Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver - SATELIT MANIA

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver


Sobat Satelit Mania, kali ini kami akan berbagi bagaimana caranya untuk mensetting 1 parabola untuk ke beberapa receiver. Bagi anda yang baru berkecimpung dalam dunia satelit dan parabola bisa saja cara ini cukup asing bagi anda. Ya, bila umumnya penggunaan dish (payung parabola) hanya digunakan untuk 1 receiver saja namun cara yang akan kami share kali ini adalah dengan hanya menggunakan 1 dish parabola untuk beberapa receiver, di padukan 1 LNB atau 2 LNB.

Bila kita hubungkan dengan cost yang dikeluarkan tentunya cara ini cukup hemat dan murah dalam penggunan dish parabola, dimana kita tidak harus membeli sebanyak receiver yang digunakan. Hitung saja, kalau kita rata-ratakan 1 buah dish parabola ukuran 6 feed seharga Rp.500ribu dan kita memiliki 5 buah receiver maka uang yang harus kita keluarkan sebesar Rp.2,5 juta, tentu sangat besar bukan?

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver (PALKOM)

Baiklah, lalu apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara settingnya?

Yang anda perlukan tentunya adalah :
  • 1 buah dish parabola
  • 2 buah LNBF Cband V/H
  • 1 buah Multiswitch
  • Receiver
  • Kabel receiver

KETERANGAN:
Untuk jenis LNBF CBand V/H seperti terlihat pada gambar dibawah ini, nampak seperti LNB Cband dual output untuk 2 receiver/tv tetapi sebenarnya LNB ini jenisnya CBand Vertical dan Horizontal yang berbeda outputnya.

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver

Artikel terkait : Jenis dan Macam LNB : Tips Memilih LNB yang Tepat

Selanjutnya adalah Multi Switch. Multi Switch dipasaran banyak sekali merk dan ukuran banyak Lnb-receiver yang akan digunakan. Adapun yang kami gunakan adalah 4x8 yaitu 2 LNB x 2 (Vertical & Horizontal) untuk 8 Receiver. Terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver

Sementara itu 2 LNB tersebut kami lock untuk satelit palapa d dan telkom 1, dengan mensetting 22K di receiver untuk palapa d posisi ON dan telkom 1 posisi OFF.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat skema 1 parabola dengan 2 LNB Cband V/H untuk 8 receiver.

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver

Demikian, semoga bermanfaat dan bila ada yang masih bingung mari kita diskusikan melalui form komentar dibawah.


20 komentar

Parabola saya pakai lnb cband dual (untuk 2 receiver), saat ini lnb dual nya mau saya ganti dengan yang quatro ( untuk 4 receiver ), tetapi saat diganti dengan lnb ynag quatro kenapa signal gak mau muncul padahal waktu dengan lnb dual signal bagus.... sudah dicoba mounting ulang tetap gak dapet, tetapi begitu dikembalikan dengan lnb dual (asal) langsung cling aja. Kenapa ya? apa ada seting lainnya di receivernya?

banyak kemungkinan, sebagai contoh kalau 2 lnb tentu menggunakan diseCq 2x1 atau switch 22K On/Off sementera untuk 4 LNB menggunakan DiseCq 4x1 maka pengaturan di rx tentu akan berbeda..

scrreen shot buat di receivernya gan,, punya saya, cuma 1 satu satelit yg ada sinyalnya..

mohon screenhot di receivernya gan, 1 parabola banyak receiver, saya menggunakan. multiswitch 4*6

Salam kenal..
Saat ini saya memakai 2 lnb H/V untuk 6 reciever/TV dengan multiswitch 4 x 6. Bagaimana caranya jika salah satu receiver/TV ingin ditambah saluran/satelit dari dish lain yang memakai lnb ku band?
Terima kasih

silahkan tambahkan switch 2x1 atau 4x1 terserah saja. dengan contoh skema menjadi bila menggunakan switch 2x1 : maka output dari multi swicth masuk ke swicth 2x1 (masukan salah satu port) misal dimasukan ke port1/lnb1 maka pada setingan pada receiver untuk lnb tersebut harus disesuai penggunaan port1/lnb1, sementara port2 langsung dari KU band.
Artikelnya sejenis bisa dibaca di:
Menggabungan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11

Demikian, semoga bisa dimengerti.

Mantap gan sangat membantu

terimash, senang bisa membantu

Mohon bantuan gan,
di rumah ortu ada 1 parabola tanaka ,3 lnb 2 multiswitch dan 2 receiver,untuk ruang atas dan ruang bawah
bulan kemarin kena petir,bp sy langsung beli 2 receiver baru,kemaren receiver yg buat ruang bawah hilang,setelah sy cek ternyata receiver pertama beli masih normal 1 (yg buat ruang atas) nah..rencana sy mau buat ruang bawah,kalau inputnya dari multiswitc 1 (ruang atas)normal, kenapa kalo dipakai ruang bawah,input dari multi switc ke 2 ga ada signal,setting apa yg mesti dirubah ya..makasih

Sebelum kami tidak salah menjawab, mungkin perlu penjelasan yang lebih rinci:
1. 3 LNB v/h tersebut untuk satelit apa?
2. 2 multiswich tersebut apakah untuk masing2 rx atau masing-masing rx untuk semua siaran 3 LNB tersebut? karena kalau kami amati masing2 rx menggunakan multiswitch yg berbeda?

Namun demikian, jawaban kami saat ini bila multiswicth digunakan untuk masing2 receiver, namun disalah satu tempat (ruang bawah) tidak ada sinyal maka bisa jadi setingan pada rx yang berbeda.

selanjutnya, untuk mempermudah pemahaman dari penjelasan kami serta altem yang ada mungkin artikel dibawah ini bisa menjadi masukan buat anda:
Cara Setting 4 LNB untuk 8 Receiver Digital Parabola

Mohon pencerahannya pak.
Parabola Kuband akn digunakan hanya utk menangkap Ninmedia saja. Instalasi utk 24 receiver dan 24 tv apa betul dg cara menggunakan Lnb Kuband quad/4 output. Masing-masing output Lnb itu dihubungkan dengan multiswitch 2x8 dibagian V nya saja. Lalu output. da output multiswitch ke receiver lalu ke tv. Apakah cara ini bisa dipakai pak? Apabila bisa apa semua chanel di Ninmedia bisa ditonton oleh ke 24receiver tanpa error. mengingat input multiswitch yg dipakai hanya V nya saja.

kami belum pernah coba, secara logika harusnya bisa gan.. karena multiswitch adalah memisahkan antara V dan H, namun perlu diingat bila multiswich 4x8 seperti gambar diatas maka gunakan port V yang 22k on jgn yang off, karena kuband tidak bisa diposisi 22k off

Mohon pencerahanya min
-dish 1 satelit palapa d, lnb c band 1 out menuju diseq 4x1 di port pertama kemudian menuju rx 2
-dish 2 satelit chinasat, lnb ku band dual output, 1 output menuju diseq port 2 (out ujuuju rx 1), 1 out lagi langsung menuju rx 2
Yang jadi permasalahan ketika rx 1 pindah ch dari chinasat11 ke palapa d atau sebaliknya, terjadi lost sinyal 1-3 detik di rx 2 namun ketika pindah ch sesama satelit ch11/palapa tidak terjadi lost sinyal di rx 2
Apa ada yg salah dari skema yg saya buat ? Mohon pencerahanya

dari penjelasan diatas, tidak ada rx 1 untuk satelit palapa.
coba jelaskan, skema seperti apa yang diinginkan.
karena artikel diatas khusus untuk LNB dual output (V/H) yang penggunaannya digabungkan dngn Multiswitch, jadi bukan lnb dual output biasa ya.

gan kalau lnbnya hanya 1 output bisa gak buat 2 receiver

Min, bagaimana setting ku band di multiswitch v/h? saya gagal terus...

untuk menggabungkan ke multiswich, pastikan Lnb KU bandnya menggunakan dual output V/H juga.

maaf gan mohon pencerahan,saya punya 5lnb (palapa,telkom asiasat7 asiasat 5 apstar6) mau dipasang ke 8receiver,alat tempurnya apa saja dan skemanya seperti apa,terimakasih sebelumnya

silahkn dicoba dengan altem:
3 pcs multiswitch (6x1 atau 8x1 seperti conth diatas)
8 pcs disqc 4x1
5 pcs lnb c band V/H output

skemanya tidak jauh berbeda seprti pada tutorial:
Cara Setting 4 LNB untuk 8 Receiver Digital Parabola.

silahkan di explore..

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.

Diberdayakan oleh Blogger.