Header Ads

Cara Mudah Melakukan Upgrade Receiver Tanaka T-21 War MPEG2


Cara Upgrade Receiver Mpeg2 - Bila anda pengguna expert didunia flashing firmware tentu artikel kali ini tidaklah terlalu penting, karena cara flashing atau yang biasa dikenal upgrade firmware/software ini telah banyak dibahas di internet.

Cara Mudah Melakukan Upgrade Receiver MPEG2

Terkait hal tersebut, pada waktu yang lalu provider EMtek telah melakukan migrasi transponder lama untuk channel-channel mereka yaitu SCTV, Indosiar dan O Channel ke transponder yang baru. Baca: Daftar Frekuensi Terbaru Dari Provider Emtek Group - SCTV, INDOSIAR, O Channel.

Perubahan transponder yang ada bukan saja bagi pengguna receiver yang telah menggunakan format video MPEG4 namun juga bagi receiver-receiver lebih lama yang hanya/masih mendukung format video MPEG2 saja. Dari sekian receiver-receiver MPEG2 yang ada, tak terkecuali receiver Tanaka T-21 War MPEG2.

Namun perubahan transponder ini menimbulkan masalah tersendiri kepada receiver tersebut, karena entah kenapa setelah data transponder yang baru dimasukan namun sinyal benar-benar tidak tertangkap/terdeteksi. Artikel lengkapnya silahkan baca: Channel SCTV, Indosiar dan O Channel untuk Receiver Tanaka T-21 War Mpeg2.

Tapi tunggu dulu, kini ada kabar baik. Sebenarnya pihak Tanaka telah melakukan update software untuk perbaikan terhadap channel SCTV, Indosiar dan O Channel namun sepertinya tidak/belum dipubilsh secara umum.

Nah disini kami akan memandu anda yang memiliki receiver Tanaka T-21 War MPEG2 yang selama ini masih mengalami tidak bisa me-lock channel sctv, indosiar dan O channel yang dimaksud.

Untuk melakukan upgrade firmware untuk receiver mpeg2 tak terkecuali t-21 war mpeg2 kami menggunakan USB to TTL terlihat pada gambar diatas.  

Baiklah, berikut langkah demi langkah seperti dibawah ini:

  • Mula-mula silahkan download terlebih firmware terbarunya melalui link berikut ini.
  • Selanjutnya silahkan download tool/aplikasi untuk mengupgrade firmware terbaru tersebut melalui halaman download
  • Bila sudah colokkan USB to TTL ke PC/laptop dan yang lainnya ke port RS232 pada receiver. Dengan skema jalur kabel Gn-Gn, Tx-Tr dan Tr-Tx. (lihat pada gambar atas..)
  • Pastikan receiver dalam keadaan Off, lalu jalankan tool WinSTBUpgader pada folder cs5000-upg (hasil ekstrak file cs5000-upg.rar).
  • Maka akan terlihat pada gambar dibawah ini. Pertama-tama pastikan serial port terdeteksi, maka silahkan klik tombol OPEN sehingga tertulis CLOSE.
  • Berikutnya pilih Platform ENSEMBLE-1M (ini karena kapasitas IC = 1Mbiyet atau 8Mbit).
  • Centang opsi Erase All, lalu pilih file firmware hasil download tadi dan lanjutkan dengan mengklik tombol START untuk memulai proses upgrade.

Cara Mudah Melakukan Upgrade Receiver MPEG2

  • Sampai disini kita diminta untuk menghidupkan receiver, silahkan ON kan receiver.

Cara Mudah Melakukan Upgrade Receiver MPEG2
  • Proses upgrade pun berlangsung, tunggu sampai selesai..
Cara Mudah Melakukan Upgrade Receiver MPEG2
  • Terlihat proses upgrade sukses, dan secara otomatis receiver akan restart. Sampai disini silahkan cek channel emtek dengan memasukan  frekuensi dan simbol rate terbarunya. 
Cara Mudah Melakukan Upgrade Receiver MPEG2
  • Dan lihat, proses yang kami lakukan diatas menghasilkan channel SCTV, Indosiar dan O Channel kini telah terlock dengan baik pada receiver tanaka T-21 War Mpeg2. Terlihat pada gambar dibawah ini.
Cara Mudah Melakukan Upgrade Receiver MPEG2

Demikian artikel bagaimana Cara Flash Receiver dengan USB to TTL kami publish agar bisa dijadikan referensi bagi kalangan pemula.

CATATAN:
Karena sama-sama menggunakan chipset yang sama yaitu MONTAGE, maka receiver tanaka t-21 war mpeg2 dapat di upgrade menggunakan firmware Matrix Burger S2 MPEG2 yang tebaru.

PERHATIAN:
Semua akibat yang timbul menjadi tanggung jawab masing-masing.

12 komentar:

  1. cara pasang kabel ke usb to ttlnya ga keliatan gan, apa jual usb to ttl yg sudah dipasang kabelnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisan ada di masing2 perangkat board rx dan usb to ttl. tinggal memposisikannya dengan skema jalur kabel Gn-Gn, Tx-Tr dan Tr-Tx.

      Hapus
  2. semua dah di jalankan yang ada
    upgrade return
    itu apa masalahnya

    BalasHapus
  3. link download stb upgrader nya sudah tidak valid, tolong di perbaiki, saya butuh tool nya, terima kasih

    BalasHapus
  4. download tool nya kq ggl mlulu gan...

    BalasHapus
  5. udah download tool nya tp up gk jln,,ane make win7 32bit,,usb ttl dicopot didevice manager ttp detek,, pdhl pkke toool lain aman" aja,,, apa tool gk cocok dgn windows ane gan?

    BalasHapus
  6. adakah tool lain selain winstbupgrade utk rx tanaka war mpeg2 ini gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada, hanya itu saja yg dishare dari Tanaka.

      Hapus
  7. Ra kenek di downloadddddd

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.