Jenis dan Macam LNB : Tips Memilih LNB yang Tepat


Tips Memilih LNB yang Tepat - Di pasaran banyak sekali yang menjual LNB dengan jenis dan harga yang beragam. Bagi anda yang menggeluti di dunia parabola tentu anda sangat familiar dengan barang yang satu ini. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut tentang judul arikel kali ini yaitu jenis dan macam LNB : Tips memilih LNB yang tepat, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa itu LNB ?

Baiklah... LNB adalah singkatan dari Low Noise Block. LNB ini adalah perangkat yang diletakan di depan dish parabola untuk menerima sinyal gelombang micro dalam level sangat rendah dari satelit dan mengirimkannya melalui kabel ke penerima siaran (receiver).

Tips Memilih LNB yang Tepat
Mengetahui c band dan ku band

Karena dipasaran banyak sekali jenis, macam serta merk yang menjualnya maka sebelum membelinya telitilah terlebih dahulu spesifikasi penting yang dimiliki oleh LNB tersebut, karena merk satu dengan yang lain belum tentu memilik spesifikasi yang sama. Karena untuk memilih LNB yang tepat ukurannya bukanlah merk atau produknya namun terlebih kepada spesifikasi peruntukannya. Untuk itu terlebih dahulu anda harus tahu perbedaan lnb c band dan ku band serta s band.

Jenis dan Macam LNB
Berikut dibawah ini beberapa macam jenis LNB yang ada dipasaran :

LNB C-BAND
Jenis C-Band dirancang untuk menangkap sinyal frekwensi 3,4 Ghz sampai 4,2 Ghz. Pada body biasanya tertulis derajat Kelvin atau dB sebagai contoh 15°K yang maksudnya adalah merupakan nilai kesensitif-an dari LNB untuk menyaring kebisingan yang diterima dari luar dan bukan mengukur suhu udara/panas dari LNB. Dengan memiliki nilai kesensitif-an/noise semakin rendah maka LNB tersebut sangat baik digunakan dan peka terhadap sinyal walaupun banyak gangguan dari luar.

Berikutnya juga biasanya tertulis pada body Gain, untuk pemilihan besarannya adalah nilai Gain yang cukup besar. Karena semakin gain itu lebih besar, contoh 70 dB (decibel) ke atas, artinya LNB sangat baik untuk menerima sinyal dari suatu satelit lebih-lebih untuk satelit yang memiliki kualitas sinyal dari suatu transponder yang sangat lemah.

LNB C-Band dipasaran dalam penggunaannya ada 2 jenis yaitu LNB C-Band biasa dan LNB C-Band V/H yang penggunaannya harus menambahkan multiswith dengan fungsi lebih luas.

Contoh jenis dari LNB C-Band bisa terlihat pada gambar dibawah ini :

Tips Memilih LNB yang Tepat

LNB KU-BAND
Untuk jenis KU-Band sebenarnya tidak berbeda dengan jenis C-Band namun pada KU-Band terdapat nilai Noise Figure, ini dikarenakan ku-band dikhususkan untuk menangkap sinyal sekitar 10,7 -12,75 Ghz.

Pada LNB KU-Band memiliki dua jenis varian yaitu LNB KU-Band OFFSET dan LNB Ku-Band PRIME FOKUS, sehingga nilai NOISE FIGURE ( NF ) pun berbeda ini bisa terlihat seperti dibawah ini :

  • Nilai Noise Figure pada LNB Ku-Band Prime Focus mulai dari 0,1 s/d 0,4 dB dalam penerimaan sinyalnya dari titik tengah dish dan sangat baik dipasang menggunakan dish solid 6 feed keatas. Selain itu sangat cocok sekali digunakan untuk melacak satelit yang jauh dari area beam bahkan yang berada di luar area beam satelit sekali pun.
  • Nilai Noise Figure pada LNB Ku-Band Offset mulai dari 0,5 dB ke atas. Sinyal yang diterima menggunakan lnb jenis ini yaitu dari seluruh bibir dish atau berada di luar titik utama/ tengah dish dan biasanya dipasang pada dish dibawah 5 feed atau dish pay tv seperti Orange TV, Astro dll karena memang jenis lnb ini diperuntukan mencari sinyal yang sangat kuat (luber) di suatu daerah. Untuk itu "jangan" gunakan LNB KU-Band Offset untuk mencari sinyal yang jauh dari beam akan sulit atau bahkan tidak akan me-locknya sama sekali.

Artikel terkait: Cara Menggabungkan LNB C Band dan KU Band

Contoh jenis dari LNB KU-Band bisa terlihat pada gambar dibawah ini :

Tips Memilih LNB yang Tepat


Nah, dengan penjelasan singkat ini semoga dapat memahami jenis lnb c/ku band paling sensitif dan tentunya agar bisa membantu dan dijadikan tips memilih LNB yang tepat untuk keperluan tracking nantinya dan dengan sendirinya kita telah mengetahui c band dan ku band maupun LNB S Band.



3 comments:

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.