Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver


Sobat Satelit Mania, kali ini kami akan berbagi bagaimana caranya untuk mensetting 1 parabola untuk ke beberapa receiver. Bagi anda yang baru berkecimpung dalam dunia satelit dan parabola bisa saja cara ini cukup asing bagi anda. Ya, bila umumnya penggunaan dish (payung parabola) hanya digunakan untuk 1 receiver saja namun cara yang akan kami share kali ini adalah dengan hanya menggunakan 1 dish parabola untuk beberapa receiver, di padukan 1 LNB atau 2 LNB.

Bila kita hubungkan dengan cost yang dikeluarkan tentunya cara ini cukup hemat dan murah dalam penggunan dish parabola, dimana kita tidak harus membeli sebanyak receiver yang digunakan. Hitung saja, kalau kita rata-ratakan 1 buah dish parabola ukuran 6 feed seharga Rp.500ribu dan kita memiliki 5 buah receiver maka uang yang harus kita keluarkan sebesar Rp.2,5 juta, tentu sangat besar bukan?

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver (PALKOM)

Baiklah, lalu apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara settingnya?

Yang anda perlukan tentunya adalah :
  • 1 buah dish parabola
  • 2 buah LNBF Cband V/H
  • 1 buah Multiswitch
  • Receiver
  • Kabel receiver

KETERANGAN:
Untuk jenis LNBF CBand V/H seperti terlihat pada gambar dibawah ini, nampak seperti LNB Cband dual output untuk 2 receiver/tv tetapi sebenarnya LNB ini jenisnya CBand Vertical dan Horizontal yang berbeda outputnya.

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver

Artikel terkait : Jenis dan Macam LNB : Tips Memilih LNB yang Tepat

Selanjutnya adalah Multi Switch. Multi Switch dipasaran banyak sekali merk dan ukuran banyak Lnb-receiver yang akan digunakan. Adapun yang kami gunakan adalah 4x8 yaitu 2 LNB x 2 (Vertical & Horizontal) untuk 8 Receiver. Terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver

Sementara itu 2 LNB tersebut kami lock untuk satelit palapa d dan telkom 1, dengan mensetting 22K di receiver untuk palapa d posisi ON dan telkom 1 posisi OFF.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat skema 1 parabola dengan 2 LNB Cband V/H untuk 8 receiver.

Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver

Demikian, semoga bermanfaat dan bila ada yang masih bingung mari kita diskusikan melalui form komentar dibawah.


9 comments:

  1. Parabola saya pakai lnb cband dual (untuk 2 receiver), saat ini lnb dual nya mau saya ganti dengan yang quatro ( untuk 4 receiver ), tetapi saat diganti dengan lnb ynag quatro kenapa signal gak mau muncul padahal waktu dengan lnb dual signal bagus.... sudah dicoba mounting ulang tetap gak dapet, tetapi begitu dikembalikan dengan lnb dual (asal) langsung cling aja. Kenapa ya? apa ada seting lainnya di receivernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kemungkinan, sebagai contoh kalau 2 lnb tentu menggunakan diseCq 2x1 atau switch 22K On/Off sementera untuk 4 LNB menggunakan DiseCq 4x1 maka pengaturan di rx tentu akan berbeda..

      Delete
  2. scrreen shot buat di receivernya gan,, punya saya, cuma 1 satu satelit yg ada sinyalnya..

    ReplyDelete
  3. mohon screenhot di receivernya gan, 1 parabola banyak receiver, saya menggunakan. multiswitch 4*6

    ReplyDelete
  4. Salam kenal..
    Saat ini saya memakai 2 lnb H/V untuk 6 reciever/TV dengan multiswitch 4 x 6. Bagaimana caranya jika salah satu receiver/TV ingin ditambah saluran/satelit dari dish lain yang memakai lnb ku band?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. silahkan tambahkan switch 2x1 atau 4x1 terserah saja. dengan contoh skema menjadi bila menggunakan switch 2x1 : maka output dari multi swicth masuk ke swicth 2x1 (masukan salah satu port) misal dimasukan ke port1/lnb1 maka pada setingan pada receiver untuk lnb tersebut harus disesuai penggunaan port1/lnb1, sementara port2 langsung dari KU band.
    Artikelnya sejenis bisa dibaca di:
    Menggabungan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11

    Demikian, semoga bisa dimengerti.

    ReplyDelete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.