Header Ads

Cara Tracking Siaran Nex Parabola C Band dan KU Band


Sobat satelit mania, sudah lama kami tidak memberikan tutorial seputar dunia tracking. Nah berhubungan dengan lagi hangatnya beberapa transponder/provider yang bermigrasi dari satelit lama ke satelit baru untuk itu kali ini kami mencoba membuat panduan umum (tepatnya sekilas informasi) seputar cara tracking satelit.

Cara Tracking Siaran Nex Parabola C Band dan KU Band

Satelit yang akan kita tuju adalah satelit yang sedang lagi "tranding" yaitu satelit telkom 4 (satelit merah putih).

Beberapa provider pay tv seperti Nex Parabola telah migrasi ke satelit telkom 4 dari satelit palapa d, dan kabarnya K Vision pun akan menyusul bermigrasi ke satelit merah putih.

Kita tahu bersama bahwa Nex Parabola memancarkan siarannya melalui frekuensi C band (sebelumnya di palapa d) dan frekuensi KU Band di satelit SES 9.

Dengan bermigrasi ke satelit Telkom 4 (frekuensi C Band) memberikan keuntungan tersendiri bagi end user (pengguna) dalam hal penerimaan siaran tersebut. Dimana pengguna dapat mendapatkan siarannya melalui satelit Telkom 4 dan SES 9 sekaligus tanpa mengubah-ngubah antena parabola.

Sebagai informasi tambahan bujur derajat dari satelit Telkom 4 dan SES 9 adalah sama-sama 108.2 derajat bujur timur, sehingga bila saat ini antena parabola pengguna sudah berada pada posisi satelit Telkom 4 untuk menangkap siaran Nex Parabola maka pengguna akan bisa menangkap siarannya juga melalui SES 9 dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Lalu apa yang harus diperlukan agar kedua satelit tersebut dapat dilock sehingga siaran yang ada dapat dinikmati?

Cara Tracking Siaran Nex Parabola C Band dan KU Band secara Otomatis

Yang diperlukan untuk menangkap satelit telkom 4 dan ses 9 secara bersamaan pengguna wajib menggunakan LNB khusus yang biasa di sebut LNBF Combo (C/KUBand).

Dibawah ini contoh dari LNBF Combo (C/KU Band):

Cara Tracking Siaran Nex Parabola C Band dan KU Band

Untuk menghasilkan siaran yang maksimal gunakan antena parabola solid prime 180-185cm, seperti gambar dibawah ini:


Untuk menangkap siaran nex parabola ini, silahkan tracking ke satelit telkom 4 dengan menggunakan jalur c band dimana arah parabola sedikit condong ke barat. Silahkan maksimalkan frekuensi/transpondernya lalu kunci baut penyangga. 

Selanjutnya silahkan scan transponder nex parabola cband di satelit telkom 4 dan selanjutnya yang ku band di satelit ses 9.

Sebagai tambahan, buat pemula yang perlu diperhatikan settingan di receiver adalah opsi pada LNB Type jangan sampai salah pilih.

Seperti gambar dibawah ini, untuk satelit telkom 4 pilihannya adalah 5150.
Cara Tracking Siaran Nex Parabola C Band

Untuk satelit SES 9 pilih pada opsi Universal (9750 - 10600)
Cara Tracking Siaran Nex Parabola KU Band

Sementara itu untuk opsi-opsi yang lain sesuaikan saja, atau tidak perlu diubah bila hanya menggunakan 1 lnb saja (LNBF combo)

Updated: Kabar baik bagi pengguna nex parabola, selain menggunakan antena parabola solid (antena besar) siaran nex parabola juga bisa diterima melalui antena mini (bekas dish pay tv) menggunakan lnbf combo + CSR (Conical Scalar Ring). Apa itu CSR? silahkan baca artikelnya di: Perkuat Sinyal Parabola dengan Menggunakan Conical Scalar Ring

Dibawah ini penampakan gambar CSR:

Cara Tracking Siaran Nex Parabola C Band dan KU Band

Dan penerapannya seperti gambar dibawah ini:

Nex Parabola menggunakan Conical Scalar Ring

Nah, dengan menggunakan LNBF Combo maka pengguna dapat menikmati siaran nex parabola melalui satelit telkom 4 dan ses 9 sekaligus.

Cara Tracking Siaran Nex Parabola C Band dan KU Band

Semoga bermanfaat!

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.