Header Ads

Selamat! Akhirnya Satelit 6C Sukses Diluncurkan


Kabar terbaru dari China bahwa pada beberapa hari yang lalu tepatnya kamis 3 Mei 2018 Pusat Peluncuran Satelit Xichang di China barat daya pada pukul 12:06 siang sukses meluncurkan satelit komunikasi Apstar-6C dan berhasil memasukkan pesawat ruang angkasa 5-metrik-ton ke orbit transfer geostasioner.

Dengan menggunakan roket peluncur Long March 3B dari Launch Complex 2, ini merupakan peluncuran yang ketiga belas untuk keseluruhan bagi negara china yang diperkirakan akan melakukan sekitar 17 peluncuran pada tahun 2018.

Frekuensi Terbaru dari Satelit Apstar-6C
Peluncuran Satelit Apstar-6C - Photo Credit: APT Satellite

Apstar-6C bergabung dengan armada empat satelit operasional lainnya milik APT Satellite of Hong Kong, operator Apstar Constellation, yang menyediakan cakupan wilayah Asia-Pasifik dan sekitarnya.

Ini akan menyediakan layanan komunikasi regional dan penyiaran satelit yang meliputi wilayah-wilayah Asia-Pasifik VSAT, distribusi video,  akses internet broadband, DTH dan aplikasi backhaul seluler.

Satelit Apstar-6C menggunakan platform Dong Fang Hong 4 (DFH-4) yang dirancang dan diproduksi oleh China Academy of Space Technology (CAST) dengan misi selama 15 tahun.

Satelit yang dilengkapi dengan total 45 transponder (frekuensi dan simbol rate) operasional yang terdiri dari C-band, Ku-band dan Ka-band, akan diposisikan pada orbit geostasioner Bujur Long degree 134 derajat.

Dan saat ini satelit Apstar 6C sudah berisi sejumlah daftar transponder yang dimigrasi dari satelit Apstar 6, sementara itu di satelit apstar 6 sendiri sudah tidak berisi data transponder lagi.

Untuk mengetahui daftar frekuensi dari satelit apstar 6c terbaru, silahkan rujuk pada tautan ini.

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.