Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4 - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4


Berita yang cukup ramai diperbincangkan hari-hari ini adalah telah terisinya beberapa transponder pada satelit telkom 4 yang mana orbit ini dahulunya ditempati oleh satelit telkom 1.

Dengan adanya transponder aktif di satelit telkom 4 maka akan menambah daftar channel pada saluran receiver yang kita miliki, dan bagi para tuser/tracker akan menjadi lahan bisnis baru lagi untuk para pelanggannya.

Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4

Bagi anda yang masih pemula, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara lock satelit telkom 4. Dan sebenarnya bila sampai saat ini bila anda memiliki antena parabola menggunakan 2 lnb yang dulunya memposisikan pada satelit palapa d dan telkom 1 dan belum diubah-ubah maka sebenarnya anda bisa langsung scan ulang pada satelit telkom 1 tersebut, dan semestinya channel-channel didalamnya akan terlock.

Namun demikian untuk saat ini mungkin hal tersebut belum bisa dilakukan atau tidak bisa terlock dengan sempurna, ini dikarenakan sinyal dari frekuensi telkom 4 cukup lemah/kecil sehingga belum memungkinkan untuk menggabukan satelit palapa d dan telkom 4.

Kami baru saja mencoba melock satelit telkom 4, dan dapat melock salah satu saluran yang aktif yaitu channel Trans 7 dengan nama saluran Telkom.2. Itupun sinyal yang didapat 37-39% saja namun tayangan tetap aman untuk diterima.

Baiklah, bagi anda ingin mencoba tracking satelit telkom 4 yang perlu anda perhatikan saat ini adalah pastikan pemasangan LNB C Band nya fokus terhadap antena parabola.

Sementara itu posisi antena parabolanya menghadap kebarat pada 108 derajat bujur timur, terlihat seperti gambar dibawah ini :

Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4

Untuk mempermudah trackingnya, silahkan lock terlebih dahulu frekuensi dari provider Skynindo (3560 V 30000). Perlu diketahui provider skynindo ini berada pada satelit chinasat 10 di orbit 110 derajat bujur timur dan hanya berjarak 2 derajat dengan satelit telkom 4.

Silahkan tracking seperti biasa turunkan antena ke arah barat dan lihat bar sinyal pada layar televisi. Bila belum ditemukan juga pastikan kemiringan antena atau kecondongan utara-selatannya dimain-mainkan (naik-turunkan) sambil tetap memonitor pergerakan bar sinyal.


Diwilayah kami antena parabola akan terlihat seperti gambar diatas dimana condong sedikit kearah selatan.

Bila terlock, pastikn sinyalnya yang diterima paling maksimal. Lalu silahkan scan terlebih dahulu frekuensi tersebut. Jangan lupa kencangkan terlebih dahulu baut tiang utama dan juga di tiang penyangga kemiringan antena.

Selanjutnya adalah, silahkan masukan frekuensi terkuat telkom 4 yaitu 3888 H 7999 (frekuensi data). Lalu kita langsung tracking frekuensi tersebut dengan menurunkan antena parabola ke barat secara perlahan-lahan tidak lebih dari 3 cm dan lihat pergerakan bar sinyal.

Sampai disini semestinya sinyal akan ditemukan silahkan kecangkan baut-baut penyangganya. Perlu diketahui channel dari frekuensi diatas tidak akan terlock bila di scan karena frekuensi tersebut adalah transpoder data. Untuk itu silahkan anda blind scan/ scan buta saja untuk mengetahui channel-channel apa saja yang akan terlock.

Nah, pemasangan lnb yang ada memungkinkan dapat melock satelit telkom 4 dan chinnasat 10 dalam satu lnb, seperti terlihat dibawah ini kami pun sukses melock dua satelit tersebut dengan menggunakan satu lnb c band :

Dibawah ini channel Trans 7 dari bagian provider skynindo pada satelit chinnasat 10.


Dan dibawah ini adalah channel Trans 7 dari satelit telkom 4.


Untuk penampakannya bisa disimak pada video dibawah ini :


Demikian, semoga bermanfaat.



- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.