Istilah-Istilah Umum Dari Dunia Satelit Parabola - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Istilah-Istilah Umum Dari Dunia Satelit Parabola


Sobat satelit mania, pada kali ini kami mencoba berbagai istilah-istilah yang sering kita jumpai dikala kita tergabung didalam komunitas persatelitan.

Secara umum mungkin kita sering menyebut suatu nama terkait dari apa-apa yang kita gunakan yang terkait dunia satelit parabola dan secara pengalaman kita pun tahu apa fungsi dan kegunaannya. Namun tidak sedikit masih banyak istilah-istilah lainnya yang masih baru didengar.

Istilah-Istilah Umum Dari Dunia Satelit Parabola

Nah, agar tidak salah persepsi dan sama-sama menambah pengetahuan dan wawasan kita disini kami mengumpulkan defenisi-definisi nama-nama dan istilah yang umum sering kita jumpai pada perkumpulan dunia satelit parabola.

Dengan bantuan literatur yang sebagian besar kami dapatkan dari situs wikipedia dan forum satelit, maka dapat kami share beberapa defenisi istilah-istilah dunia persatelitan sebagai berikut :

Receiver adalah modul atau perangkat perangkat keras yang digunakan untuk menerima sinyal dari berbagai jenis, tergantung pada konteks aplikasi. Ini adalah perangkat yang menerima dan menerjemahkan sinyal dan kemudian mengkondisikan atau mengubahnya menjadi sesuatu yang dipahami mesin atau komputer lain.

Frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam satuan detik dengan satuan Hz.

Simbol Rate : Dalam komunikasi digital juga dikenal sebagai baud rate dan laju modulasi (modulation rate), adalah jumlah perubahan simbol, perubahan bentuk gelombang, atau peristiwa pensinyalan, melintasi medium transmisi per satuan waktu menggunakan sinyal termodulasi digital atau kode garis.

Baud Rate adalah Jumlah bit (digit biner) yang bisa dikirim oleh sebuah komputer per detik.

S Band : adalah penunjukan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers untuk bagian dari gelombang mikro spektrum elektromagnetik yang mencakup frekuensi dari 2 hingga 4 gigahertz. Jadi ini melintasi batas konvensional antara pita UHF dan SHF pada 3,0 GHz.

C Band : Pita frekuensi C disebut juga pita C adalah satuan spektrum frekuensi yang pertama kali ditemukan dalam sistem komunikasi satelit. Pita frekuensi ini memiliki besaran 3.7 hingga 4.2GHz untuk downlink dan 5.925-6.425GHz untuk uplink.

KU Band : Pita frekuensi Ku merupakan kelas pertama dari K-band. Kᵤ-band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik dengan jarak frekuensi dalam gelombang mikro mencapai 11,7 hingga 12,7 GHz dan 14 hingga 14,5 GHz.

Ka Band : Pita frekuensi Ka adalah pita gelombang mikro dari spektrum elektromagnetik dengan jangkauan antara 18 GHz – 40 GHz. Pita frekuensi Kₐ uplink memiliki jangkauan frekuensi antara 27.5 GHz - 31 GHz dan pita frekuensi Kₐ downlink memiliki jangkauan frekuensi antara 18,3 GHz -18,8 GHz dan 19,7 GHz – 20,2 GHz.

Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation, pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik.

Dish adalah Piringan parabola. Jenis piringan terbagi dari Mesh dish merupakan Piringan parabola yang strukturnya berupa anyaman atau jaring tembaga dan Solid dish merupakan Piringan parabola yang strukturnya berupa plat atau fiber.

LNB (low-noise block) adalah perangkat penerima yang dipasang di antena parabola yang digunakan untuk penerimaan TV satelit, yang mengumpulkan gelombang radio dari antena dan mengubahnya menjadi sinyal yang dikirim melalui kabel ke penerima (receiver).

Konektor F adalah konektor RF coaxial yang biasa digunakan untuk televisi terestrial "over the air", televisi kabel dan secara universal untuk televisi satelit dan modem kabel, biasanya dengan kabel RG-6 / U atau, pada instalasi yang lebih tua, dengan RG-59 / U kabel.

Coaxial Cable merupakan jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel koaksial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.

RG-6 / U adalah jenis kabel coaxial yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi menggunakan konektor F. Kabel coaxial RG-6 / U memiliki impedansi karakteristik 75 ohm.

Modulasi adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dengan proses modulasi, suatu informasi bisa dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi.

DiSEqC adalah protokol komunikasi khusus untuk digunakan antara perangkat satelit dan penerima seperti switch multi-dish atau rotol kecil pada antena.

OSD singkatan dari "On Screen Display." berfungsi untuk membuat penyesuaian pada layar. Menu ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol Menu pada remot.

Azimuth : Ukuran sudut, letak bintang, verticality, tegak lurus, siku, ketinggian pemasangan, garis tegak lurus pemasangan.

Bit error rate (BER) atau (Bit error ratio) merupakan sejumlah bit digital bernilai tinggi pada jaringan transmisi yang ditafsirkan sebagai keadaan rendah atau sebaliknya, kemudian dibagi dengan sejumlah bit yang diterima atau dikirim atau diproses selama beberapa periode yang telah ditetapkan.

Channel adalah Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.

Digital Video Broadcasting (DVB) merupakan konsorsium dengan anggota lebih dari 270 yang terdiri dari stasiun televisi, pabrikan, operator telekomunikasi, pengembang perangkat lunak, badan penyiaran, dari sekitar 35 negara yang berkomitmen untuk menyusun standar penyiaran televisi digital. Kini standar penyiaran televisi digital DVB diadopsi oleh negara-negara Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Spanyol dan Swedia), Cina, Singapura, Taiwan dan Austraila.

Encryption merupakan penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.

Feet adalah linear unit setara dengan panjang 12 inci (30cm).

Instalasi (parabola) dapat diartikan sebagai pemasangan, instalasi parabola adalah suatu kegiatan memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah rangkaian tertentu sehingga berwujud menjadi sebuah piringan parabola.

Intensitas adalah merupakan istilah yang banyak digunakan untuk merujuk ke: kekuatan, amplitudo, derajat maupun jarak.

Koordinat adalah bilangan yg dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik dl garis, permukaan, atau ruang.

Latitude adalah Garis lintang.

NTSC adalah sistem televisi analog yang digunakan di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya, termasuk Amerika dan beberapa bagian Asia Timur. Namanya diambil dari National Television System(s) Committee, badan industri pembuat standar yang menciptakannya. NTSC dikembangkan pada tahun 1950, yang mendefinisikan standar video yang dibuat sampai 525 garis scan horizontal setiap 1/30 detik.

PAL adalah kependekan dari phase-alternating line, phase alternation by lineatau untuk phase alternation line (bahasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dalam sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia kecuali di kebanyakan Amerika, beberapa di Asia Timur (yang menggunakan NTSC), sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (yang menggunakan SECAM, walaupun kebanyakan dari mereka telah memulai proses menggunakan PAL). PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken, dan pertama kali diperkenalkan pada 1967.

Positioner adalah sebuah perangkat yg berfungsi sebagai pengatur untuk menggerakkan suatu benda (baca: actuator).

RS-232 adalah standar komunikasi serial yang didefinisikan sebagai antarmuka antara perangkat terminal data (bahasa Inggris: data terminal equipment atau DTE) dan perangkat komunikasi data (bahasa Inggris: data communications equipment atau DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial.

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit, yakni satelit alam dan satelit buatan.

Scramble : Teracak, mencampurbaurkan, memperkacaukan. Pada siaran televisi yang teracak dengan sistim enkripsi tertentu.

Teresterial : Komunikasi data menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Biasanya membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).

Tracking Satelit : Melacak atau mencari untuk menemukan garis orbit satelit.

Transponder (TP) merupakan singkatan dari transmitter responder yang bermakna sebuah perangkat otomatis yang menerima, memperkuat dan mengirimkan sinyal dalam frekuensi tertentu.

Inline Amplifier sebuah perangkat kecil yang dimaksudkan untuk digunakan dan dipasang pada kabel yang cukup panjang untuk menerima sinyal dari satelit. Ini dimungkinkan dilakukan dikarenakan kabel yang panjang sehingga sinyal menjadi lemah, maka dengan menggunakan amplifier ini di klaim akan meningkatkan sinyal lemah tadi hingga 20-30dB. Selain baik digunakan untuk LNB C, Inline Amplifier ini juga bisa digunakan untuk LNB jenis KU Band

Conical Scalar Ring (CSR) adalah adalah skalar cincin kerucut yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk menerima dan menambah signal yg diperoleh baik itu menggunakan LNB C-Band yang dipasang pada Dish Parabola Kecil/Dish Offset yang sering kita jumpai dulu pada pemasangan pada dish parabola Telkomvision. Selain itu juga CSR ini berfungsi untuk menstabilkan sinyal pada LNB Ku-band Offset pada penggunaan dish offset.


1 komentar:

terima kasih sangat menambah wawasan pembaca

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.