Header Ads

Cara Flash Receiver dengan USB to TTL


Flash atau Upgrade pada receiver via USB to TTL adalah merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki receiver yang terkena mata merah/mode on atau gagal booting.

Untuk menggunakannya pun sebenernya terbilang cukup mudah, asalkan segala kebutuhan peralatan yang diperlukan sudah tersedia berikut software dan drivernya.

Tutorial FLASH Reciever dengan USB to TTL


Walau menggunakan tool USB to TTL yang sama namun dari satu merk receiver dengan receiver lain software yang digunakan biasanya berbeda, ini dikarenakan memang chipset suatu receiver yang berbeda-beda.

Sebagai syarat umum, peralatan yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut:
  • Laptop / PC
  • USB to TTL
  • Driver untuk USB to TTL
  • Sofware Upgrade Tools
  • Firmware receiver

Macam-Macam tool USB to TTL

Banyak sekali usb to ttl di pasaran, namun yang paling umum dan banyak digunakan adalah keluaran PL2303 Prolific terlihat seperti dibawah ini:

USB to TTL PL2303

Selain itu, versi MinProgrammer atau lebih dikenal USB Programmer CH341A juga mengeluarkan usb to ttl nya dengan warna hitam seperti dibawah ini:

USB to TTL CH341a

Untuk yang versi USB Programmer CH341A pun sebenarnya juga bisa digunakan dan dijadikan USB to TTL.

CH341A USB to TTL

Untuk panduan bagaimana mengubah CH341A Programmer menjadi USB to TTL, bisa dibaca artikel kami dengan judul: Cara Mengaktifkan Serial PORT pada USB Programmer CH341A

Driver tool USB to TTL

Karena berbeda versi sudah barang tentu driver yang digunakan pun juga berberda. Untuk versi-versi driver tersebut diatas, dibawah ini kami sertakan link unduh driver usb to ttl:
Password Rar : www.satelitmania.com

Software Upgrade USB to TTL

Untuk mengetahui berbagai software yang digunakan untuk melakukan flash via usb to ttl bisa dilihat pada halaman download pada blog ini.

Firmware/Software Receiver

Dan yang terakhir adalah software atau firmware yang akan digunakan di receiver nantinya haruslah sesuai dengan merk dan serinya. Silahkan unduh pada halaman unduh firmware receiver.

Bila semua alat tempur diatas sudah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah proses flashing. Untuk melakukannya tentu satu receiver dengan receiver lainnya menggunakan prosedur yang berbeda.

Nah sebagai pelengkap dan referensi dibawah ini beberapa artikel bagaimana melakukan flash menggunakan usb to ttl yang pernah kami publish:

Demikian, dengan artikel ini semoga dapat membantu bagi pembaca khususnya yang masih pemula bagaimana cara melakukan flash receiver via usb to ttl.

Dan perlu diperhatikan segala akibat dari mengikuti panduan diatas, resikonya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.