Header Ads

Cara Memasang 1 Parabola untuk 2 TV


Cara memasang 1 parabola untuk 2 televisi sebenarnya cara yang paling simple dalam hal penggunaannya. Dengan memanfaatkan 1 buah payung/dish parabola dengan tujuan agar lebih hemat menonton tayangan-tayangan yang berbeda pada 2 tv di rumah tentulah semua itu bisa dilakukan. Karena penerimaan salurannya dari satelit melalui parabola maka syarat yang harus dipenuhi adalah receiver yang dibutuhkan adalah sebanyak 2 unit sesuai jumlah televisi yang dimaksud, jadi lebih tepatnya adalah bagaimana cara memasang 2 receiver pada 1 parabola atau satu parabola untuk 2 receiver tanpa lnb dual.

Selanjutnya dengan hanya mengganti/menggunakan LNB dengan jenis LNB 2 in 1 atau Dual Output, maka satelit yang akan diterima ke parabola dapat diparalel ke 2 tv melalui receiver tanpa menambah switch lagi, tentu bila  parabola hanya menggunakan 1 buah LNB saja.

Cara Memasang 1 Parabola untuk 2 TV

Adapun jenis LNB dual output bisa terlihat pada gambar dibawah ini, dengan masing-masing peruntukannya. Jadi pastikan terlebih dahulu satelit/siaran apa yang ingin anda cari. Baca: Jenis dan Macam LNB : Tips Memilih LNB yang Tepat

Cara Memasang 1 Parabola untuk 2 TV

Cara setting LNB 2 Output untuk 2 Receiver
Untuk menerapkan pengaturan dari cara pemasangan 1 parabola (LNB dual output) untuk 2 televisi artinya disini 1 parabola untuk 2 receiver. Untuk lebih jelas skemanya sama persis seperti pada artikel kami dengan judul: Schematic; Panduan Setting LNB 4 Output ke Banyak Receiver. Perbedaannya hanya jumlah LNB Output yang lebih banyak yaitu 4 output untuk 4 receiver/tv.

Baca: Bisakah Satu Dish Untuk Dua Receiver di Siaran Ninmedia? Begini Caranya.

Perlu dicatat, cara ini tidak bisa digunakan untuk memparalel parabola 1 receiver 2 tv. Karena bila itu dilakukan maka bila channel diganti pada receiver maka kedua tv yang diparalel tadi tayangan tetap akan sama.

8 komentar:

  1. Tanya sedikit mas, saya menggunakan dua lnb c band dengan single output. Apakah bisa tanpa ganti lnb dual (menggunakan splitter saja) bisa di paralel untuk digunakan dua receiver?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa gan..
      lnb dual output >> untuk digunakan satu satelit
      dua lnb >> untuk satelit yang berbeda dalam 1 dish.

      Hapus
    2. Baik, makasih masukannya mas. Kalau boleh minta masukan merk lnb apa ya yg bagus tp murah (jangan mahal" ya) hehehe

      Hapus
    3. untuk satelit seperti palapa dan telkom kami rasa dngn menggunakan lnb matrix, venus ataupun lgsat sudah dari cukup.
      silahkan ditelusuri di toko online seperti di tokoped, bukalpk atau shoopee.

      Hapus
  2. Gan saya pakai lnb dual output, tapi kenapa ada perbedaan sintal antara receiver 1 dan receiver 2, sama dapat palapa, namun pada satelit Telkom receiver 2 tidak dapat sinyal sama sekali, mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  3. Mau nanya gan,
    Saya pakai LNB ku band dual output,
    Output 1 saya pakai receiver k-vision, oke.
    Yg satu lagi apa bisa saya pakai receiver Matrix Turbo?
    Apa frekuensi nya bisa di rubah? Karena k-vision di sering klo gak salah di 91,5 E

    BalasHapus
  4. Kak Mau Tanya
    Apakah 1 parabola bisa dipakai untuk 2 set top box segabai antenanya dan jika bisa,apakah ketika pindah chanel di salah satu tv bakal pindah 2 2 nya gk?

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.