Cara Tracking Satelit Thaicom 8 Ku Band - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Cara Tracking Satelit Thaicom 8 Ku Band


Satellite Thaicom 8 KU adalah salah satu satelit favorit dikarenakan siaran-siaran didalamnya cukup variatif dan bagus terkhusus siaran olah raga sepak bola dari liga top dunia melalui channel PPTV HD 36, CTN ataupun MyTV.

Walaupun demikian sebenarnya channel yang kami sebutkan diatas sebenarnya juga bisa dinikmati pada satelit thaicom 5 dan apstar 6 dengan menggunakan lnb jenis c band, namun mungkin beralasan ingin menguji kemampuan tracking ataupun juga dikarenakan pada satelit thaicom 8 berisikan channel-channel dari provider IPM TV membuat satelit ini memang layak untuk diburu.


Namun demikian keinginan untuk melock satelit yang dimaksud tidak sejalan dengan kenyataan. Karena banyak faktor yang harus terpenuhi agar kesuksesan melock satelit dapat dipenuhi, salah satunya adalah beam atau cakupan sinyal yang dipancarkan oleh satelit menjangkau wilayah kita.

Untuk satelit thaicom 8 Ku band terlihat jelas bahwa jangkauan sinyalnya dapat mudah dilock di wilayah sumatera, sementara untuk pulau jawa, kalimantan, sulawesi dan irian jaya sangat kecil kemungkian untuk dapat melock satelit thaicom 8 ku.

Beam Satelit Thaicom 8 Ku Band

Bagi kalangan tracker expert terkadang masalah beam merupakan syarat yang bisa diabaikan, dengan alasan selagi altem mumpuni bisa saja satelit outbeam terlock. Ini terbukti bahwa ada rekan dari wilayah Jawa barat dengan hanya menggunakan dish ex telkomvision/transvision beberapa channel dari satelit thaicom 5 KU yang notebene satelit outbeam di wilayah jawa.

Berbekal informasi diatas, tidak menutup kemungkinan satelit thaicom 8 ku pun dapat di lock di wilayah selain pulau sumatera. Namun demikian di wilayah (kalimantan) kami tidak (belum sempat mencoba tracking) melock satelit thaicom 8 ku band.

Sementara itu bila anda ingin mencoba mendapatkan satelit thaicom 8 ku band, mungkin panduan dibawah ini dapat menambah referensi anda bagaimana cara melock satelit thaicom 8 Ku Band.

  • Pertama-tama buat nama satelit baru (menambahkan satelit thaicom 5).
  • Selanjutnya setting pengaturan LNB ke 9750/10600 (Universal)
  • Lalu masukan frekuensi: 12.500/V/43.200 (Chinasat 11/Ninmedia), 12563/V/30000 (Measat 3B/Transvision), 12287/V/44000 (ABS2/SMV Freesat TV) dan juga frekuensi terkuat thaicom 5 Ku.
  • Untuk Wilayah outbeam disarankan menggunakan dish 6 fet, lanjutkankan dengan memposisikan LNB ku di titik focus antena parabola.
  • Tahap awal tracking silahkan lock terlebih dahulu satelit chinasat 11 pada arah barat, bila terlock silahkan maksimalkan sinyalnya.
  • Bila diyakinkan sudah maksimal, kencangkan baut mounting utama.
  • Lanjutkan menurunkan dish untuk menuju satelit measat 3b yaitu provider transvision (untuk wilayah kalimantan bisa juga menggunakan frekuensi astro), pastikan terlock.
  • Lanjutkan kembali melock frekuensi SMV Freesat TV di satelit ABS2 pada posisi derajat 75 bujur timur. 
  • Bila ditemukan, terakhir adalah melock satelit target, karena derajat satelit thaicom 8 KU berada pada posisi 78.5 bujur timur maka gerakan/naikan dish secara perlahan beberapa centi saja sambil menggoyang-goyangkan arah utara selatannya.
  • Dikarenakan perbedaan derajat yang dekat antara abs2 dan thaicom 8 maka diperlukan kesabaran dan ketenangan dalam menggerakan dish/antena parabola.
  • Terakhir, bila anda berhasil melock tinggal menscan manual saja dari frekuensi target tersebut.
Demikian, semoga dapat membantu anda bagaimana cara mencari satelit outbeam salah satunya satelit thaicom 8 ku band.



1 komentar:

Selamat pagi , mohon info untuk daerah Jakarta ,satelit yg menyiarkan siaran piala dunia paling mudah ditangkap dengan ku band satelit apa ya ? Terima kasih

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.