Cara Upgrade Receiver Skybox A1 Old 4MB ke 8 MB - SATELIT MANIA

Cara Upgrade Receiver Skybox A1 Old 4MB ke 8 MB


Semenjak beredarnya informasi bahwa skybox a1 old (dus biru) yang berkapasitas ic 4mb dapat diupgrade ke 8mb dengan menggunakan firmware keluaran dari pabrik icone. Akhirnya berbekal firmware hasil editan para oprekan tuser di grup facebook kami pun tak mau ketinggalan untuk mencobanya.

Membaca review-review dari teman-teman yang sudah menggunakannya, terlihat fitur-fitur yang ada didalamnya sepertinya layak disandingkan dengan skybox new avs+ bahkan skybox plus. Dan inilah yang membuat kami benar-benar ingin juga menjajal software (firmware) oprekan ini.

Cara Upgrade Receiver Skybox A1 Old 4MB ke 8 MB

Namun sayangnya untuk menggunakan firmware yang satu ini tidak serta merta bisa langsung di-upgrad via usb (flashdisk), ini dikarenakan ukuran firmware 8.192kb yang artinya ic eeprom yang digunakan harus berukuran 8mb. Artinya ic eeprom yang ada di receiver skybox a1 old 4mb harus dicabut dan diganti ic yang baru berukuran 8mb.

Baiklah, lagi-lagi pada artikel ini kami membantu anda secara singkat bagaimana cara mengupgrade skybox a1 old 4mb ke 8mb (mengganti ic eeprom). Sementara itu untuk proses ini, bila anda benar-benar pemula sangat tidak disarankan anda yang melakukannya dan harap minta bantuan pada ahlinya. Namun demikian bila anda ingin menguji kemampuan anda semua tergantung anda.

Sebelum lebih lanjut, mungkin yang perlu diketahui adalah bagaimana mengetahui ic eeprom skybox a1 old itu berukuran 4mb. Silahkan amati gambar dibawah ini :

Cara Membedakan ic eeprom 4mb dengan 8mb

Keterangan:
  • Gambar sebelah kiri ic eeprom berukuran 4 mb dengan kode 32 dan sebelah kanan 8 mb dengan kode 64.
  • Pembahasan ini juga pernah kami bahas disini.
  • Banyak merk dipasaran dijual tapi paling umum merk winbond, bila membeli pastikan cari kode 25xx32xx untuk 4mb atau 25xx64xx untuk 8mb.
Selanjutnya, silahkan buka cover receiver dan amati ic eeprom yang menempel pada board. Lihat kode yang tertera PN25F32,yang artinya benar ukuran ic berkapasitas 4mb dan nantinya kita ganti dengan yang 8mb.

Cara mengetahui ic eeprom skybox a1

Dalam proses pencabutan ic eeprom ini memerlukan keahlian khusus. Sangat disarankan minta bantuan kepada ahlinya, salah satunya kepada teknisi service ponsel.

Cara Melepas ic eeprom skybox a1

Selanjutnya silahkan pasang ic eeprom baru berukuran 8mb ke usb eeprom ch341a dengan cara di solder dimasing-masing kaki ic ke papan board yang ada. Lihat posisi pemasangannya seperti gambar dibawah ini...

Cara memasang ic eeprom baru di usb programmer ch341a

Bila sudah tancapkan ke port usb komputer atau laptop, lalu jalankan aplikasi/Tool SPI Programmer CH341A. Untuk proses flashingnya sama persis seperti halnya melakukan proses pada receiver kebanyakan.

Silahkan simak secara lengkap bagaimana cara kami melakukan upgrade receiver menggunakan usb programmer ch341a pada artikel dengan judul: Cara Memperbaiki Receiver Mati Suri dengan USB Programmer CH341A Jadi silahkan disimak dengan baik-baik, agar lebih mudah dipahami.

Firmware ICONE_200+220_G4.30.bin bisa diunduh secara gratis melalui tautan ini. Untuk file USB Programmer CH341A bisa unduh disini.

Untuk melakukan proses selanjutnya, kami anggap anda sudah sukses melakukan proses flashing yang dibarengi melepas/mencabut ic eeprom pada papan board usb programmer.

Selanjutnya tinggal pasang ic yang baru tadi (ic 8mb) ke board receiver, terlihat pada gambar dibawah ini..

Cara memasang ic eeprom di board skybox a1

Terakhir, silahkan nyalakan receiver anda semestinya dilayar akan terlihat tampilan boot baru dari firmware icone.

Tampilan baru skybox a1 dengan firmware icone

Tampilan menu baru skybox a1 dengan  firmware icone

Demikian, bila ada yang perlu di diskusikan bisa melalui kotak komentar dibawah. Semoga sukses..!

UPDATED:
Bagi anda yang tetap bertahan menggunakan ic yang ada (4mb) namun berkeinginan menggunakan sw icone, bisa menggunakan firmware versi F160415_C6001_ICONE_A9_L3.19.bin silahkan unduh disini.

Download artikel ini


- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.

Diberdayakan oleh Blogger.