Cara Menggunakan DLNA di Receiver Skybox A1 Plus

Skybox A1 Plus merupakan salah satu receiver yang memiliki kaya akan fitur. Salah satu nya adalah fitur DLNA yang berfungsi memudahkan para penggunanya untuk berbagi/sharing konten antara perangkat.

Cara Menggunakan DLNA di Receiver Skybox A1 Plus

Teknologi ini sebenarnya telah banyak digunakan orang-orang dimana begitu banyak konten-konten yang disimpan pada komputer pribadi apakah itu foto, trek musik, atau bahkan file film. Dengan DLNA, Anda dapat secara berkesinambungan mengalirkan/berbagi semua itu keseluruh isi rumah Anda di perangkat lain yang telah terhubung.

Dengan adanya fitur ini di Skybox A1 Plus, maka anda dapat menikmati tayangan baik itu gambar, video ponsel pintar atau komputer/laptop ke televisi melalui fitur DLNA ini.

Menggunakan Fitur DLNA membutuhkan Jaringan

Untuk menjalankan fasilitas ini, hardware DLNA dirancang bekerja pada jaringan rumah apakah itu jaringan kabel LAN atau nirkabel, pun demikian pastikan Wi-Fi Anda harus memiliki bandwidth yang memadai sebelum apa yang ingin Anda lakukan dan sangat direkomendasikan menggunakan opsi 802.11n.

Cara Menyambungkan DLNA Memakai Receiver Skybox A1

Perlu diketahui lebih jauh, bahwa penggunaan jaringan WiFi fungsinya hanya sebatas media transfer data sehingga apakah jaringan wajib terhubung ke internet maka itu tidak keharusan. Namun, yang wajib dilakukan adalah koneksi antara receiver dengan ponsel/android haruslah dalam satu jaringan.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengkoneksikan kejaringan wifi bisa dibaca pada artikel kami dengan judul: Cara Koneksi Internet Receiver Skybox A1-AVS-Plus

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi DLNA pada Getmecom HD009 Super

Selanjutnya, dikarenakan pada artikel kali ini kami menggunakan firmware seindetik yaitu dari Grouhy 6666 Midi HD, maka bila anda masih menggunakan firmware ori alias bawaan skybox silahkan disesuaikan saja.

Namun bila anda ingin mencoba firmware yang kami gunakan, silahkan unduh pada link dibawah:

FIRMWARE RECEIVER SKYBOX A1 (GROUHY 6666 MINI HD)
Nama Firmware
GROUHY 6666 MINI HD 26072019
MD5: 03A422FB36E3DB9F9A19C3FF5FE8636A
Link

CATATAN:
  • Bagi pengguna sebelumnya masih menggunakan firmware bawaan skybox, maka untuk mengupgrade ke versi ini wajib menggunakan cara recovery, untuk teknisnya bisa dibaca artikel kami dengan judul: U-BOOT: Mengatasi Mode On Pada Receiver Skybox A1 AVS+ Plus.
  • Kelebihan firmware ini adalah perbaikan pada channel Sony Ten 1 HD di Satelit 7.

Baiklah, sampai disini kami anggap receiver anda sudah menggunakan firmware diatas dan juga receiver anda sudah terkoneksi kejaringan wifi yang sama dengan jaringan hp/android anda.

Cara Setting dan Menggunakan DLNA di Receiver Skybox A1 Plus

Mula-mula masuk kepengaturan dengan menekan tombol MENU di remote receiver. Lalu pilih menu Online App DLNA



Pada menu DLNA, akan terlihat aplikasi yang didukung untuk diinstall ke android, silahkan pilih salah satu saja, unduh melalui playstore lalu install.



Selanjutnya, tekan OK pada remote untuk mengaktifkan fitur DLNA receiver.



Bila terlihat seperti ini, maka fitur DLNA telah aktif. Selanjutnya silahkan tekan tombol EXIT untuk kembali tayangan depan.



Cara Setting dan Menggunakan DLNA di Android

Silahkan unduh terlebih salah satu aplikasi DLNA yang didukung oleh receiver skybox diatas diatas. Sebagai ujicoba, kami menggunakan aplikasi Tubio.

Setelah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut.. pada tampilan awal, tap DLNA (ikon layar desktop) disudut kanan bawah. Selanjut pilih TV yang aktif, dalam hal ini STB_3F28, lalu tap tombol back.



Pada tampilan awal, tap icon 3 titik vertikal disudut kanan atas lalu pilih sub menu "Play local media file" untuk membuka file gambar atau video yang akan dijalankan. Pilih salah satu file video lalu tap maka video akan dijalankan.



Dan secara otomatis video akan ditampilkan di layar televisi anda.



Selamat mencoba!
- PERHATIAN -
Resiko yang ditimbulkan akibat menggunakan firmware diatas, menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.