Satelit Merah Putih; Telkom 4 Siap Menggantikan Telkom 1 - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Satelit Merah Putih; Telkom 4 Siap Menggantikan Telkom 1


Satelit Telkom 4 - Semenjak Satelit Telkom 1 mengalami gangguan anomali, maka sampai saat ini spot yang berada derajat 108 bersama dengan satelit SES7 dan SES9 tersebut belum ada yang menggantikan.

Setelah sukses memindahkan semua frekuensi/transponder dari satelit Telkom 1 ke Satelit Telkom 3s, kini kabar terbaru bahwa satelit telkom 4 siap menggantikan telkom 1 tersebut. Sebelumnya telkom 3s sendiri yang berada pada posisi 118 derajat bujur timur menggantikan satelit telkom 2 yang sebelumnya menggantikan satelit Palapa B4.

Daftar Channel Frekuensi Telkom 4

Pengganti Satelit Telkom 1 untuk Parabola.
Sebelumnya, Lockheed Martin menyatakan bahwa satelit Telkom 1 sudah tidak dapat beroperasional kembali. Hal itu didapatkan setelah investigasi mendalam. Produsen tersebut merekomendasikan proses shut down untuk satelit Telkom 1 dan akan digantikan telkom 4 yang tentunya akan bisa dinikamati pecinta parabola.

Sampai saat ini proses pembuatan satelit baru Telkom masih berlanjut. Direktur Utama Telkom Alex Janangkih Sinaga memperkirakan peluncuran satelit baru Telkom 4 berlangsung di Mei 2018 ini, yang mana pihak Telkom kali ini menunjuk Space System Loral (SSL) sebagai produsen satelit, sementara itu untuk peluncurnya pihak Telkom mempercayakannya kepada SpaceX.

Baca: Inilah Daftar Frekuensi dan Simbol Rate Dari Satelit Telkom 4

Adapun alasan Telkom mengapa memilih perusahaan besutan Elon Musk adalah biaya yang hemat. Hal itu memungkinkan berkat roket Falcon 9 yang bisa terbang berulang kali.

Dari informasi yang kami peroleh bahwa satelit Telkom 4 yang dirancang untuk masa 15 tahun ini nantinya berisikan 60 transponder tidak ada menggunakan frekuensi KU-Band yang kesemuanya beroperasi menggunakan frekuensi C-Band dimana 36 transponder untuk keperluan domestik sementara sisanya 24 transponder akan disewakan dan dipasarkan untuk india.

Satelit telkom 4 ini juga untuk memenuhi kebutuhan internet, maka dengan menggunakan teknologi broadband satelit ini bisa memancarkan aksesnya berkapasitas 2 kali lipat dari satelit pendahulunya.



- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.