Header Ads

Cara Flashing Receiver Getmecom Super Plus


Artikel kali ini berupa panduan bagaimana cara flashing receiver Getmecom HD009 Super Plus yang terkena Mode On. Keistimewaan receiver ini adalah port rs232 nya masih menggunakan DB9 atau 9 pin dibagian panel belakang receiver.

Cara Flashing Receiver Getmecom Super Plus

Sementara itu dimasa sekarang ini sudah hampir tidak ada atau jarang sekali ditemukan port ini terkecuali yang masih menggunakan pc/komputer keluaran lama dimana masih menyediakan port rs232 (db9).

Macam-Macam Kabel Tool RS232


Untuk itu bila anda menggunakan laptop sebagai media flashing maka dibutuhkan tool tambahan yaitu Converter TTL to RS232 (DB9) terlihat seperti gambar dibawah ini:

USB to TTL RS232 DB9 Board converter

Selain itu bisa juga menggunakan tool seperti USB to RS-232 Female Serial Adapter :

USB to RS232 Female DB9 Adapter

Bagi anda yang menggunakan komputer / PC lama yang masih ada socket port rs232 nya cukup gunakan kabel rs232 female to female DB9 seperti gambar dibawah ini.

RS232 Female to Female DB9

Kabel-kabel diatas saat ini cukup gampang ditemui di toko-toko online seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya.

Sampai disini kami anggap semua sudah cukup dipahami dan anda telah memiliki salah satu kabel yang kami sebutkan diatas.

Bila sudah silahkan colokkan kabel RS232 pada port yang tersedia dipanel bagian belakang receiver, lalu yang lainnya ke port pc atau laptop.

Pastikan device terdetek dengan baik dan perhatikan serial port yang aktif.

Jalankan aplikasi toolnya, bila belum punya silahkan unduh dihalaman download pada blog ini dan cari toolnya dengan nama GXDownloader boot V1.0.3.2. Untuk firmwarenya bisa diunduh halaman download firmware getmecom.

Pilih Chip Type dan Boot File seperti gambar dibawah ini. Sementara itu yang lainnya sesuaikan dengan perangkat masing-masing.

Cara Flashing Receiver Getmecom Super Plus GX6622

Bila sudah klik tombol Start, terlihat serial port terdeteksi pada COM4. Silahkan matikan receiver lalu hidupkan kembali.

Cara Flashing Receiver Getmecom Super Plus GX6622

Maka proses flashing segera berlangsung. Dan tunggu sampai selesai..

Cara Flashing Receiver Getmecom Super Plus GX6622

Tekan OK pada jendela Completed, selanjutnya silahkan restart kembali receiver dan semestinya receiver akan hidup normal kembali.

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.