Header Ads

Tracking Satelit Thaicom 5/6 dengan Dish Telkomvision


Sebaran sinyal dari hampir seluruh transponder c band dari satelit thaicom 5/6 mengcover wilayah indonesia dengan menggunakan antena parabola minimal 6 feet.

cara tracking thaicom 5 dengan dish telkomvision

Lock Thaicom 5 C Band Dish Telkomvision

Namun tidak pada penggunaan dish mini khususnya dish telkomvision membutuhkan teknik yang lebih agar channel yang ada didalamnya dapat terlock dengan baik.

Baru saja kami melakukan tracking satelit thaicom 5/6 cband menggunakan antena telkomvision berdiameter 100cm dengan mendapatkan beberapa channel yang memang menjadi target buruan kami yaitu channel PPTV HD.
- CATATAN -
Tidak direkomendasikan menggunakan dish pay tv berdiameter dibawah 100cm, seperti indovision, kvision, top tv dll.
Pencarian satelit thaicom c band ini kami lakukan berbekal dari sudah terpenuhnya altem untuk berburu satelit yang dimaksud. Nah, bagi anda yang ingin mencoba melakukan tracking ke satelit thaicom 5/6 C band menggunakan dish mini dibawah ini altem yang kami gunakan:
  • Dish Telkomvision
  • LNB C Band merk Matrix + Bracket
  • CSR (Conical Scalar Ring) berfungsi sebagai penguat sinyal utama.
  • Receiver Skybox A1 Old, serta
  • DVD Portable sebagai media televisi.
  • LNB KU Band + Bracket (Optimal)

Cara Tracking Satelit Thaicom C Band dengan Dish Telkomvision 
Sekiranya peralatan tracking diatas sudah anda miliki, mungkin untuk melakukan tracking satelit buruan bisa kita lanjutkan. Dan berikut tahap-tahapannya:

Sebelum melakukan tracking ke satelit target, kami terlebih dahulu tracking ke satelit measat 3 KU Band dengan provider Astro Malaysia. Ini bertujuan agar pada saat tracking ke satelit target nantinya tidak terlalu jauh (dish tidak salah arah naik atau turunnya). Kita tahu bahwa satelit measat berada pada posisi 091.5 bujur timur sementara satelit thaicom pada posisi 78.5 bujur timur.

Sebagai informasi saja bahwa untuk melock provider Astro Malaysia di wilayah kami terbilang sangat mudah sekali dengan hanya menggunakan dish mini, sehingga ini cukup membantu dan menjadi panduan arah satelit dalam hal melakukan tracking lainnya.

Untuk wilayah lain silahkan sesuaikan saja semisal wilayah jawa dan sumatera bisa juga lock terlebih dahulu provider garmedia milik kvision di measat 3a atau provider transvision.

Baiklah, silahkan lock terlebih dahulu satelit measat ku band dengan melock frekuensi terkuatnya (12276 V 30000) pastikan setting pada pengaturan receiver sudah benar. Setelah didapat silahkan kencangkan dulu baut mounting utama dan penyangga dan tanda posisi kemiringannya.

Dalam posisi saat ini (measat 3/3a KU Band) lepaskan lnb ku band beserta bracketnya, lalu pasang lnb c band pada bracket berikut corong CSRnya.

Setting kembali pada pengaturan receiver untuk penggunaan lnb c band dan masukan frekuensi terkuat thaicom c band (4080 H 30000).

Sampai disini silahkan tracking kesatelit thaicom cband dengan transponder diatas dengan cara menurunkan dish secara perlahan kira-kira 3-4 cm dengan menggerak-gerakan (menggeser) kekiri-kekanan (utara-selatan). Perhatikan pergerakan bar sinyal, bila belum ditemukan coba ubah kedalam lnb cband. Kedalam lnb yang kami lakukan berada 36-38 namun ini tidak bisa menjadi patokan, semua perlu uji coba lanjutan (trial and error).

Bila sinyal sudah didapat silahkan maksimal sinyalnya dan coba scan frekuensi yang terlock tersebut, pastikan channel yang didapat tidak cekat-cekot dan normal.

Nah, untuk penampakan dish telkomvision untuk satelit thaicom c band pada wilayah kami seperti gambar dibawah ini :

cara tracking thaicom 5 dengan dish telkomvision

thaicom 5 dengan dish indovision

Dengan hasil tracking yang kami lakukan terlock 3 transponder yang berisikan 16 channel.

cara tracking thaicom 5 c band dengan dish pay tv

Dan tracking ini kami anggap telah berhasil, karena channel target utama yang kami buru terlock dengan sempurna yaitu channel PPTV HD dkk dengan sinyal yang cukup normal yaitu 55% pada receiver skybox a1.

cara tracking thaicom 5 c band dengan dish pay tv

Bila anda pemula, mungkin ada akan bingung ada apa sih pada channel pptv hd ini, telah kami jelaskan di artikel kami di: Daftar Frekuensi Dari Channel PPTV SD/HD Terbaru 2019

cara tracking thaicom 5 c band dengan dish pay tv

cara tracking thaicom 5 c band dengan dish pay tv

Demikian, semoga bermanfaat!

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.