Cara Tracking Satelit Apstar 7 KU Band - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Cara Tracking Satelit Apstar 7 KU Band


Topik inilah yang masih dicari-cari para tracker, bagaimana cara tracking satelit apstar 7 Ku Band?. Namun sebelum membahasnya lebih jauh mungkin perlu diketahui terlebih dahulu, ada channel-channel apa sih di satelit apstar 7 Ku Band?

Apstar 7 adalah sebuah satelit komunikasi Tiongkok yang berisikan transponder C Band dan Ku Band, dimana pada transponder KU Band nya terdapat transponder pay tv milik Sky Net dari negara Myanmar. Channel-channel Skynet sangat menarik karena kebanyakan menayangkan channel olahraga seperti sepakbola yang hampir menayangkan semua liga - liga besar.

Cara Tracking Satelit Apstar 7 KU Band

Selanjutnya bila dilihat beam satelit Apstar 7 Ku Band ini sebenarnya outbeam atau tidak masuk jangkauannya untuk wilayah indonesia, namu bisa pastikan masih bisa di tracking untuk beberapa bagian wilayah indonesia diantaranya area Sumatera, Kalimantan dan Jawa Barat. Namun sampai saat ini kami belum bisa melock satelit apstar 7 ku band ini dengan alasan posisi arah satelit yang terlindung gunung.

Beam satelit Apstar 7 (Sky Net) Ku Band
Beam satelit apstar 7 ku band

Nah bila anda berada pada area yang kami sebutkan diatas, tidak salahnya mencoba tracking satelit apstar 7 ku band ini dengan altem mumpuni. Di wilayah Sumatera dengan menggunakan bekas dish pay tv maka satelit ini masih bisa dilock dengan mudah, namun untuk wilayah lain alangkah baiknya menggunakan antena parabola minimal 6 feet.

Baiklah, untuk memulainya silahkan masukan terlebih dahulu frekuensi terkuat satelit apstar 7 ku band yaitu 11052 V 30000. Selanjutnya setting frekuensi LNB ke Universal atau 9750/10600 (LNB Ku Band), 22K ON/auto.

Baca: Cara Tracking Satelit Apstar 7 C Band

Tahap berikutnya silahkan arahkan antena parabola menghadap ke barat pada posisi 76.5° bujur timur. Untuk mempermudah pencarian silahkan tracking terlebih dahulu channel-channel dari provider Transvision (12563 V 30000) atau bila wilayah anda masih masuk beam measat ku band (Astro) alangkah baiknya coba lock dulu satelit ini dengan memasukan frekuensi secara manual (12276 V 30000) yang berada pada posisi 91.5° bujur timur.

Bila sudah diketemukan sinyalnya, maka langsung tracking ke satelit target dengan menurunkan sedikit demi sedikit secara perlahan sampai dapat signalnya.

Perlu kesabaran tingkat tinggi untuk mencari satelit outbeam, jadi jika belum didapat coba naik turunkan antena dengan mengkombinasikan dengan miringkan sedikit ke utara atau keselatan. Selanjutnya cara yang perlu dilakukan adalah menaik atau menurunkan posisi lnb pada antena parabola.

Bila tracking berhasil menemukan sinyal, tinggal scan saja frekuensi yang dimasukan secara manual tadi atau bisa juga blind scan.


- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.