Header Ads

Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4


Cara mencari satelit telkom 4 - Berita yang cukup ramai diperbincangkan hari-hari ini adalah telah terisinya beberapa transponder pada satelit telkom 4 yang mana orbit ini dahulunya ditempati oleh satelit telkom 1.

Dengan adanya transponder aktif di satelit telkom 4 maka akan menambah daftar channel pada saluran receiver yang kita miliki, dan bagi para tuser/tracker akan menjadi lahan bisnis baru lagi untuk para pelanggannya.

Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4

Bagi anda yang masih pemula, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara lock satelit telkom 4. Dan sebenarnya bila sampai saat ini anda masih memiliki antena parabola menggunakan 2 lnb yang dulunya memposisikan pada satelit palapa d dan telkom 1 dan belum diubah-ubah maka sebenarnya anda bisa langsung scan ulang pada satelit telkom 1 tersebut, dan semestinya channel-channel didalamnya akan bisa langsung terlock.

Kami baru saja mencoba melock satelit telkom 4, dan dapat melock salah satu saluran yang aktif yaitu channel Trans 7 dengan nama saluran Telkom.2. Itupun sinyal yang didapat 37-39% saja namun tayangan tetap aman untuk diterima.
- Artikel Terkait -
Cara Sukses Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4.
Baiklah, bagi anda ingin mencoba tracking satelit telkom 4 yang perlu anda perhatikan saat ini adalah pastikan pemasangan LNB C Band nya fokus terhadap antena parabola.

Sementara itu posisi antena parabolanya menghadap kebarat pada 108 derajat bujur timur, terlihat seperti gambar dibawah ini :

Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4

Sebelumnya tambahkan terlebih dahulu nama satelit telkom 4 pada pengaturan receiver, bagaimana cara menambah satelit telkom 4 pernah kami bahas pada artikel yang sejenis dengan judul: Cara Menambahkan Satelit Telkom 3s di Receiver Skybox A1

Selanjutnya untuk mempermudah trackingnya, silahkan lock terlebih dahulu frekuensi dari provider Skynindo (3560 V 30000). Perlu diketahui provider skynindo ini berada pada satelit chinasat 10 di orbit 110 derajat bujur timur dan hanya berjarak 2 derajat dengan satelit telkom 4.

Silahkan tracking seperti biasa turunkan antena ke arah barat dan lihat bar sinyal pada layar televisi. Bila belum ditemukan juga pastikan kemiringan antena atau kecondongan utara-selatannya dimain-mainkan (naik-turunkan) sambil tetap memonitor pergerakan bar sinyal.


Diwilayah kami antena parabola akan terlihat seperti gambar diatas dimana condong sedikit kearah selatan.

Bila terlock, pastikn sinyalnya yang diterima paling maksimal. Lalu silahkan scan terlebih dahulu frekuensi tersebut. Jangan lupa kencangkan terlebih dahulu baut tiang utama dan juga di tiang penyangga kemiringan antena.

Selanjutnya adalah, silahkan masukan frekuensi terkuat telkom 4 yaitu 3888 H 7999 (frekuensi data). Lalu kita langsung tracking frekuensi tersebut dengan menurunkan antena parabola ke barat secara perlahan-lahan tidak lebih dari 3 cm dan lihat pergerakan bar sinyal.
- Baca Juga -
Daftar Lengkap TV Indonesia Yang Disiarkan Secara Gratis via Satelit
Sampai disini semestinya sinyal akan ditemukan silahkan kecangkan baut-baut penyangganya. Perlu diketahui channel dari frekuensi diatas tidak akan terlock bila di scan karena frekuensi tersebut adalah transpoder data. Untuk itu silahkan anda blind scan/ scan buta saja untuk mengetahui channel-channel apa saja yang akan terlock.

Nah, pemasangan lnb yang ada memungkinkan dapat melock satelit telkom 4 dan chinnasat 10 dalam satu lnb, seperti terlihat dibawah ini kami pun sukses melock dua satelit tersebut dengan menggunakan satu lnb c band :

Dibawah ini channel Trans 7 dari bagian provider skynindo pada satelit chinnasat 10.


Dan dibawah ini adalah channel Trans 7 dari satelit telkom 4.


Untuk penampakannya bisa disimak pada video dibawah ini :


Demikian, semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. Untuk Balikpapan, saya masih belum bisa Lock telkom 4, Padahal Channel Palapa Ter_Lock Semua.. Saya pakai Matrix 2 LNB u/ dish 6 feet. jarak sudah sesuai, karna kemarin sempat saya isi 4 LNB, Telkom 3S, Palapa, Asiasat 3 dan Asiasat 5 juga bisa di Lock sebelum Telkom 4 di luncurkan. Ada saran kah Gan,,? Terma kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang langsung 2 LNB, dan lnb telkom di posisi fokus dan palapa di offset, lalu lock terlebih dahulu channel RTV (palapa) pastikan sinyal maksimal. setelah itu coba buka channel indosiar/sctv yg MPEG4, bila terlock silahkan beralih ke satelit telkom dengn melock channel transtv (saat ini sinyal mulai luber).

      Bila sinyal belum didapat, mainkan kecondongan utara-selatan sesekali memutar antena parabola secara horisontal perlahan2.

      Sampai disini bila belum didapat sinyalnya perlu menguji ketinggian LNB telkom tersebut dibraketnya.

      Intinya.. perlu kesabaran dan ketelian gan.. semoga dapat memberikan pencerahan... salam

      Hapus
  2. Min kalau posisi di Surabaya dg Dish 6 feet solid apakah bisa Telkom 4 ( CNN Indonesia) & Chinasat 10 (TopasTV) dalam satu LNB fokus kemudian Palapa D sbg offset dg Jarak LNB 1 cm. Terima kasih

    BalasHapus
  3. sangat susah mas telkom4 (108.2) n chinasat10 (110) dalam 1 lnb mengingat ada jarak walaupun tidak lebih 2 derajat karena pasti memungkinkan ch dari salah satu satelit yang tidak mau akur.

    Namun saat ini topastv di chinasat10 sinylnya cukup luber, kami kira bila ingin mencoba maksimalkan terlebih dahulu sat telkom4nya mas dan harus di fokus sementara palapa di offset seperti skema anda diatas.

    sebagai tambahan, perlu memutar2 lnb ataupun naik turun pada kedudukannya untuk membagi2 sq antara telkom4 n chn10.

    BalasHapus
  4. Min, ini di aderah mana? lock telkom 4 dish agak condong ke selatan?

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.