Cara Tracking Satelit ABS2 Ku Band - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Cara Tracking Satelit ABS2 Ku Band


Satellite ABS2 Providers - Tidak terasa sudah 1 tahun channel-channel dari provider MMP: Mitra Media Perkasa (SMV TV) mengudara melalui satelit ABS2. Proveider yang mengusung tayangan dan layanan siaran lokal dan premium dengan kualitas HD gratis selamanya menggunakan jaringan FTV atau Free To View.

Bersaing dengan provider lainnya seperti Ninmedia, MMP sepertinya cukup diminati pada pengguna ini terlihat masih banyak sekali yang ingin mengetahui channel-channel apa saja yang dapat disaksikan dari provider MMP ini yang penerimaan sinyalnya melalui satelit abs-2. Baca: Inilah Daftar Channel Dari Provider MMP-SMV TV di Satelit ABS-2A.

Cara Tracking Satelit ABS2 Ku Band

Nah bila anda ingin menyaksikan tayangan-tayangan yang ada, satu hal yang harus diketahui adalah dekoder yang digunakan harus menggunakan receiver khusus MMP Raja Ampat.

Selanjutnya receiver tersebut tidak bisa menambah/lock satelit lain karena bukan decoder FTA namun demikian tetap bisa menambah TP.

Mungkin itu sedikit info terkait receiver MMP dan disini kami akan fokus bagaimana cara tracking satelit ABS2 Ku Band. dimana chanel target kita adalah frekuensi dari provider MMP.

Baiklah,... Untuk tracking ke satelit abs2 ku-band peralatan yang diperlukan adalah:
  • LNB Ku Band.
  • Dish Mini (Pay Tv).
  • Kabel Antena parabola & Konektornya.
  • Receiver (Raja Ampat produk dari MMP).
Catatan: Untuk tracking bisa menggunakan receiver MPEG4 yang biasa digunakan.

Yang tak kalah pentingnya juga adalah dikarenakan posisi bujur satelit abs2 berada pada 75 derajat, maka posisi antena/dish akan condong kebarat, sehingga bila didepan ada tembok/benda padat maka kemungkinan akan bisa dapat melock satelit ini akan mustahil didapat. Maka pastikan area barat dimana posisi dish menghadap benar-benar bebas dari segala penghalang.

Cara Tracking Satelit ABS2 Ku Band

Pandauan Cara Tracking Satelit ABS2 Ku Band
Pertama-tama pasang LNB Ku Band dengan posisi konektor ke utara. Selanjutnya pasang kabel dari lnb ke receiver. Untuk mempermudah silahkan masukan frekuensi ninmedia, atau frekuensi astro bila wilayah anda tercover beamnya, jangan lupa masukan juga frekuensi SMV TV (frekuensi target). Silahkan tracking kesatelit tersebut bila sudah terlock maka bisa dipastikan posisi/arah antena sudah benar, silahkan kencang baut leher mounting.

Baca: Cara Mencari Satelit Thaicom 8 KU Band

Selanjutnya posisikan pada frekuensi smv tv dan perlahan turunkan lagi dish ke arah barat, dan biasanya sinyal cukup mudah di lock namun sangat sensitif jadi amati bar sinyal dimonitor.

Bila sinyal dianggap stabil, maka selanjutnya cukup scan otomatis dan tunggu hingga channel terlock dengan sempurna. Dan terakhir kencangkan semua baut yang ada.







3 komentar

gan bisa pake receiver tanaka t22HD jurassic gak gan kalau tracking abs2 ku

bisa bila sekedar tracking..

Kalo receiver gardiner n sky lbs nano tv bisa ga om?

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.