Header Ads

SatFinder: Mengenal jauh Apa itu Satellite Finder


SatFinder (Pencari Satelit) adalah alat (perangkat genggam) yang akan membantu Anda mengatur/tracking parabola. Alat ini akan memberi Anda azimuth, elevasi dan kemiringan LNB untuk lokasi Anda (berdasarkan GPS) dan satelit yang dipilih dari daftar. Hasilnya ditampilkan baik sebagai data numerik dan grafis di peta google. Alat ini juga memiliki kompas yang akan membantu Anda menemukan azimuth satelit yang tepat. Itulah sekilas arti dari apa itu SatFinder.


Seperti yang disebutkan diatas alat ini bekerja dengan mengukur kekuatan sinyal berbagai satelit di orbit geostasioner. Dengan begitu, Anda dapat menyelaraskan antena ke arah yang benar dan mendapatkan sinyal yang kuat untuk penerimaan TV. Ini juga berarti Anda tidak perlu memeriksa kekuatan sinyal di pesawat televisi Anda. Sebagian besar perangkat dilengkapi dengan tampilan LED untuk mengukur kekuatan sinyal maksimum.

Seyogyanya ini sederhana dan nyaman untuk digunakan namun demikian ada dimana kita memang harus didampingi seorang teknisi/tracker parabola dalam penggunaannya.

Jenis-Jenis SatFinder

Ada dua jenis pencari satelit yang tersedia dipasaran, terbagi atas analog dan digital:

Pencari Satelit Analog: adalah perangkat elektronik pasif, yang membutuhkan daya eksternal untuk beroperasi. Daya eksternal ini disediakan oleh penerima satelit. SatFinder jenis ini adalah perangkat yang menerima dan menerjemahkan sinyal radio yang cocok untuk menonton TV melalui udara.

SatFinder analog adalah cara yang ekonomis, tahan lama, dan tradisional untuk menyetel satelit. Tampilan analog mudah dibaca—dipasangkan dengan suara yang dapat didengar.

Beberapa merk/jenis SatFinder Analog seperti Analog RL-TC-0101 , Solid Analogue Sf-45 atau (Sat Finder, Finder) SF-9502.

Pencari Satelit Digital: sebaliknya, adalah perangkat aktif. Tidak seperti analog, SatFinder Digital tidak memerlukan daya eksternal untuk bekerja.

Sebagian besar model dikendalikan oleh mikroprosesor, sehingga dapat diandalkan dan akurat. Kekuatan sinyal secara grafis ditampilkan pada LCD dalam bentuk skala termometer atau dalam angka.

Pencari satelit digital juga dapat menampilkan nada nada pada bel dimana semakin tinggi nadanya, semakin baik sinyalnya.

SatFinder Digital memiliki konektivitas yang sama dengan analog, tetapi harganya lebih mahal. Konektivitasnya melalui konektor RF: satu untuk antena parabola dan satu lagi untuk penerima satelit (IRD).

Beberapa merk/jenis SatFinder Digital seperti SF-95DR (On Leny), V8 Finder (GTMedia), WS 6933 (SatLink), VF6800 (FindSat) dan banyak lagi.

Saat ini bila anda menginginkan alat ini mungkin anda bisa menggunakan melalui ponsel anda (Android/iOS), karena banyak sekali aplikasi SatFinder di playstore yang bisa anda unduh dan install secara gratis dimana fitur-fiturnya sudah sangat lengkap. Dengan begitu ponsel anda sudah beralih dan selayaknya sebagai alat SatFinder.

Artikel terkait: Cara Mudah Tracking Satelit Menggunakan EasyCap di Android

Kesimpulannya, dengan menunggunakan alat SatFinder ini maka pengguna tidak disusahkan lagi harus menggunakan receiver berikut televisi untuk dipindahkan keluar area luar untuk melakukan tracking satelit, cukup dengan menggunakan alat ini maka semua sudah dapat dilakukan.

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.