Solusi Sukses Lock Satelit Vinasat 1/2 - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Solusi Sukses Lock Satelit Vinasat 1/2


Perhelatan Piala AFF 2018 tidak lama lagi bergulir, sementara itu empat stasiun televisi sudah dipastikan menjadi pemegang hak siar resmi Piala AFF 2018 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 8 November hingga 15 Desember 2018.

Sementara itu untuk perhelatan piala AFC U-19 2018 lebih dekat lagi waktunya yang hanya beberapa hari lagi.

Solusi Sukses Lock Satelit Vinasat 1/2

Terkait ajang tersebut diatas, salah satu stasiun yang mengambil hak siar tersebut adalah VTV (Vietnam) dan kita tahu bersama saluran group VTV berada pada satelit Vinasat 1.

Nah, mengingat untuk indonesia diambil dan akan disiarkan oleh Grup MNC, kemungkinkan besar tayangan ini akan diacak dan tidak bisa disaksikan menggunakan antena parabola.

Sejalan dengan itu sudah barang tentu channel-channel alternatif gratis adalah pilihan yang mungkin digunakan. Dan salah satunya adalah channel VTV Group yang ada pada satelit vinasat inilah yang (mungkin) bisa dijadikan saluran alternatif nantinya.

Dalam minggu-minggu ini saja topik bahasan terkait channel ini begitu hangat diperbincangkan, dari pertanyaan akan kepastian apakah benar vtv memegang hak siar piala AFF 2018 hingga bagaimana cara melock satelit vinasat 1 hingga channel-channel tersebut dapat terlock dengan sempurna.

Dengan maksud mengetahui kesulitan serta kualitas sinyal yang diterima menggunakan antena solid 6 feed, kami pun melakukan tracking ke satelit vinasat 1 yang sebelumnya antena parabola tersebut berposisi pada satelit telkom 4 yang sempat viral diperbincangkan akhir bulan lalu.

Baca juga: Cara Tracking Dan Lock Satelit Telkom 4

Lalu apa yang perlu diperhatikan agar channel target (siaran VTV group) dapat ditangkap dengan sempurna?. Mengingat masih banyak yang kesulitan melock siaran tersebut, sementara siaran-siaran lainnya yang juga masih dalam satelit vinasat 1 sudah terlock dengan sempurna. Sebagai contoh adalah siaran HTV (HTV 7 dan HTV 9) sangat luber sinyalnya (72%) namun untuk siaran VTV tetap lost sinyal.

Masalah tersebut diatas sempat kami alami, namun setelah kami amati ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar siaran VTV dapat terlock dengan baik.

Cara Mengatasi Tracking Satelit Vinasat 1.
Baiklah kita mulai saja... yang kami lakukan adalah mencoba lock siaran CBS group (CTN, CNC, MyTV) yang ada pada satelit Apstar 6c di 134 derajat bujur timur. Dengan sinyal yang didapatkan 46% ternyata siaran HTV group dapat terlock 72% (namun sinyal loncat-loncat).

Kita tahu bersama siaran HTV group berada pada satelit vinasat 1 di 132 derajat, dan benar saja siaran ini dapat terlock dibeberapa wilayah walau sinyal yang tidak stabil. Ini semua disebabkan jarak satelit vinasat 1 dan apstar 6 hanya berjarak 2 derajat saja.

Dibawah ini gambar antena parabola posisi ke satelit vinasat 1/2 pada 132 derajat bujur timur atau menghadap matahari terbit atau timur.

Solusi Sukses Lock Satelit Vinasat 1/2

Nah bila saja saat ini anda mengalami hal yang sama, maka mungkin cara berikut dapat membantu anda.

Setelah anda sukses melock satelit apstar 6c (CBS group), kencang terlebih dahulu baut mounting utama dan perhatikan bar sinyal pada monitor agar tetap stabil pada siaran tersebut.

Bila sudah, posisikan pada transponder VTV group lalu berikutnya naikkan antena parabola ke barat tidak lebih 2 cm sambil main kemiringan utara selatan dengan mengendurkan mur penyangga (pada tiang penyangga utara-selatan).

Perhatikan dan amati pergerakan bar sinyal yang ada dimonitor. Lihat bila sinyal didapat silahkan kencangkan baut tersebut.

Solusi Sukses Lock Satelit Vinasat 1/2

Kami pun sukses melock siaran VTV group ini dengan sinyal aman yaitu 66%, namun untuk siaran HTV sinyalnya drop dan mesti diperlukan tracking lanjutan.

Solusi Sukses Lock Satelit Vinasat 1/2

Namun dikarenakan kami hanya fokus siaran VTV group, maka tidak melakukan tracking lebih lanjut.

Demikian, tutorial singkat ini. Semoga dapat dijadikan referensi bagi yang masih kesulitan melakukan tracking ke satelit vinasat 1/2 pada siaran VTV Group.


- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.