Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4 - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4


Diakhir tahun 2018 ini kami sengaja memposting terkait cara menggabungkan satelit palapa d dengan telkom 4 dalam satu parabola.

Kita tahu bersama bahwa satelit telkom 4 merah putih adalah pengganti satelit telkom 1 yang berposisi pada orbit 108 bujur timur yang mengalami gangguan anomali beberapa bulan yang lalu tepatnya pertengahan bulan agustus 2017.


Dampak dari hilangnya sinyal dari telkom 1 tersebut mengakibatkan siaran-siaran yang ada didalamnya mengalami hilang sinyal.

Selang beberapa hari kemudian pihak telkom mengumumkan bahwa semua/sebagian transponder yang sebelumnya berada pada satelit telkom 1 di migrasikan ke satelit telkom 3s.

Dengan perubahan ini sudah barang tentu para pengguna parabola yang umumnya mengarahkan pada satelit telkom 1 dan palapa d harus merubah atau melakukan tracking ulang untuk mengarahkan ke satelit 3s dan palapa d. Artikel lengkapnya kami bahas pada judul: Cara Mencari Satelit Telkom 3s Menggunakan 2 LNB Dengan Cepat

Kenapa harus berubah arah, karena jelas bila telkom 1 berada pada 108 BT untuk telkom 3s sendiri berada pada 118 BT yang diluncurkan pada 15 Februari 2017

Berikutnya setahun semenjak gangguan telkom 1 tepatnya 7 Agustus 2018 meluncurkan kembali satelit mereka dengan nama telkom 4 merah putih yang membawa sebanyak 60 transponder c band yang akan menggantikan slot yang ditinggalkan oleh telkom 1 tersebut.

Dan kini terdeteksi bahwa pada satelit telkom 4 telah berisi beberapa transponder dari channel-channel yang ada pada telkom 3s.

Telah aktifnya beberapa transponder di telkom 4 menjadikan isu baru dikalangan para pencinta satelit parabola bahwa bisa saja kemungkinan semua transponder yang berada di satelit telkom 3s akan kembali ke slot awalnya pada orbit 108 BT di satelit telkom 4.

Akan tetapi sampai saat ini kami tidak menemukan informasi yang cukup valid terkait pernyataan tersebut, namun bila itu benar terjadi sudah barang tentu ini menjadi berkah tersendiri bagi kalangan tuser/tracking parabola sebagai pekerjaan rutinnya.

Beberapa bulan lalu kami sudah melakukan tracking satelit telkom 4 dan hasilnya beberapa siaran dapat terlock walaupun sedikit sabar dikarenakan sinyal yang masih belum stabil. Baca: Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4

Dan kali ini kami mencoba tracking menggabungkan satelit telkom 4 dan palapa d. Cara yang dilakukan adalah melakukan tracking ke satelit palapa d terlebih dahulu. Yang artinya lnb untuk palapa d untuk fokus sementara lnb telkom 4 sebagai offset.

Terlihat pada gambar dibawah ini lnb yang diatas untuk telkom 4 dan satunya untuk palapa d. Untuk jaraknya antara kedua lnb berkisaran 2.5CM dengan kedalaman 40 menggunakan antena parabola 6 feet solid.


Berikutnya silahkan buat terlebih dahulu nama satelit telkom 4 dan palapa d pada pengaturan receiver parabola.

Bila sudah silahkan masukan satu transponder terkuat dari satelit palapa d, salah satunya frekuensi RTV (3863 V 4333).

Selanjutnya silahkan tracking ke transponder tersebut dengan arah antena parabola condong kebarat. Lihat pergerakan bar sinyal pada layar tv. Bila ditemukan pastikan sinyal paling maksimal, sambil mengencangkan baut mounting utama dan baut tiang kemiringan dan penyangganya.

Selanjutnya silahkan masukan transponder dari trans 7 pada pengaturan satelit si telkom 4 (3875 H 6000), lihat pada bar sinyal apakah sinyal langsung terlock atau belum. Bila sudah coba gerak-gerakan (naik turunkan timur ke barat) secara perlahan dan lihat pergerakannya.


Untuk panduan dasarnya, bagaimana mengatasi jarak antara lnb dikarenakan tidak sinkronnya siaran antara kedua lnb telah kami bahas pada artikel dengan judul: Panduan Dasar Tracking Satelit Menggunakan 2 LNB. Untuk itu silahkan dipahami terlebih dahulu untuk lebih lanjutnya.

Langkah lanjutanya yang mungkin diperlukan adalah posisi antena parabola selain menghadap barat (matahari terbenam) antena (wilayah kami kaltim) juga condong ke selatan. Untuk mensettingnya dengan cara mengubah posisi mur penyangga yang ada, terlihat pada gambar dibawah ini.



Di shoot pada posisi arah selatan, dibawah ini penampakan antena parabola pada posisi palapa d dan telkom 4 (PALKOM).


Hasil yang didapat selain hampir seluruh siaran yang berada pada satelit palapa d terlock, beberapa siaran yang sudah aktif pada satelit telkom 4 pun sukses terlock diantaranya seperti gambar dibawah ini :

Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4

Cara Tracking Satelit Palapa D dan Telkom 4


Terakhir saran kami bila anda masih pemula dan arah antena menghadap telkom 3s dan palapa d mungkin tak perlu mengubah posisi ke palapa d dan telkom 4. Karena panduan diatas sekedar informasi umum saja bagaimana cara melakukan tracking ke satelit yang dimaksud.

Bagi kalangan tuser/tracker tidak salahnya mencoba tracking satelit tersebut sambil memonitor perkembangan siaran-siaran yang ada selain persiapan bila benar nantinya siaran yang ada di telkom 3s migrasi kembali ke telkom 4.

Demikian... sekian.


1 komentar:

  1. saya ingin menggabungkan satelit Palapa D, Telkom 4,dan Asiasat7,jaraknya berapa cm masing-masing LNB Bos. Disc Pke Venus 7 Fit jaring.Terima kasih 🙏 Salam HORMAT. 😊

    BalasHapus

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.