Header Ads

Telkomsat: Perusahaan Telekomunikasi Berbasis Satelit


Telkomsat adalah anak perusahaan Telkom, penyedia layanan satelit yang ahli dalam memberikan layanan hulu ke hilir yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Frekuensi Transponder Telkomsat

Telkomsat (Telkom Satelit Indonesia) tidak kurang telah memiliki lebih dari 20 produk yang inovatif, bernilai, dan berkualitas guna memenuhi kebutuhan segala segmentasi bisnis di Indonesia.

Saat ini Telkomsat telah mengoperasikan 3 satelit milik Telkom dengan total kapasitas 133 transponder equivalent (TPE) untuk memenuhi kebutuhan transmisi terutama untuk Kawasan kawasan yang tidak terjangkau oleh serat optic.

Salah satunya adalah satelit Telkom Merah Putih, dimana garis orbitnya diatas wilayah sekitar Selat Karimata (selat antara Sumatera dan Kalimantan) adalah untuk memenuhi kebutuhan transponder nasional, serta mengurangi kesenjangan digital (digital divide) di Indonesia.

Dengan satelit ini, Telkom berusaha menghadirkan layanan komunikasi broadband di area-area yang tidak dapat dijangkau oleh teknologi fiber optic maupun sistem komunikasi lainnya, khususnya masyarakat di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

Beberapa produk dari mereka adalah BGAN (Broadband Global Area Network) merupakan layanan internet berbasis satelit yang dapat menghubungkan berbagai jenis perangkat telekomunikasi secara bersamaan. BGAN lebih unggul dibandingkan dengan teknologi telekomunikasi sejenis karena ukurannya yang kecil serta tidak memerlukan instalasi yang rumit.

Adalagi layanan USAT yang merupakan solusi konektivitas yang tepat dan efisien bagi para nelayan dan kapal-kapal kecil di Indonesia. Layanan ini memiliki kecepatan laju data hingga 1 Mbps dan dapat menjangkau perairan Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam bahkan sampai ke wilayah laut Cina Selatan.

Satelit lainnya yaitu Satelit Telkom 3S selain digunakan untuk layanan tv satelit juga digunakan oleh Telkomsat dalam memberikan konektivitas layanan internet diseluruh wilayah Indonesia. Satelit ini hadir untuk memenuhi kebutuhan 300 transponder nasional yang saat ini baru tersedia 132 transponder.

Layanan dengan BIT-RATE lebih tinggi sehingga menghasilkan kualitas komunikasi yang lebih baik. Selain itu kemampuan mentransminikan siaran televisi kualitas tinggi (High-Defenition Television). Layanan komunikasi selular, broadband internet dengan jangkauan yang lebih luas.

Dan baru-baru ini, untuk memenuhi kebutuhan informasi Telkomsat hadir dengan layanan tv satelit dengan berisikan beberapa channel tv nasional dan lokal yang tergabung dengan transponder bernama Telkomsat.

Saat ini saluran-saluran (channel) yang ada telah aktif dan bisa disaksikan dinikmati secara gratis melalui satelit telkom 4 merah putih. Untuk mengetahui lebih detil daftar lengkap dari siaran Telkomsat bisa merujuk ke tautan ini.

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.