Mengenal Macam-Macam Jenis Antena (Payung) Parabola - SATELIT MANIA

Mengenal Macam-Macam Jenis Antena (Payung) Parabola


Penggunaan Dish Parabola untuk menangkap sinyal siaran tentulah wajib dimiliki, namun sebelum melakukan pencarian yang dituju maka diperlukan antena parabola yang sesuai peruntukannya. Idealnya makin besar ukuran antena parabola maka makin mudah mendapatkan sinyal yang dicari.

Sedikit kami kutip dari wikipedia apa itu Antena Parabola secara umum?
Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik.

Mengenal Macam-Macam Jenis Antena (Payung) Parabola

Antena parabola berbentuk seperti piringan. Antena parabola dapat digunakan untuk mentransmisikan berbagai data, seperti sinyal telepon, sinyal radio dan sinyal televisi, serta beragam data lain yang dapat ditransmisikan melalui gelombang. Fungsi antena parabola yang umum diketahui oleh masyarakat di Indonesia adalah sebagai alat untuk menerima siaran televisi satelit.

Artikel terkait: Jenis dan Macam LNB : Tips Memilih LNB yang Tepat

Dipasaran sangat banyak model/jenis dan ukuran dari antena parabola, dan sudah barang tentu berbeda ukuran pastilah berbeda pula harganya.

Jenis dan Macam Antena Parabola
Ada beberapa jenis/macam antena yang beredar dipasaran, diantaranya yang sangat umum adalah antena parabola tipe Solid, Jaring (Mess). Secara umum dari ketiga jenis antena tersebut dapat kami jabarkan penjelasannya sebegai berikut:

1. Antena Parabola Solid.
Antena Parabola jenis SOLID yang terbuat dari plat campuran logam besi baja dengan alumenium sebagai reflektornya sebenarnya terbagi dua, yaitu:

  • Dish berbentuk lonjong/offset focus dengan ukuran diameternya cukup kecil antara 45cm sampai dengan 100cm. Ini yang sering kita jumpai penggunaan untuk TV berbayar/Pay TV seperti Indivision, Transvision, K-Vision, Orange TV, Astro, Aora, Big TV dan banyak lagi (walaupun ada juga bukan untuk pay tv seperti Ninmedia dan TV Desa Group).
  • Macam-macam antena parabola/dish pay tv
  • Dish berbentuk bulat/prime focus yang bentuk nya seperti antenna parabola kebanyakan yang dijual dipasaran. Ukuran nya antara lain dari 4 feed hingga 12 feed, namun kebanyakan yang dijual dan dipakai adalah ukuran 6 feed saja.
  • Macam-macam Antena parabola/dish solid

2. Antena Parabola Mesh (Jaring)
Antena Parabola jenis Mess yaitu berupa jaring yang berlubang kecil kecil sebagai reflector nya. Untuk ukurannya juga bermacam-macam yaitu dari 6 feed, 7,5 feed, 9 feed, 12 feed hingga16 feed, namun yang sering kita temukan dan banyak dijual 9 feed dan 12 feed walaupun ukuran lain juga ada yang masih menggunakannya.

Macam Jenis Antena Parabola Mesh /Jaring

Dish jaring yang sering kita kenal dan umum adalah antena parabola jaring merk Paramount dan merk paragon.

Kelebihan antena jenis jaring adalah tidak mudah berkarat karena terbuat dari bahan alumunium serta tidak berat (ringan) dibandingkan dengan antena parabola jenis solid prime focus.

Namun demikian kekurangan/kelemahan dari jenis ini adalah diantaranya kawat jaring jaring yang mudah terlepas dari konstruksinya dan terkesak ringkih serta daya tangkap nya agak sedikit kurang dibandingkan dengan ukuran yang sama dengan jenis solid.


- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.

Diberdayakan oleh Blogger.