Apa itu Softcam.Key? dan Bagaimana Cara Menggunakannya? - SATELIT MANIA - Blog Satelit Parabola Indonesia

Apa itu Softcam.Key? dan Bagaimana Cara Menggunakannya?


Softcam (juga dikenal sebagai cam atau emulator (emu)), perangkat lunak yang digunakan untuk mendekripsi saluran televisi digital pada settopbox (receiver) sebagai modul pengganti untuk melakukan akses bersyarat (CAM).

Macam dan jenis dari softcam banyak sekali, bila kita sering mengenal dengan tiket fly (terbang) maka softcam yang digunakan adalah CCCam, Newcam, mGCamd, OSCam dan banyak lagi, dan untuk yang paling sederhana adalah berupa file softcam.key.

Apa itu Softcam.Key? dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Nah pada pembahasan kali ini kita fokus dengan softcam.key saja, karena cara ini yang paling umum dan gratis yang bisa dilakukan oleh pengguna. Sebab dengan cukup memasukan/input kode tertentu yang dihasilkan dari emulator maka tayangan yang di enscrypt akan bisa tayang.

Sejalan perkembangan teknologi, saat ini hampir semua receiver yang mendukung fitur untuk menambah kode dekripsi saluran televisi dengan bermacam jenis nama enskripsinya.

Baca: Inilah Macam-Macam Jenis Acakan Receiver Parabola

Beberapa nama enskripsi atau jenis acakan yang mampu dibuka dengan hanya memasukan kode adalah kode bisskey, powervu atau tandberg. Bahkan diantara kode acakan tersebut ada yang mampu mengupdate kode key secara otomatis bila kode enskripsi dari server berubah sehingga kita sebagai pengguna tidak perlu mengedit key secara manual.

Selain melakukan secara manual dengan menginput langsung ke perangkat (receiver), kode/key pun dapat di masukan dengan cara mengimport file softcam.key yang mana file tersebut berisikan sejumlah kode dari beberapa tayangan yang cukup banyak serta dapat diedit/ditambah dengan bantuan tool notepad.

Apa itu Softcam.Key? dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Cara Import Softcam.Key ke Receiver
Untuk melakukan import file softcam.key ke receiver pada dasarnya sama antar receiver yang sudah mensupportnya yaitu cukup taruh file softcam.key ke flash disk lalu colokkan ke port USB di panel depan/belakang receiver.

Lalu selanjutnya lakukan perintah import file tersebut sesuai petunjuk di menu receiver, sebagai contoh bisa disimak pada artikel kami dengan judul: Cara Import - Export Softcam.key Via Flashdisk di Skybox A1

Download Softcam Key
Untuk mencobanya, silahkan unduh file softcam.key terbaru melalui halaman download pada blog ini.



- Harap berkomentar sesuai dengan topik dari judul artikel.
- Tidak diperkenankan berkomentar memberikan link aktif karena dianggap SPAM.
- Dilarang keras berkomentar dengan menggunakan huruf (font) KAPITAL semua.