Header Ads

Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6


Tracking Measat 3 dan Thaicom 5/6 Bersamaan - Sobat Satelit Mania kembali lagi kami berbagi pengalaman yang baru kami lakukan, yaitu bagaimana cara menggabungkan satelit Measat 3/3a dengan satelit Thaicom 5/6. Bagi anda yang bergelut didunia tracking parabola, bisa saja kedua satelit tersebut adalah merupakan satelit favorit anda. Ini dikarenakan satelit-satelit tersebut didalamnya cukup banyak berisikan channel-channel premium berkualitas HD.

Sebut saja pada satelit Measat 3/3a adalah channel AXN HD, Hits HD, History HD, Lifetime HD, BBC CbeeBies HD dan banyak lagi. Sementara itu untuk satelit Thaicom kenapa jadi buruan para tracker adalah banyak sekali channel-channel dari negara Thailand ini yang menayangkan liga sepak bola dunia (Liga Champions, Liga Inggris, LaLiga, Bundes Liga) diantaranya saluran PPTV HD, BBTV HD, CH7 HD, MCOT HD. atau Amarin TV HD. Dan semua itu cukup menggunakan LNB jenis C Band saja.

Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6

Naah, bagi anda yang ingin mencoba menggabungkan satelit measat 3/3a dengan satelit thaicom 5/6, maka hanya dengan menggunakan antena parabola 6 feet semua itu dapat dilakukan.

Baiklah, tahap awal yang dipersiapkan ada proses modif bracket untuk mengatur jarak dari kedua LNB tersebut. Hasil modif yang kami lakukan terlihat seperti dibawah ini, dimana kami memotong bracket sedemikian rupa dengan menambahkan plat siku L panjang kisaran 15cm dengan tujuan nantinya bisa mengatur jarak LNB dengan mudah.

Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6

Bila sudah, pasang bracket LNB hasil modif tadi ketiang antena parabola. Pada wilayah kami di kaltim bagian utara jarak LNB dari bibir bracket kurang lebih 11cm an. Posisikan satelit measat 3 sebagai fokus dan thaicom sebagai offset.

Bila dilihat gambar dibawah, kami mengangkat/menaikan bracket lnb untuk satelit thaicom sehingga bila diamati secara seksama maka kedua LNB tersebut tidak sejajar dengan antena parabola.

Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6

Sebagai catatan tambahan, LNB sebelah kiri adalah untuk satelit Measat 3/3a dan sebelah kanan untuk satelit thaicom 5/6.

Disini kami langsung menggunakan kabel jumper ke LNB tersebut menggunakan DiSEQc 4x1 dan langsung mensettingnya pada menu receiver. (kami tidak membahas bagaimana cara mensetting DiSEQc, silahkan cari tutorialnya pada blog ini).

Artikel terkait: Cara Mencari dan Menangkap Siaran TV Malaysia

Untuk proses trackingnya, cari terlebih dahulu channel yang luber pada satelit measat yaitu channel UNTV dan lock hingga sinyal maksimal.

Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6

Bila sudah, selanjutnya pastikan channel BBC CBeeBies HD terlock dengan aman.

Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6

Maka, bisa dipastikan channel-channel HD lainnya pun akan terlock juga diantaranya adalah channel AXN HD.


Cara Menambah Satelit Thaicom 5 di Parabola
Selanjutnya tambah nama satelit baru (thaicom 5) dan langsung masukan frekuensi dari channel BBTV CH7 HD secara manual dan lihat apakah frekuensi tersebut langsung terlock. Bila ya, pastikan sinyalnya semaksimal mungkin. Bila tidak maka anda harus menggeser jarak LNBnya atau bisa juga menaikan posisi LNB thaicom tersebut. Sudah barang tentu anda harus memiringkan antena parabolanya, untuk itu tandai terlebih dahulu posisi dimana satelit measat 3a tadi terlock.

Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6

Dan, channel PPTV HD pun terlock juga walaupun sinyal seadanya namun masih aman tanpa cekot-cekot.


Demikian, tutorial singkat ini tentang Cara Menggabungkan Satelit Measat 3/3a Dengan Thaicom 5/6. Bila masih ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan pesan melalui kotak komentar dibawah.

8 komentar:

  1. kaltimnya dimana, Gan?

    BalasHapus
  2. kalau pakai dis kecil bisa gak? trus pakai lnb
    KU band ?

    BalasHapus
  3. Jaring 7.5 feet sama kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, tentu jaraknya lnb berbeda..

      Hapus
  4. Klo deket mending di panggil aja tau beres.
    Karena saya ga ngerti klo urusan lnb

    BalasHapus
  5. gan kalau jarak measat ke asiasat5 berapa cm dish solid 6 feet 180 cm

    BalasHapus
  6. Kaltim signal measat3 emang lebih luber makanya bisa dapet cbeebies
    Cuma pake dish 6ft.

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.