Cara Memperbaiki Receiver Parabola Mati Total - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Cara Memperbaiki Receiver Parabola Mati Total


Permasalahan receiver mati total saat ini masih momok yang menakutkan sebagian penggunanya. Sementara itu kenapa receiver menjadi mati total sebenarnya banyak sekali penyebabnya.

Mati total (matot) terhadap receiver bisa ditandai dengan tidak adanya display (lampu indikator) atau dioda led yang menyala. Secara umum kerusakan semacam ini biasa terdapat pada rangkaian power mulai dari regulator sampai ke rangkaian sekundernya lain seperti halnya ic eeprom.

Cara Memperbaiki Receiver Mati Total

Nah.. pada artikel kali ini kami sedikit mengulas bagaimana cara memperbaiki receiver mati total.

Cek Kabel AC dan Saklar
Kabel AC dan saklar ini sangat penting fungsinya, karena tanpa barang ini maka arus listrik tidak akan bergerak ke reciever, salah satu receiver parabola atau digital mati total adalah kabel AC pada reciever tersebut rusak atau kabel didalamnya putus.

Cara Memperbaiki Receiver Mati Total

Yang mengakibatkan komponen ini rusak bisa saja karena faktor tersambar petir atau juga faktor umur sehingga mengakibatkan kabel tersebut tidak bisa digunakan lagi. Untuk memastikan kabel tersebut masih bisa digunakan atau tidak cukup cek dengan menggunakan multi tester.

Cek Regulator PSU
Hal yang selanjutnya perlu diperiksa adalah regulator atau power supply. Receiver mati total sering terjadi akibat power supply yang rusak, biasanya ada komponen-komponen yang terbakar sehingga arus yang keluar tidak ada.

Cara Memperbaiki Receiver Mati Total

Cara memperbaiki power supply receiver parabola
Kerusakan tersebut biasanya ditandai dengan adanya elco yang gembung atau ic pada papan tersebut short bahkan ada yang terbakar sampai pecah. Kita bisa saja mengganti komponen-komponen tersebut dengan mengganti yang baru, namun dikarenakan Regulator PSU (Power Supply) yang relatif murah kirasan 25 ribu - 35 ribuan kami rasa cukup ganti yang baru saja.

Bahkan menggunakan reguator multi pun bisa sepanjang kita mengetahui jalur voltase ground, 3,3Volt, 15Volt dan 22Volt yang tertera di receiver dan di regulatornya.

Cek MPEG (Motherboard)
Secara tindak lanjutan adalah cek mpeg receiver, secara specifik yang umum sekali kenapa receiver mati total adalah ic eeprom yang jebol sehingga receiver tidak bisa on dengan normal.

Cara Memperbaiki Receiver Mati Total

Penyebab dari ic eeprom jebol sehingga receiver mati total yang sering terjadi adalah salah atau gagal upgrade sw/firmware. Ya inilah penyebab umum yang sering kami temui.

Maka bila ini terjadi jalan terakhirnya adalah dengan mengganti ic eeprom yang baru dengan ukuran yang sama (optimal). Namun untuk menggantinya perlu keahlian lebih bagaimana melepas dan memasangnya kembali.

Baca: Cara Melepas dan Memasang IC Eeprom Receiver Parabola

Karena proses ini adalah proses mengganti ic eeprom baru, maka diperlukan mengisi (flash) ic eeprom tersebut dengan firmware receiver yang rusak dimaksud. Adapun cara yang ampuh menurut kami adalah dengan menggunakan tool usb programmer ch341a.

Artikel terkait:

Demikian ulasan dari beberapa kerusakan yang terjadi pada receiver digital parabola. Semoga bermanfaat.


2 komentar

bos...rx saya mati total setelah dicek ternyata ada elco yg melendug lalu saya ganti, setelah itu bisa nyala hanya saja setelah booting tidak ada tampilan siaranya dan di tv keluarnya tidak ada sinyal. kira-kira ada yang rusak lagi kah?
terima kasih

sudah dicoba untuk scan ulang?

- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.