Perkuat Sinyal Parabola dengan Menggunakan Conical Scalar Ring - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Perkuat Sinyal Parabola dengan Menggunakan Conical Scalar Ring


Sobat satelit mania, bagi kita yang bergelut di dunia satelit dan parabola tentunya sudah mengenal apa itu Conical Scalar Ring (CSR) atau yang lebih sering kita gunakan dengan bahasa corong csr. Namun bagi anda yang baru menggeluti dunia persatelitan mungkin saja kata-kata ini baru anda dengar dan ingin sekali mengetahui apai itu Corong CSR.

Apa itu Conical Scalar Ring atau CSR ?
CSR bila kita kosa kata kan kebahasa indonesia adalah skalar cincin kerucut yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk menerima dan menambah signal yg diperoleh baik itu menggunakan LNB C-Band yang dipasang pada Dish Parabola Kecil/Dish Offset yang sering kita jumpai dulu pada pemasangan pada dish parabola Telkomvision. Selain itu juga CSR ini berfungsi untuk menstabilkan sinyal pada LNB Ku-band Offset pada penggunaan dish offset.

Conical Scalar Ring

Seperti yang kami kutip di salah satu situs online electricisart-bogipower.com secara detil menjelaskan bahwa fungsi dari pemasangan corong CSR adalah melemahkan sinyal-sinyal yang dapat menganggu sinyal utama (sinyal yang harus diterima receiver), dengan kata lain kontruksi tersebut melemahkan sinyal yang tidak diharapkan.

Lalu apa yang akan terjadi bila pada titik fokus sebuah parabola mendapat gangguan dari sinyal yang tidak diharapkan?

.. jawabnya sinyal utama akan melemah. Kualitas sinyal yang terbaca oleh receiver akan menurun.

Cara Pasang Corong untuk LNB C Band
Untuk mengetahui bagaimana cara memasangnya, berikut gambar penggunaan sebuah LNB dengan menggunakan Conical scalar ring.

Perkuat Sinyal Parabola dengan Menggunakan Conical Scalar Ring

Perkuat Sinyal Parabola dengan Menggunakan Conical Scalar Ring

Semoga bermanfaat.


5 komentar

blog yang bermanfaat baik. salam kenal, saya baru di dunia satelit ini, mau tanya berapa diameter minimal dish ofset yang bisa digunakan dengan lnb C tsb.? terima kasih

tergantung satelit apa yang di tuju... tetapi umumnya minimal diamter 100cm (ex telvis)

Matab gan,sgt bermanfa'at,
Terimaksh info nya,
Anda hebat.

Pagi gan. Kalo sy pasang lnb ku band (ta$$#a T-60) di bekas dish indomie, konektor kabel menghadap ke arah mana ya gan.? tkp di Kalimantan Barat. Trim's ya gan

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.