Header Ads

Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4 (Merah Putih)


Diakhir tahun 2018 ini kami sengaja memposting terkait cara menggabungkan satelit palapa d dengan telkom 4 dalam satu parabola.

Kita tahu bersama bahwa satelit telkom 4 merah putih adalah pengganti satelit telkom 1 yang berposisi pada orbit 108 bujur timur yang mengalami gangguan anomali beberapa bulan yang lalu tepatnya pertengahan bulan agustus 2017.


Dampak dari hilangnya sinyal dari telkom 1 tersebut mengakibatkan siaran-siaran yang ada didalamnya mengalami hilang sinyal.

Selang beberapa hari kemudian pihak telkom mengumumkan bahwa semua/sebagian transponder yang sebelumnya berada pada satelit telkom 1 di migrasikan ke satelit telkom 3s.

Dengan perubahan ini sudah barang tentu para pengguna parabola yang umumnya mengarahkan pada satelit telkom 1 dan palapa d harus merubah atau melakukan tracking ulang untuk mengarahkan ke satelit 3s dan palapa d. Artikel lengkapnya kami bahas pada judul: Cara Mencari Satelit Telkom 3s Menggunakan 2 LNB Dengan Cepat

Kenapa harus berubah arah, karena jelas bila telkom 1 berada pada 108 BT untuk telkom 3s sendiri berada pada 118 BT yang diluncurkan pada 15 Februari 2017

Berikutnya setahun semenjak gangguan telkom 1 tepatnya 7 Agustus 2018 meluncurkan kembali satelit mereka dengan nama telkom 4 merah putih yang membawa sebanyak 60 transponder c band yang akan menggantikan slot yang ditinggalkan oleh telkom 1 tersebut.

Dan kini terdeteksi bahwa pada satelit telkom 4 telah berisi beberapa transponder dari channel-channel yang ada pada telkom 3s.

Telah aktifnya beberapa transponder di telkom 4 menjadikan isu baru dikalangan para pencinta satelit parabola bahwa bisa saja kemungkinan semua transponder yang berada di satelit telkom 3s akan kembali ke slot awalnya pada orbit 108 BT di satelit telkom 4.

Akan tetapi sampai saat ini kami tidak menemukan informasi yang cukup valid terkait pernyataan tersebut, namun bila itu benar terjadi sudah barang tentu ini menjadi berkah tersendiri bagi kalangan tuser/tracking parabola sebagai pekerjaan rutinnya.

Beberapa bulan lalu kami sudah melakukan tracking satelit telkom 4 dan hasilnya beberapa siaran dapat terlock walaupun sedikit sabar dikarenakan sinyal yang masih belum stabil. Baca: Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4

Dan kali ini kami mencoba tracking menggabungkan satelit telkom 4 dan palapa d. Cara yang dilakukan adalah melakukan tracking ke satelit palapa d terlebih dahulu. Yang artinya lnb untuk palapa d untuk fokus sementara lnb telkom 4 sebagai offset.

Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom
Terlihat pada gambar dibawah ini lnb yang diatas untuk telkom 4 dan satunya untuk palapa d. Untuk jaraknya antara kedua lnb berkisaran 2.5CM dengan kedalaman 40 menggunakan antena parabola 6 feet solid.


Berikutnya silahkan buat terlebih dahulu nama satelit telkom 4 dan palapa d pada pengaturan receiver parabola.

Bila sudah silahkan masukan satu transponder terkuat dari satelit palapa d, salah satunya frekuensi RTV (3863 V 4333).

Selanjutnya silahkan tracking ke transponder tersebut dengan arah antena parabola condong kebarat. Lihat pergerakan bar sinyal pada layar tv. Bila ditemukan pastikan sinyal paling maksimal, sambil mengencangkan baut mounting utama dan baut tiang kemiringan dan penyangganya.

Selanjutnya silahkan masukan transponder dari trans 7 pada pengaturan satelit si telkom 4 (3875 H 6000), lihat pada bar sinyal apakah sinyal langsung terlock atau belum. Bila sudah coba gerak-gerakan (naik turunkan timur ke barat) secara perlahan dan lihat pergerakannya.


Untuk panduan dasarnya, bagaimana mengatasi jarak antara lnb dikarenakan tidak sinkronnya siaran antara kedua lnb telah kami bahas pada artikel dengan judul: Panduan Dasar Tracking Satelit Menggunakan 2 LNB. Untuk itu silahkan dipahami terlebih dahulu untuk lebih lanjutnya.

Langkah lanjutanya yang mungkin diperlukan adalah posisi antena parabola selain menghadap barat (matahari terbenam) antena (wilayah kami kaltim) juga condong ke selatan. Untuk mensettingnya dengan cara mengubah posisi mur penyangga yang ada, terlihat pada gambar dibawah ini.



Di shoot pada posisi arah selatan, dibawah ini penampakan antena parabola pada posisi palapa d dan telkom 4 (PALKOM).


Update terbaru hasil yang didapat seluruh siaran yang berada pada satelit palapa d terlock dengan baik begitu juga siaran yang aktif pada satelit telkom 4 pun sukses terlock diantaranya seperti gambar dibawah ini :

Siaran di Satelit Palapa D








Siaran di Satelit Telkom 4 (Merah Putih)




- Rekomendasi-
Terakhir saran kami bila anda masih pemula dan saat ini arah antena parabola yang anda miliki menghadap telkom 3s dan palapa d lalu ingin melakukan tracking ke palapa d - telkom 4 sangat direkomendasikan untuk membaca artikel kami : Cara Mencari Satelit Telkom 3s Menggunakan 2 LNB Dengan Cepat.
Bagi kalangan tuser/tracker sudah saatnya mencoba tracking satelit tersebut karena sudah dipastikan semua/sebagian frekuensi yang berada di satelit telkom 3s akan migrasi ke satelit telkom 4 merah putih.

Demikian... sekian.

14 komentar:

  1. saya ingin menggabungkan satelit Palapa D, Telkom 4,dan Asiasat7,jaraknya berapa cm masing-masing LNB Bos. Disc Pke Venus 7 Fit jaring.Terima kasih 🙏 Salam HORMAT. 😊

    BalasHapus
  2. Sudah ikut instruksi ini, tapi sinyal Telkom 4 masih belum detect. Posisi LNB Palapa sebelah barat (sbg fokus) pada port1, Telkom 4 sebelah timur pada port2. Lokasi sy di Ketapang Kal-Bar.

    Yang membuat sy bingung, kenapa saat melakukan pengaturan telkom 4 dg port1 sinyal malah kedetect, padahal posisi LNB Telkom pada port2? dan channel yg didapat pada saat blind search semunya channel yg ada pada Palapa D.
    Mohon pencerahan untuk masalah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda tidak menjelaskan pada saat menngubah ke port1 untuk LNB telkom4 apakah langsung seketika terlock setelah blind scan atau bagaimana?

      Hapus
  3. maaf gan minta pencerhannya.aku pake 3 lnb yaitu apstar 6 telkom 3s dan palapa.nah berhubung sekaran jdi telkom 4 apa masiih bisa digabungin sama apstar6

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila dilihat kecondongan antena parabolanya, maka akan sulit melock satelit apstar 6 gan.. dan kami tidak pernah melocknya gan dgn menggunakan 3 lnb ini

      Hapus
  4. Pak bos , mo nanya. Punya ane sblumny pake palapa d telkom 3s asiasat 7 asiasat 5. Kalo mo ubah telkom 3 ke telkom 4 bagaimana ya? Apa harus ubah jarak lnb arau tinggal putar antenanya. Mohon bantuanya terimkasih bnyaj

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila sebelumnya telkom3-asiasat7-asiasat5 saja anda perna lock, maka semestinya telkom4-asiasat7-asiasat5 lebih mudah didapat, .. cukup dekatkan saja lnb telkom4 (108.2) dgn asiasat7 (105).

      Hapus
  5. Saya dpt ANTV aja, trans tv dan 7 ga dpt. Solusinya gimana gan?

    BalasHapus
  6. Parabolaku belum pernah digeser semenjak telkom1 masih aktif dikarenakan malas tracking Telkom 3s. Tapi setelah Telkom 4 aktif, knpa tidak dapat sinyal ?
    Padahal posisi parabola dan LNB belum pernah diubah sejak dari dulu sebelum ada Telkom 3S (masih posisi Palapa D - Telkom 1).
    Mohon infonya

    BalasHapus
  7. cukup scan buta pada telkom 1 (bila nama satelit ini belum diganti), semestinya siaran terlock. bila belum dilock besar kemungkinan arah antena bergeser/tergeser.

    BalasHapus
  8. Mantaaapppppp,, Akan saya Coba Terus Sampai Dapat....!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. suatu pernyataan optimisme... salut..

      tips:
      pasang langsung 2 LNB (perhatikan jangan sampai terbalik), dan lnb telkom di posisi fokus dan palapa di offset, lalu lock terlebih dahulu channel RTV (palapa) pastikan sinyal maksimal. setelah itu coba buka channel indosiar/sctv yg MPEG4, bila terlock silahkan beralih ke satelit telkom dengn melock channel transtv (saat ini sinyal mulai luber).

      Bila sinyal belum didapat, mainkan kecondongan utara-selatan sesekali memutar antena parabola secara horisontal perlahan2.

      Sampai disini bila belum didapat sinyalnya perlu menguji ketinggian LNB telkom tersebut dibraketnya.

      Intinya.. perlu kesabaran dan ketelian gan.. semoga dapat memberikan pencerahan... salam

      Hapus
  9. untuk dis 9/10 fid,dalem lnb serta spasinya gan minta infonya.matur suwun

    BalasHapus
  10. Sdh 4 hari tracking Palapa dgn telkom 4 ttp aja ga ktemu, mhn pencerahannua gan...

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.