Menggabungkan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11


Untuk menggabungkan atau mensetting satelit Telkom 3s dan Palapa D (KomPal) dengan Ninmedia di satelit Chinasat 11 sebenarnya sangat gampang sekali. Karena cukup menggunakan DiSEqC 4x1 maka semua beres, bahkan ada 1 port lagi yang bisa digunakan untuk satelit lainnya. Tinggal selanjutnya kita atur settingan untuk pengaturan DiSEqC 1.0 LNB nya sesuai posisi port yang digunakan.

Namun dalam kasus ini kita sedikit bereksperimen dimana LNB V/H untuk satelit Telkom 3s dan Palapa D menggunakan Multiswitch yang mana disalah satu port/receiver ingin menggabungkan dengan Chinasat 11 (Ninmedia). Penjelasan bagaimana cara mensetting LNB V/H menggunakan Multiswitch secara khusus telah kami bahas pada artikel: Cara Setting 1 Parabola untuk Banyak Receiver.

Berdasarkan artikel tersebut pulalah ada salah satu pengunjung blog ini menanyakan "Saat ini saya memakai 2 lnb H/V untuk 6 reciever/TV dengan multiswitch 4 x 6. Bagaimana caranya jika salah satu receiver/TV ingin ditambah saluran/satelit dari dish lain yang memakai lnb ku band?"

Maka dari pertanyaan tersebut, maka untuk menambah satelit dengan menggunakan LNB KU Band yang akan digabungkan dengan 2 LNB V/H cukup menambahkan DiSEqC 2x1 atau DiSEqC 4x1. Nah bila anda masih pemula dan kepikiran juga ingin melakukan hal yang sama seperti pertanyaan diatas, maka mari simak penjelasanya pada artikel kali ini.

Baiklah kita mulai saja... dalam percobaan/contoh kali ini kami cukup menggunakan DiSEqC 2x1, dan skemanya terlihat seperti dibawah ini.

Menggabungkan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11

Sebagai penjelasan gambar diatas bisa kami jabarkan sebagai berikut:
  1. LNB1 : Untuk Satelit Telkom3s, Port: 2/B, 22KHz: On/aktif
  2. LNB2 : Untuk Satelit Palapa D, Port: 2/B, 22KHz: Off/tdk aktif
  3. LNB3 : Untuk Satelit Chinasat 11, Port: 1/A, 22KHz: Auto/otomatis

Artikel terkait: Cara Mencari Frekuensi Ninmedia bersamaan dengan Indovision

Maka dari gambar dan penjelasan diatas, maka dapat dilihat pengaturan satelit/lnb pada receiver seperti gambar dibawah ini. (Setting menggunakan receiver Getmecom HD009 Super).

SETTING UNTUK SATELIT TELKOM 3s
Menggabungkan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11

SETTING UNTUK SATELIT PALAPA D
Menggabungkan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11

SETTING UNTUK SATELIT CHINASAT 11 (NINMEDIA)
Menggabungkan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11

CATATAN TAMBAHAN:
  1. Perhatikan settingan untuk LNB Frequency antar LNB yang digunakan, untuk CBand menggunakan: 5150 sedangkan KU Band menggunakan: 9750/10600.
  2. Penggunaan LNB3 secara otomatis fitur 22KHz terpilih Otomatis, karena penggunaan LNB jenis KU Band.
  3. Dibeberapa receiver penulisan opsi DiSEqC 1.0/1.1 ada yang menggunakan 1, 2, 3, 4 dan ada juga menggunakan A, B, C, D dan kebetulan pada receiver diwakilkan dengan huruf namun pada prinsipnya sama saja (A=1, B=2, C=3, D=4).


4 comments:

  1. Misi master mau tanya, itu kalau diseqc 2x1 nya di joint ke input multiswitch apa efeknya ninmedia bisa kena sam 6 RX, atau malah jd error, thnks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, setingan diatas hanya utk 1 rx saja dan tidak terpengaruh terhdp port multiswith yang lain.

      Delete
  2. setingan untuk 3 atau 4 resiver caranya gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya cukup hubungkan kabel jumper dari multiswitch ke rx.. seperti gambar diatas terlihat dapat digunakan sd 8 rx..

      Delete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.