Cara Memasang 1 Parabola untuk 2 TV - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Cara Memasang 1 Parabola untuk 2 TV


Cara memasang 1 parabola untuk 2 televisi sebenarnya cara yang paling simple dalam hal penggunaannya. Dengan memanfaatkan 1 buah payung/dish parabola dengan tujuan agar lebih hemat menonton tayangan-tayangan yang berbeda pada 2 tv di rumah tentulah semua itu bisa dilakukan. Karena penerimaan salurannya dari satelit melalui parabola maka syarat yang harus dipenuhi adalah receiver yang dibutuhkan adalah sebanyak 2 unit sesuai jumlah televisi yang dimaksud, jadi lebih tepatnya adalah bagaimana cara memasang 2 receiver pada 1 parabola atau satu parabola untuk 2 receiver tanpa lnb dual.

Selanjutnya dengan hanya mengganti/menggunakan LNB dengan jenis LNB 2 in 1 atau Dual Output, maka satelit yang akan diterima ke parabola dapat diparalel ke 2 tv melalui receiver tanpa menambah switch lagi, tentu bila  parabola hanya menggunakan 1 buah LNB saja.

Cara Memasang 1 Parabola untuk 2 TV

Adapun jenis LNB dual output bisa terlihat pada gambar dibawah ini, dengan masing-masing peruntukannya. Jadi pastikan terlebih dahulu satelit/siaran apa yang ingin anda cari. Baca: Jenis dan Macam LNB : Tips Memilih LNB yang Tepat

Cara Memasang 1 Parabola untuk 2 TV

Cara setting LNB 2 Output untuk 2 Receiver
Untuk menerapkan pengaturan dari cara pemasangan 1 parabola (LNB dual output) untuk 2 televisi artinya disini 1 parabola untuk 2 receiver. Untuk lebih jelas skemanya sama persis seperti pada artikel kami dengan judul: Schematic; Panduan Setting LNB 4 Output ke Banyak Receiver. Perbedaannya hanya jumlah LNB Output yang lebih banyak yaitu 4 output untuk 4 receiver/tv.

Baca: Bisakah Satu Dish Untuk Dua Receiver di Siaran Ninmedia? Begini Caranya.

Perlu dicatat, cara ini tidak bisa digunakan untuk memparalel parabola 1 receiver 2 tv. Karena bila itu dilakukan maka bila channel diganti pada receiver maka kedua tv yang diparalel tadi tayangan tetap akan sama.


7 komentar

Tanya sedikit mas, saya menggunakan dua lnb c band dengan single output. Apakah bisa tanpa ganti lnb dual (menggunakan splitter saja) bisa di paralel untuk digunakan dua receiver?

tidak bisa gan..
lnb dual output >> untuk digunakan satu satelit
dua lnb >> untuk satelit yang berbeda dalam 1 dish.

Baik, makasih masukannya mas. Kalau boleh minta masukan merk lnb apa ya yg bagus tp murah (jangan mahal" ya) hehehe

untuk satelit seperti palapa dan telkom kami rasa dngn menggunakan lnb matrix, venus ataupun lgsat sudah dari cukup.
silahkan ditelusuri di toko online seperti di tokoped, bukalpk atau shoopee.

Gan bagi pemula memasang lnb dual output gimana caranya

Mas sy mo tnya, klo sdh terlanjur beli lnb singel output, efisiennya tmbah apalagi biar bisa 2 tv

merujuk artikel diatas, saran kami.. anda tukar aja dengan yg dual output, karena menurut kami itulah yang paling efesien.

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.