Cara Flashing Receiver Hellobox V5 Plus


Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara flashing (upgrade) receiver Hellobox V5 Plus via RS232. Metode ini biasa dilakukan karena receiver gagal upgrade via USB diakibatkan banyak faktor yang salah satunya listrik mati pada saat proses upgrade firmware.

Cara ini sebenarnya susah susah gampang, karena cara ini kita diharuskan memiliki laptop/pc sebagai media untuk proses transpder firmware ke receiver nantinya.

Cara Gampang Flashing Receiver Hellobox V5 Plus

Selain itu diperlukan alat tambahan yaitu berupa kabel RS232 DB9 F/F (Female) untuk PC sementara itu bila menggunakan laptop maka diperlukan lagi tambahan berupa kabel USB to RS232 Male berikut drivernya (biasanya dalam pembelian sudah disertakan CD driver) yang disebabkan dilaptop tidak ada port serial RS232.

Cara Flashing Receiver Hellobox V5 Plus

Tutorial yang kami share ini sebenarnya cukup gampang dilakukan, sepanjang peralatan dan software yang digunakan sudah benar. Karena bila salah penggunaan perangkat saja bisa-bisa proses flashing akan mentok dibeberapa tahap saja.
- Informasi -
Sebagai uji coba kami menggunakan kedua alat tersebut diatas dikarenakan kami menggunakan laptop.
Flashing Receiver Hellobox V5 Plus H.265 HEVC
Baiklah bila sekiranya sudah siap semua silahkan colokkan kabel USB to RS232 pada port yang tersedia dilaptop, lalu buka device manager. Lihat port yang aktif sekiranya belum terdetect dengan sempurna silahkan install terlebih dahulu drivernya.
Seperti dibawah ini device sudah terdeteksi dengan baik dengan mendapat port: COM8.

Cara Flashing Receiver Hellobox V5 Plus

Bila sudah sambungkan kabel RS232 F/F ke kabel USB to RS232 dan yang lainnya ke port pada receiver (pastikan receiver posisi off).

Berikutnya, comot firmware Hellobox V5 Plus dihalaman download, lalu ubah namanya menjadi hellobox_V5_plus.bin dan copy ke flashdisk pada folder utama. Selanjutnya tancapkan flashdisk tersebut ke port USB pada receiver.
- Perhatian -
Pastikan Flashdisk menggunakan format FAT32
Proses berikutnya jalankan aplikasi/tool V5_plus_upg_tool dengan mengeksekusi file WinSTBUpgrader.exe dan tampilannya seperti dibawah ini:

Cara Flashing Receiver Hellobox V5 Plus

Tahap prosesnya adalah :
  • Pilih port yang aktif lalu klik tombol "Open".
  • Pada sub menu "Download" klik pada icon tiga titik horisontal pada baris "Config File".
  • Pilih file config "V5_plus_8M.xml" lalu klik "Open".
  • Lanjut dengan mengklik "Start".
  • Terakhir nyalakan receiver melalui saklar belakang,... dan proses flashing pun berlangsung. Setelah upgrade selesai receiver akan restart otomatis, dan receiver akan kembali normal.
- PERHATIAN -
Resiko yang ditimbulkan akibat menggunakan panduan diatas, menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.
Download:
V5_plus_upg_tool.rar ~ password: www.satelitmania.com