapa d.

Dan sebenarnya cara ini yang sangat direkomendasikan, karena selain tanpa mengubah tiang fokus tersebut kita pun tidak perlu mengubah settingan switch/DiseQc pada menu receiver.

Terakhir silahkan tracking ke satelit yang di tuju dengan memasukan frekuensi terkuat semisal pada satelit palapa d untuk frekuensi rcti, global tv, mnctv mpeg2, bila terlock lanjutkan dengan melakukan scan dan bisa juga dilanjutkan dengan scan buta (blind scan). Agar kedua lnb dapat menangkap sinyal dengan sempurna mungkin tips khusus perlu anda ketahui dengan membaca artikel kami yang berjudul: Panduan Dasar Tracking Satelit Menggunakan 2 LNB

Demikian, semoga dapat dipahami. Dan bila masih ada yang perlu dibahas atau ditanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kotak komentar dibawah.

207 komentar:

  1. Bagaimana untuk parabola dengan 4 lnb

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm sempat track dgn 4 lnb gan

      Hapus
    2. untuk 4 LNB d tmptku d geser ke aeah tmur sktr 1cm,an bsa ttp konsekuensi lnb 3 ke geser ke lnb 4 dn lnb 3 jdi blm kepake, jka mau kepake semua otomatis setel ulang posisi 4 LNB setahuku, alias agar LNB 1 dan 2 berubh tnpa merubah possi lnb 3,4

      Hapus
  2. perlu di ubek2 gak LNB yg awalnya Telkom 1 gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara teori tidak perlu merubah jarak lnb karena jarak derajat yg hampir sama antar Telkom1-palapaD dengan palapaD-telkom3s. Namun di sebagian wilayah agar channel2 terlock dengan baik, perlu mengubah arah antena utara-selatan nya.

      Hapus
    2. Min.
      Trans tv trans 7, antv.
      Sudah dapat.

      Tapi kok malah siaran lain yang hilang. Gimana caranya min

      Hapus
  3. Pemakaian satelit Telkom 3s sdh permanen ap sementara ya,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita anggap saja ini permanen gan, karena sejatinya telkom 1 akan di gantikan oleh telkom 4 yang akan menuju orbit pertengahan 2018.

      Hapus
    2. mudah mudaha aja berhasil orbit dan ga meledak kayak satekit telkom 3

      Hapus
  4. Bro, saya lokasi di Jakarta, apa arahnya juga sama dengan daerah lain (Selanjutnya cukup naikkan tiang menyangga sehingga kemiringannya menuju ke arah timur kurang lebih 2 cm saja.) ?
    Ditunggu infonnya boss, tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagian wilayah agar channel2 terlock dengan baik, perlu mengubah arah antena utara-selatan nya.

      Hapus
    2. Kalau di jawa timur bagaimana cara ngatur lnb nya?

      Hapus
  5. kalau tracking dengan 4 LNB bisa nggak,pake port berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semestinya bisa gan, cuman harus mengatur jarak lnb kembali dan sdh barang tentu harus memodif bracket lnb.

      Hapus
  6. Knapa trans tv sma trans7 tiba-tiba menghilang dipalapa ap penyebabnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban lengkapnya silahkan baca pada artikel kami di:
      http://www.satelitmania.com/2017/08/frekuensi-terbaru-channel-trans-tv-dan-trans-7-palapa-d.html

      Hapus
  7. apa ada cara lain tanpa menggeser parabola gan?

    BalasHapus
  8. Gan aku udah ikut petunjuk dia atas tadix kan trans7 sm transTv yg ilang tp pas di tracking ke telkom 3s transTv,7 semua dapa tp sctv sama indosiar yg ilang. Tolong solusix gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sctv dan indosiar yg mpeg4 memang ada penurunan sinyal, namn yg mpeg2 mash stabil..

      Hapus
    2. setelah kedalaman lnb kami ubah ke 36-38 dan menaikan antena ke timur kisaran 1cm an.. sctv/indosiar mpeg4 terlock dng sempurna..

      Hapus
    3. Sepertinya Masalahnya ada di Switch 22K. Ditempat ku jika 22K Off SCTV dan Indosiar hilang.

      Hapus
  9. cara mengubah palkom - kompal itu maksudnya apakah antena parabola di putar 180 derajat um ? Apakah signal palapa D tidak hilang nantinya?

    BalasHapus
  10. Gan ane pake 2 lnb switch 22k.Itu pallapa posisi port 1,22k off & telkom posisi port 2 ,22k on atau sebaliknya ya buat tracking? Di tunggu solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah terbalik yang penting harus sesuai di settingan menu receiver.

      Hapus
  11. Gan setelah di putar 180°, yg perlu di setting kemiringan arah utara ato timur aja kan? Bener gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, bila diputar 180 derajat maka fokuskan utk lnb palapa sementata telkom 3 sebaggai offsetx. selanjut tracking dulu ke palapa dengan mengubah utara/selatan..
      ditempat kami (kaltim) kedalaman lnb 38. perlu diingat masing2 wilayah kemungkinan berbeda..

      Hapus
  12. Gan saya makai receiver goldsat gsr 9100 masih mpeg2..gimana caranya tuh gansiaran yg hilang trans 7 trans tv sctv indosiar... Apa switch di lnb juga hrs di diubah. Mhn bntuannya untuk mendapatkan semua siaran....

    BalasHapus
  13. Gan apa lnb ny juga diotak atik? Masih belm paham soalnya...

    BalasHapus
  14. Gan, bila menggunakan receiver matrix mpeg 2 apa bisa dapat satellite telkom 3s ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu bisa, karena channel2 pd telkom 3s seperti transtv, trans7 ataupun antve masih menggunakan format mpeg2

      Hapus
  15. Trimakasih. ini sangat membantu.

    BalasHapus
  16. Gan saya di sulawesi tengah, channel telkom 3s dah dapet tapi rcti dan global ilang tp mnc dan inews ada, gmna tuh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di ubah2 kedalaman lnb untuk palapa 36-38 gan..

      Hapus
    2. Kadalaman lnb gimana ngaturnya ya gan??😐😐😐😐

      Hapus
  17. Klau saya kan 2 LNB tapi aku mau ubah telkom1 ke telkom 3 tapi telkom3 mala tak tersedia di daftar satelitnya.. gmna solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan saja telkom 1 untuk digunakan telkom 3s, kan sama2 Cband jadi bisa digunakan

      Hapus
  18. Akhirnya bisa juga dpat trans tv, antv, dan trans 7 setelah 3 jam otak atik setting receiver sama parabolanya, cuma channel trans tv kurang stabil

    BalasHapus
  19. kalau diputar 180 derajat,berarti kemiringan arah utara selatan mesti dirubah juga ya gan

    BalasHapus
  20. Maksudnya di putar 180 itu sama kah kalau kita putar tiang antena nya gan?

    BalasHapus
  21. Boss mau nanya kalo rubah/geser disk ke telkom 3 s,transponder di satelit palapa d dan beberapa transponder di satelit telkom 1,ikut rubah pa nggak, makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. transponder di palapa tetap tinggal nambah transponder telkom3 aja..

      Hapus
  22. Mas, utk dpt satelit telkom3c itu posisi LNB 1 ditukar sama posisi LNB 2..?
    Trus posisi parabola nya d turunkan atau d naikkan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LNB1 ato LNB2 itu tergantung settingan di switch aja untuk pengaturan di rx, jadi sembarang aja. Tinggal anda ingin fokus ke satelit apa untuk trackingnya..

      Hapus
  23. Om...klo yg buat LNB Cband 2r dua receiver cara aturnya gmn buat nyari telkom 3s...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah yg anda maksud 2 receiver untuk 1 satelit (telkom3)? bila ya, maka untuk mengaturnya silahkan gunakan LNB dual output

      Hapus
    2. Iya..om nie 2 LNB c band dual output..apa bs pke cara artikel diatas ?

      Hapus
  24. apa intinya juga harus putar antena parabola nya ya soalnya saya belum paham bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mesti, silahkan baca kembali artikel kami diatas..

      Hapus
  25. Gan dah tak coba tarik tiang penyangga ke timur n kalo kita fokuskan ke telkom3s, malah channel2 yg d palapa ga dapet. Gmn ya biar dpt 22nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut kami lebih gampang fokus ke palapa gan, jadi seperti palkom1, cuman antena diputar 180 derajat aja. Jadi tidak perlu mengubah settinga switch/disecq yg ada.

      sebagai tambahan LNB telkom3 kami beri jarak tambahan dari yang ada sekitar 1cm dan kedalaman LNB sekitar 36-38.

      Hapus
    2. Kaki tiang lnb sy balik dan fokus ke telkom 3S setelah beberapa jam ketemu trans tv berikut yg lain nya tp tv one,sctv,indosiar terbawa telkom 3S cuman rcti dan kawan2nya yg tidak ikut. Pas tracking di palapa d tidak dapat2 rcti dan kawan2, solusinya gimana iya gan?

      Hapus
    3. Awalnya kaki tiang lnb sy balik dan fokus ke telkom 3 setelah sekian jam dapet tuh sat telkom 3 yg isinya trans tv sampe net.tv tp tv one, sctv, indosiar, sampe kompas tv ikut. Cuman rcti serta saudaranya yg tidak ikut, pas fokus ke sat palapa d ga dapet2. Mohon solusinya gan?

      Hapus
    4. Silahkan agan scan pada satelit telkom
      Dan pastikan 22k on atau of

      Hapus
  26. Minta masukan info cara tracking mencari satlit Telkom 3S dengan menggunakan 4 LNB Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami belum coba karena altem yg belum mendukung..

      Hapus
  27. Resiver sy tdk bisa tambah satelit... apa bisa menggunakan satelit telkom lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa, gunakan saja satelit telkom1.

      Hapus
  28. gan saya pakai dish 10 feet dengan 2 lnb kenapa palapa sudah lock telkom 1 tak dapat harus digeser ke barat scalar ring sudah kita jauhkan dari 1 cm sampai menthok 4 cm hasilnya sama tetap tdk bisa lock keduanya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran kami coba anda tracking ke sat telkom3 menggunakan LNBx palapa d dulu. apakah berhasil di lock, bila berhasil maka arahx sdh benar tinggal anda tentukan jarakx nanti untuk kedua LNB. Bila tdk terlock juga coba putar secara perlahan antenax dengan mengkombinasikan naik turun timr barat.

      Hapus
    2. mas min
      sayan pakai 3 lnb
      dengan susunan awal sebelum pindah (kalau saya ga salah, karena saya awam) adalah palapa d, telkom 1, dan asiasat 3s.
      setelah saya mengikuti tutorial mas min, dengan sempurna saya bisa lock sinyal telkom 3s dan palapa d dengan sempurna (saya geser tiang penyangga ke timur persis 2 cm pakai penggaris).
      nah yang mau saya tanyakan, kan saya pakai 3 lnb, bagaimana caranya biar 1 lnb di port 3 (yang tadinya asiasat 3s tidak mubazir),
      dengar2 bisa digunakan untuk satelit chinasat 10, akan tetapi setelah saya melakukan scan pada frekuensi skynindo tidak dapat dapat hasil, apakah lnb saya kelebihan ke timur apa kurang ke timur mas min
      mohon petunjuk.

      Hapus
    3. syukurlah bila telah terlock KOMPALnya..
      terkait 1 LNB lagi yang ingin di lock ke Asiasat 3/7, maka susunannya menjadi: TELKOM3s-PALAPAD-ASISAT3 dimana jarak antara palapa-asiasat 3 antara 8.5cm-10cm. tinggal sesuaikan saja.

      Untuk skynindo yang berada di satelit chinasat 10 (110BT) sebenarnya bisa digabungkan dengan KOMPAL, namun jarak antara palapaD-china10 sangat dengan maka LNB untuk lock ke china10 harus dipotong sehingga LNB chinasat10 benar-benar rapat dengn LNB palapaD,

      Hapus
  29. mantap gan infonya...trimss.very good.

    BalasHapus
  30. Ad yg pnya kode rcti sm global tv dan mnctv/newstv

    BalasHapus
  31. Bs mnta kode rcti,global tv dan mnctv/newstv

    BalasHapus
  32. Permisi,.. Maaf sy sdikit awam,.. Untuk daerah ACEH Posisinya parabolanya gmna bg ??? Karena Trans7, dan transTV hilang mas bro ... Butuh percikannya ne mas bro ..
    Makasih banyak sebelumnya ... ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa sudah mengikuti tutorial diatas gan?

      Hapus
    2. Maaf gan..
      Kebetulan saya jg di aceh
      Barusan saya tracking telkom 3s 22k sudah sy rubah dari on menjadi off n sebaliknya..
      Port jg sy rubah dari 1 ke 2 dan sebaliknya..
      tp yg dapat cm tvri aceh, rri berkelas dunia dan tvri jambi dengan sinyal paling tinggi 30..
      Trus saya masukin manual frek trans tv n trans 7 tp tidak ditemukan

      Dlm posisi yg sm, palapa jg dpt smua tp sinyal kurang..

      Solusi untuk trans ya kok gk ditemukan gmn gan???

      Hapus
    3. sudah dicoba mengubah kedalaman LNB antara 36-38 dan jgn lupa untuk mengubah utara-selatan, tips coba lock sat palapa pada posisi fokus dulu dan maksimalkan channelx, setelah itu baru menyusul telkom3snya..

      Hapus
  33. Slmt pagi. Sy d Gorontalo. Siaran di telkom 1 msih ada dn baik, kecuali trans 7 dn trans tv tdk ada signal. Bgmn solusinya? Tx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. telkom1 sekarang tidak aktif lagi, sekarang sudah migrasi ke telkom 3s.

      solusinya silahkan dibaca dgn seksama artikel diatas

      Hapus
  34. Setelah saya baca2,saya masih bingung masalah fokus palapa atau fokus di telkom.tolong ada yg bisa jelaskan.terima kasih.

    BalasHapus
  35. Yach kalo otak atik parabola gak paham. KaLo gak di otak atik parabolanya gak bisa di otak atik lewat remote? Yang "tambah satelit"?

    BalasHapus
  36. Gan sudah coba kok tidak bisa ya? Saya pakai 3 lnb (Lnb 1 : Palapa D, Lnb 2 : Telkom 1, lnb 3 : Asiasat 5) tolong penjelasannya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari palapa-telkom1-asiasat7 skemanya menjadi telkom3-palapa-asiasat7

      Hapus
    2. Gan ane udah dapet sinyal palapa d dan telkom 3s, tetapi sinyal asiasat 5 hilang semua. Tolong penjelasannya

      Hapus
    3. seting jarak lnb palapad - asiasat7 sekitar 8.5cm sd 10 cm, maka jarak asiast7 - asiasat 5 seperti settingan lama bila selama ini menggunakan 4 lnb

      Hapus
  37. Terima kasih bermanfaat sekali Pak.

    BalasHapus
  38. Master,,, trims bnyk cara trackingnya. Transtv tans7 antv sukses lock di telkom 3s dengan merubah sudut elevasi di 116.00°bt dengan kualitas signal 50%. Palapa d rata2 60%.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat stabil bila palapa dapat 60%..

      Hapus
  39. Saya sudah coba kok masih belm bisa ya? Saya pake 2 lnb. Tlng infonya

    BalasHapus
  40. min tolong kasih tahu tahap" tracking dengan cara memutar antena 180°.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. putar 180° maksudnya LNB1-LNB2 akan berubah posisi menjadi LNB2-LNB1, tinggal tracking seperti biasa..

      Hapus
  41. Tolong Gan artikel di atas penjelasannya di kasih simple aja ,sekian trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. simplenya putar 180° antena parabola, lalu tracking palapa terlebih dahulu, saran lock channel tvone/sctv. setelah itu baru cek satelit telkom3 nya. bila belum terlock ubah kemiringan utarax.

      Hapus
  42. kalo di putar 180 derajat yg awal nya miring ke utara jadi ke selatan dong.apa prlu di arahkan ke utara lagi

    BalasHapus
  43. Selamat malam Admin ganteng saya menggunakan reciver vivasat hd
    Saya sudah ikuti sesuai penjuk admin di video
    Dan sudah dapat sinya telkom 3s kuat juga palapa bagus
    Cuma stasiun trans tv dan trans7 yg blm
    ketemu
    Mohon di bantu cara masukan frequnsi manual di vivasat hd.. ...salam.. ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. video..?

      sinyal telkom 3s sangat luber, mestinya trans2 n trans7 terlock dengan baik. coba masukan transponder secara manual..

      Hapus
  44. gan, posisi antene blum di rubah, kok lnb yg telkom 1 di scan kosong apa harus di traking ke telkom 3 dulu, atau lnb nya rusak..

    BalasHapus
  45. Setting pada lnb 4 gmna gan??
    Mohon bantuan nya

    BalasHapus
  46. Min sy sdh ubah switch telkom ke port 1 dan palapa ke port 2 saat pindah kemiringan ke arah timur dapat trans 7 dan trans tv serta antv hya saluran dari satelit palapa pada hilang semuanya tlg dibantu ya... mksh sblmnya

    BalasHapus
  47. mantap.. makasih gan infonya.. punyaku udah bisa semua.. lbih enakan putar 180°. jadi gk prlu ubek2 lnb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat.. ya dgn memutar 180° itulah yg kami sarankan.

      Hapus
    2. Min ane make lnb 2 polaritas H dan V di masing2 lnb, jadi pengaturan pada lnb 1 dan 2 tidak berlaku di reciver

      Hapus
  48. Itu di miringkan ke timur untuk daerah mana, seumpama kita di daerah sumatra apakah sama dengan daerah Kalimantan trimakasih

    BalasHapus
  49. kedalaman tiang penyangga lnb mpengaruhi gak mas.saya sudah coba putar 180 drajat trans tv, tran7 dan lainya pindah ke palapa.stelit telkom mlah gak ada sinyal

    BalasHapus
  50. Gan untuk seting 4 lnb traking satelit Telkom 3s
    disebelah lnb Palapa di tambah braket lagi dengan jarak 2.5 cm,kemudian Lnb Telkom 1 yang sdh tidak terpakai dipindah ke braket baru,paling ujung sebelah Palapa paling Barat.
    Trimakasih

    BalasHapus
  51. Gan ane coba gilir antena nya tp ko malah hilang semua ya gan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca dengan seksama artikel diatas gan, dan juga baca komentar diatas yg sudah berhasil tracking.

      Hapus
  52. Punya ane telkom 3snya udah ketemu tapi yg palapa hilang itu gimana gan .

    BalasHapus
  53. Ternyata gampang saudara.putar antena 180 derajat,atur kemiringan antena,antena yg hadap barat dinaikan kemiringannya,klo antena yg hadap timur diturunkan sedikit kemiringannya.saya sudah ngerjakan 2 parabola dan alhamdulillah bisa semua.terima kasih sudah berbagi ilmunya.

    BalasHapus
  54. Setelah saya lakukan seperti keterangan tutorial di atas alhamdulillah berhasil,trantv,tran7,dan dll juga dapat...

    Tapi saluran di palapa d tidak lengkap lagi.. Metrotv, indosiar, dan sctv Hilang...

    Mohon keterangan nya kenapa....

    BalasHapus
  55. Ituw harus ubah lnb yg atas apa cuman di ubah di port recivernya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai pengalaman saya kemarin,LNB atas gak usah di otak atik.

      Hapus
  56. Omm.. sya mau mmtar tiang fkus, tpi msh blum brni... kwtir klo tiangnya jtuh mnmpa dish.... khan yg bwah.... sisa sdkit utk pgagnny. Apkh aman dan tdk ssah mmtarny? Trma ksih.

    BalasHapus
  57. Bro, saya lokasi di Kalimantan timur Berau, apa arahnya juga sama dengan daerah lain, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti ada perbedaan namun tidak signifikan..
      boleh tahu di berau lokasi dimana?

      Hapus
  58. Akhirnya dah clear smua, Terimakasih infonya gan

    BalasHapus
  59. Kalo LNB nya 3 gmna ? .
    Satelit asia ga ada . Gmna gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal tambah braket sj, dan beri jarak antara lnb palapa dan asia7 8.5cm-10cm

      Hapus
    2. Oke gan . Terimakasih

      Hapus
  60. yang ke lock cmn tvri jambi doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba scan manual dengan cara memasukan data transpondernya..

      Hapus
    2. Anonim9/10/2017

      Klo untuk sumbawa besar apkah sama juga ya gan untuk arahnya

      Hapus
  61. Anonim9/10/2017

    Gmna untuk wilayah sumbawa gan apakah arahnya sma juga

    BalasHapus
  62. Udah ane temuin gan tapi ko satelit asia ga ketemu gan . ?
    Gmna gan pnjlasan nya . Ane pake 3LNB

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal tambah braket sj, dan beri jarak antara lnb palapa dan asia7 8.5cm-10cm

      Hapus
  63. Alhamdulillah berhasil,terima kasih infonya gan,sangat membatu dan bermanfaat.

    BalasHapus
  64. Terima kasih infonya sangat membantu, Berhasil merubah 4 LNB
    Palapa 113 ke Telkom 3S 118
    Telkom 1 108 ke Palapa 113
    Asiasat3 105,5 ke Chinasat 10 110,5
    Asiasat5 100,5 ke Asiasat3 105,5

    BalasHapus
  65. punya saya tracking kok malah MNCTV kok gak ada sinyal. mohon bantuannya lokasi Jawa timur

    BalasHapus
  66. Terimakasih gan infonya.
    Tapi yg hilang malag JTV, RTV, KOMPAS TV tolong penjelasannya gan??. Lokasi Bandar Pacitan Jawa Timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn lupa utara selatan di setting juga..

      Hapus
  67. Berhasil gan.. Cm koq mnctv, rcti, global tv dan inews tv jd hilang gan.. Mohon banget solisinya gan..

    BalasHapus
  68. jarak lnb telkom 3s dan palapa kira - kira berapa cm gan?

    BalasHapus
  69. Berhasil.. tapi Palapa d jadi hilang.. mohon solusinya,, Semarang Jateng

    BalasHapus
  70. Gan punya saya berhasil cuman tv 0ne sama metrosinyal ga dpt, minta solusinya gan, ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba setting kedalaman lnbx

      Hapus
    2. Mksdnya setting kdalaman gmn yh gan, ,
      Ma"p saya kurang paham, ,
      Minta penjelasanya gan,,

      Hapus
  71. punya saya berhasil, tapi tv One kq sinyalnya ga dpt gan, minta solusinya, ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sinyal tvone ada penurunan, coba lakukan uji coba dengn menyetting kedalamn lnb

      Hapus
  72. gan maksudnya di putar parabola ini bagaimana ??
    apakah boleh di pindah posisikan antara LNB1 ke LNB2 dan LNB2 ke LNB1
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. memutar mounting parabola..
      LNB ngg perlu dipindah,cukup kabel jumper aja ditukar kan sama sj.

      Hapus
  73. Sudah saya coba naikan penyangganya 2 cm, yg tampil tayangan india dan timur tengah ya, mohon pencerahan gan

    BalasHapus
  74. ko saya justru indosiar yg susah dpat gan
    pdahal smua frekuensi sudah saya msuk kan
    mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sempat down tranponder emtek (indosiar, sctv n I channel) tapi sekarang sdh norml kembali.. silahkn dicoba kembali.

      Hapus
  75. udah geser ke timur sekitar 1.5cm alhasil transtv, trans7, antv sdu dpet, tapi sebagian besar list palapaD no signal :(

    BalasHapus
  76. Terimakasih sdah berhasil,bos.
    Cuma nama satelitny jdi terbalik,yg harusny palapa justru telkom. Begitu sebalikny. Mohon solusinya,bos!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup edit ulang aja nama satelitnya dan sesuaikan. yang penting channel terlock dengan sempurna

      Hapus
  77. Jarak antar lnb telkom 3s dan palapa brp cm gan dan kedalaman nya brp, dicari susah.. dapetnya telkom yg palapa ilang, dicari palapa telkomnya ilang..

    BalasHapus
  78. gan mau tanya klo 22k nya mati di kedua inb gimana ya bisa apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau 2 lnb menggunakan switch 22k wajib 1 lnb on dan yang satunya Off.

      Hapus
  79. Gan kenapa ya tiap kali saya mau scan otomatis dan tambah saluran saat klik mencari selalu muncul tulisan "PENUH"

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi channelx sudah full, coba hapus channel yang tidak/jarang di tonton

      Hapus
  80. Tanya mas ini, posisi parabola saya kan arah barat nih apa bisa diarahkan ke timur (180 drajat) setelah menukar switch lnb seperti gamabar di atas? Atau apakah tidak perlu menukar lnb jadi posisi lnb palapa dan telkom 1 tidak dirubah lagi? Mohon bimbingan pemula mas.. Wilayah manado.
    Makasi sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasan diatas intinya bagaimana settingan menjadi KOMPAL mas(gambar 2).

      sementara itu gambar 1 (PALKOM) adalah dimana posisi awal. untuk mengubah menjadi gambar 2 (KOMPAL) tanpa memutar antena parabola 180 derajat maka harus merubah settingan switch 22K atau diseqc, tergantung alat apa yang digunakan (cara merubah cukup jelas penjelasan diatas), ini cara pertama.

      Cara kedua bila tidak ingin mengubah settingan diseqc atau swicth 22K maka harus memutar antena parabola 180 derajat maka secara otomatis posisi palapa yg tadinya disebelah barat maka akan pindah ke timur. sementara yang tadi telkom1 sebelah kiri/timur menjadi ke barat/kanan, dan inilah yang kita jadi/ubah menjadi telkom3s.

      perlu diingat bila merubah antena 180, maka pastikan antena parabola arah utara-selatannya condong ke selatan atau bila kita menghadap barat maka antena condong ke kiri.

      semoga dapat dipahami..

      Hapus
  81. Saya menggunakan receiver jadul mas apa bisa yah lock palapa sama telkom 3s.. Saya udah coba yang di barat posisi parabola dan saya naikin 1,5cm telkom 3s dapat tapi untuk palapa d gk dapat sya juga udah mainin kedalaman LNB sampai 36 tetap tidak bisa.. Kalau saya balikin dari awal lagi palapa dapat lagi telkom yang ilang gmana dapet palapa yah kalau tetap dibarat.. Itu kalau posisi antara lnb palapa sama telkom berapa cm yah.. Tolong mas udh 3 hari utak atik gk ketwmu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhatikan dengan benar settingan LNB direceiver, untuk lnb palapa yang timur dan telkom3s dibarat jangan terbalik.

      Hapus
  82. Gan mau nanya ane pake 4 lnb sebelumnya palapa sama asiasat7 bisa. Trus ane turunin dikit ke arah timur telkom 3snya bsa tapi palapa asiasat 7 nya ilang. Sebaliknya pas palapa bisa telkomnya hilang gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba atur kembali jarak lnb antara telkom3 - palapa, sambil cek kedalaman lnb.

      Hapus
  83. untuk utara-selatan antena parabola harus condong keselatan gan. ya, silahkan dicoba kembali gan ntar.

    BalasHapus
  84. Terima kasih sangat membantu dan terbukti

    BalasHapus
  85. masih belum berhasil,pa utara-selatan harus diubah jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila anda memutar antenanya harus disetting kembali utara-selatannya. pastikan antena condong keselatan..

      Hapus
    2. gan kenapa sy punya parabola dapat telkom 3s stelah saya geser agak ketimur dikit justru palapanya yang hilang begitupula sebaliknya mohon bantuannya ya sy tinggal di daerah sulawesi barat

      Hapus
    3. coba ubah kedalamn lnb

      Hapus
  86. setelah tracking telkom 3S dengan memirinkan ke timur 1cm, bisa nonton Trans 7 dan transTV tapi RCTI, Global dan MNC hilang, gimana solusinya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba seting utara selatannya, pastikan antena condong keselatan

      Hapus
  87. gan punya sya udah dapat telkom 3s dg cara memutar tiang lnb 180°, tpi kok yg palapa isinya channel chinasat sprti cctv. itu solusinya gimana gan agar dpat telkom 3s & palapa

    BalasHapus
  88. Tiang penyangga lnb gak bisa diputar 180 derajat krn karatan, trus saya putar parabolanya dengan harapan posisi lnb bs berubah dan tinggal naik turunkan pnyangga parabola. Berhubung mendung dan masih belum dapet hasil saya kembalikan ke posisi dan pngturn 22k yg lama . saat sibuk nyri chanel palapa gak sengaja standby di freq trans 7 yg baru ,snyal full tp gk ada gmbr . saat discan alhmdulillh palapa dan tlkom 3s dapet rupanya cuma beda pngaturan audio vdeo pid doang ,kualitas sinyal jg 70-85 % . kira kira gimana tu mas kok bisa gitu padahal gak muter pnyangga lnb maklum msih newbie , trus gimana bs dapetin chanel chanel cnn ,cctv dll dengan posisi antena ini . bisa atau tidak ? Monggo mas admin dikomen .

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tau frek trans7 yg terlock... selain itu apakah antvikut terlock?

      Hapus
    2. trans 7 3548 H 6000 V 0512 A 0256 pcr 8190
      Trans tv 3588 H 6000 33 36 33
      Antv 3539 H 6000 0259 0258 0259
      Antv juga mas .. Semunya bersih , posisi lnb saya balikin ke awal lg seperti sebelum saya otak atik 180 derajat . cuma chanel cina nya aja yg gak ada . padahal kasus parabola punya temen yang saya puterin 180 derajat setelah palapa dan telkom terlock frequensi chinasat muncul sendiri setelah blnd scan . solusinya pastinya gimana , atur peyangga lnb atau atur geser lg dr baut bawah ???

      Hapus
  89. Mas saya orang awam yg pengen bisa otak atik parabola
    Saya punya parabola 4lnb karna kata tmen saya jika pengen muncul trans tv harus 2 lnb jadinya aku copot lnb yg sebelah kiri dan sebelah kanan tp waktu aq cari sinyal g ketmu2
    Mohon pencerahnnya gan
    4lnb jika dirubah ke 2 lnb apakah yinggal nyopot apa harus seting letak lnbnya lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal di gotik aja kembali, dengn men sett utara selatannya juga..

      Hapus
  90. antena saya putar 180° alhasil antv,transtv,trans7 ketemu, tapi siaran di palapa hilang, solusinya kin

    BalasHapus
    Balasan
    1. setting ulang jarak antara lnb, kedalamannya lnb untuk palapa

      Hapus
  91. Gan guna ko tv asia semua . Apa kelebihan ?

    BalasHapus
  92. gan tolong di bantu nii
    apa harus posisi lnb ny di rubah

    BalasHapus
  93. Maaf gan, sblumnya sy udah tracking 2kali ke rumah temen dengn menyeting rx dan menurunin ke timur hasilnya ok, tp td siang sy tracking lg milik tetengga sprti biasa tp keduanya gk ada yg muncul sampe pusing kna panas,
    Apa ada yang salah dngn Lnb'a,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lock dulu ke fokus telkom3s, bila ditemukan pastikan setingan lnb direceiver telah benar dan semestinya (beberapa) channeldi palapa d akan terlock juga.

      Hapus
    2. Yang di mksud fokus itu apa gan

      Hapus
    3. fokus yg dimaksud adalah posisi LNB berada pas ditengah-tengah antena parabola. Cara cukup lihat dari bawah ditengah lubang antena parabola pastikan benar2 sejajar dngn lubang tengah parabola tersbt.

      Hapus
  94. Gan saya ikuti tutorial ini tpi kok tetap g dapat gan..apa lnb nya harus ikut di pndah..soalnya saya g ngrubah lnbnya cuma colok nya saja yang q tuker

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila hanya menukar colokkannya (jumper) maka cukup naikan tiang penyangga kurang lebih 2 cm an aja, walaupun tidak semua channel terlock minimal kedua satelit bisa terlock.

      Hapus
  95. Maaf min. Saya punya dish kecil bekas pay tv.. kalo pake lnb c band bisa gk buat lock satelit PALAPA D ???
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bisa cuman hasil yang tidak maksimal.. alangkah baiknya track untuk lock ninmedia sj.

      Hapus
    2. channel dari telkom 3s nya sudah dapet?
      tpi mlah channel dari palapa nya hilang?
      gimana min?

      Hapus
  96. kalo tiang penyangga dinaikkan kira-kira sinyal palapa d masih ada gak???

    BalasHapus
  97. Nanya Mas, klo prbola d putar 180 drajat, apa arah utara-selatan nya ttap sama sprti sblumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus berubah mas, utk itu sebelum diputar amati kemiringan utara selatannya. sehingga setelah diputar 180 posisikan utara selatan seperti sebelum diputar tadi.

      Hapus
  98. Gan untuk parabola matrix 6 feet, jarak serta kedalaman yang tepat buat kompal yang benar berapa ya???

    BalasHapus
  99. terkadang nyambung dan terkadang tidak, tapi sudah ada seminngu tak muncul lagi, apa yang harus di perbaiki yaaaaa....? mohon pencerahan nya gan

    BalasHapus
  100. Saya udh coba pake putar 180°, tapi tvone nya hilang, gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. TVone saat ini sq sangat lemah, jadi perlu merubah2/memutar lnbx..
      dikami sq hanya 40%.

      Hapus
  101. Gan, tempat saya tadinya chanel palapa D ada semua. Terus saya coba cari lewat Telkom 3S, kok yg dapet cuma chanel NET aja ya? Kok Trans 7, Trans TV, sama ANTV gak dapet? Padahal NET bisa nyangkut ni chanelnya.
    Mohon di jawab ya. Ini sudah 2 receiver yg begini kejadiannya ��
    Makasih banyak suhu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. NET TV yg terlock tersebut berada pada posisi satelit Palapa, bukan di satelit telkom3. Jadi saran saya bila sdah terlock, coba blin scan aja dulu. setelah itu baru lock satelit telkom 3snya (Trans tv, trans7 dan ANTV)

      Hapus
  102. Gan satelit telkom 3s udh brhasil cuman satelit asiasat 3s dan asiasat 5 nya hilang,,, gmna yah solusinya???

    BalasHapus
  103. Gan trans tv dll dah ada,tapi kok rcti di palapa d malah ilang

    BalasHapus
  104. Siaran telkomnya sudah dapat,trus malah siaran palapa yang hilang,itu kenapa ya gan??

    BalasHapus
  105. Sore min,
    Mau tanya, posisi awal sebelum tracking dan sebelum switch lnb sinyal MNCTV dikisaran 55%, setelah switch lnb dan digeser ketimur dengan perlahan, sampai jarak 10cm pun sinyal palapa (mnc tv) tak kunjung keluar, kadang keluar langsung ilang lagi. Berkali kali di coba tetep sama
    Kira kira kenapa ya?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran kami bahwa pastikan posisi LNB yg fokus untuk satelit palapa d, sehingga bisa memasksimalkan channel2 yang ada.

      apakah saat ini agan memposisikan palapa sebagai fokus lnb?

      Hapus
  106. Gan saran TV Tran 7 Dan Tran TV Sudan bisa tapi yang rcti global Dan mnc TV hiking nggak visa tayang Humana fan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan fokus ke palapa biar gampang melock kedua satelit, karena bila channel2 yg berada di satelit palapa d sdh terlock semestinya channel di telkom bisa terlock juga karena sinyal yg luber gan..

      Hapus
  107. Min.
    Punya saya waktu scan channel di satelit palapa d channel rcti mnc global net tv dll kok gak muncuL ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti perlu di gotik lagi gan..

      Hapus
  108. Gan saya punya resiver Tanaka mpeg4 , Chanel Trans tv pagi Ampe siang kadang2 stabil kandang2 no signal, terus Chanel Trans7 digital egak bisa dari awal no signal, SCTV,Indosiar,metro tv, signal tidak stabil gan, say udh otak Atik tpi gk bisa uga :(

    Saya coba tambah satelit 3snya masih gk bisa gan :( apa karena gabung telkom 1 kah jadi tidak bisa?

    BalasHapus
  109. min..
    saya di jatim.. sudah sukses palapa sama telkom 3s nya.. tapi kalo magrim jam 6 sampai jam 9 sinyal hilang itu kenapa ya..??? selain jam itu normal semua...

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.