Header Ads

Cara Tracking Satelit Koreasat 5


Satelit Mania kali ini update artikel singkat tentang bagaimana cara tracking agar bisa melock satelit Koreasat 5 pada posisi 113.0°E (bujur timur). Dimana satelit ini sampai saat ini hanya diisi transpoder dengan menggunakan LNB jenis KU Band dan tidak ada C band.

Tidak terlalu menarik channel-channel yang ada didalamnya, namun sebagian tracker masih ada yang berusaha untuk melock satelit yang satu ini karena didalamnya ada satu siaran koreasat 5 yang channel-channelnya bisa dijadikan saluran favorit, terkhusus adalah channel sports dan movienya yaitu transponder dari provider American Forces Network (AFN).

AFN: Cara Tracking Satelit Koreasat 5

Adapun saluran dari provider ini diisi channel-channel seperti AFN Sports Japan, AFN Prime Atlantic, AFN Spectrum, AFN Prime Japan, AFN News, AFN Sport2, AFN Guide, AFN Family, AFN Movie, AFN Sport MPEG4/HD, AFN Sport Korea dan AFN Prime Korea.

Artikel terkait: Satelit Koreasat 5A Pengganti Satelit Koreasat 5

Nah bagi anda yang berkeinginan melakukan tracking ke satelit koreasat 5 maka yang perlu diperhatikan wilayah dimana posisi anda berada. Sekedar diketahui bahwa satelit koreasat 5 ini outbeam untuk wilayah indonesia, namun masih bisa dijangkau untuk wilayah sulawesi dan Kalimantan bagian utara. Silahkan amati koreasat 5 beam dibawah ini:

Beam: Cara Tracking Satelit Koreasat 5

Nah, bagi anda yang tidak berada pada wilayah yang kami sebutkan diatas rasanya sangat susah untuk melock satelit ini bila alat tracking tidak mumpuni. Dan kebetulan wilayah kami berada di Kalimantan dibagian utara memungkinkan dapat melock satelit koreasat 5, dan benar saja kami pun sukses melock satelit koreasat 5 dengan sinyal seadanya, namun saluran dapat disaksikan tanpa cekat cekot.

Arah Satelit Koreasat 5
Untuk melakukan tracking ke satelit koreasat 5, kami menggunakan dish ex telkomvision dengan LNB KU Band dengan merk Tanaka dual output. Adapun posisi/arah dish bisa menghadap ke timur ataupun kebarat, namun dari hasil tracking yang kami lakukan hasilnya adalah arah barat yang memberikan sinyal cukup baik dan stabil.

Cara Tracking dan Lock Satelit Koreasat 5
Baiklah untuk memulainya dan mempermudah tracking ke satelit koreasat 5 silahkan masukan transponder Orange TV yang berada pada satelit palapa d. Kita ketahui bersama bahwa satelit koreasat 5 dan palapa d sama-sama menempati orbitnya pada posisi 113 derajat bujur timur dan sementara itu saluran orange tv adalah satu-satunya transponder yang menggunakan lnb ku band pada satelit palapa d tersebut. Baca: Daftar Channel Satelit Palapa D KU Band untuk mengetahui transponder (frekuensi dan simbol rate) dari provider orange tv.

Artikel terkait: Daftar Nama Satelit Lengkap dari Timur sampai Barat

Setelah itu silahkan langsung tracking ke frekuensi orange tv tersebut dan maksimalkan sinyalnya. Setelah dipastikan sinyal sudah maksimal silahkan kencangkan semua baut mounting utama beserta baut penyangga timur baratnya.

Baca juga: Cara Mencari Sinyal/Siaran Orange TV Yang Hilang

Selanjutnya silahkan masukkan transponder target yaitu frekuensi dari AFN. Baca: American Forces Network : Daftar Frekuensi dari Channel AFN Group di Satelit Koreasat 5 untuk mengetahui data transpondernya. Sampai disini frekuensi ini tidak serta merta terlock, perlu melakukan tracking lanjutan dengan cara memutar-mutar dish secara horisontal secara perlahan hingga ada pergerakkan kualitas sinyal (info menu) pada layar monitor. Selanjutnya anda juga perlu melakukan/mengubah-ubah posisi LNB baik itu jarak ke dish maupun memutar-mutar lnb sehingga titik fokus lnb tidak mutlak pada posisi O.

Channel di Satelit Koreasat 5 KU

Perlu kesabaran memang untuk melakukan tracking satelit yang berada diluar jangkauan beam (outbeam). Bila anda memiliki alat Conical Scalar Ring (CSR), maka alat ini bisa anda gunakan dengan maksud Perkuat Sinyal Parabola. Baca: Perkuat Sinyal Parabola dengan Menggunakan Conical Scalar Ring

Demikian info singkat bagaimana cara tracking ke satelit Koreasat 5 KU Band.

9 komentar:

  1. Sy sdh lock koreasat 5 nya, unt buka acakan pvu siaran afn admin pake rx merk apa? Sy lock pake rx getmecom hd5 tdk k buka.tks infonya salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake skybox a1, namun saat ini kami tidak mengarahkan antena ke koreasat 5 karena minim sekali sinyal untuk diwilayh kami.

      btw, anda tkp mana?

      Hapus
    2. Sy posisi lock di Manado sq 80-81 pake ex dish transvision sy baca blog ini n cb track n berhasil kendala sy rx sy gak buka pvu afn

      Hapus
    3. Brp hargA rx nya d admin Ada jualkah? Thnxs a lot infox salam

      Hapus
    4. Sorry admin mau Tanya rx getmcom hd5 sy terbaca powervu verimatrix acakan AFN..apa Ada beda dgn pvu yg Ada d dlm rx getmecom hd5.tks infonya. Salam

      Hapus
    5. Ya wilayah sulawesi memang masih kecipratan sinyal jadi dengn menggunakan dish pay tv pun masih mampu melock..

      Maaf, saat ini kami belum terlock lagi diwilyah kaltim dan benar acakannya menggunakan powervu verimatrix, namun kabarnya menggunakan beberapa receiver dgn update sw terbaru bisa membuka siaran tersebut.

      Terakhir.. sampai saat ini kami tidak berjualan online silahkan beli di onlineshope (marketplace) seperti tokopedia, Bukalapak dan sejenisnya.

      Hapus
    6. Slmt siang, mhn infox unt rx skybox a1 yg buka acakan afn pvu ku band ini admin pake rx yg spek apa? Apa yg ada tulisan d dpn rx avs+, H265? Sorry sy tkt slh beli. thanks infox. Salam

      Hapus
    7. Bro ucok napitupulu saya sarankan pakai tanaka t22 saja tp klo mau skybox sy jg ada hrg 200rb. Manado

      Hapus
  2. susah sekali lok koreasat di kal bar dg dis solid 9 feed saja luar biasa sulit ,,,kcuali kalbar paling ujung seperti sambas dan sekitar nya bisa lok koreasat walaupun minim,,,kalau tkp saya di mempawah berada ditengah saya pakai 9 feed solid koreasat sangat sulit di lok apalagi chanel sport nya

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.