Cara Tracking Satelit Koreasat 5


Satelit Mania kali ini update artikel singkat tentang bagaimana cara tracking agar bisa melock satelit Koreasat 5 pada posisi 113.0°E (bujur timur). Dimana satelit ini sampai saat ini hanya diisi transpoder dengan menggunakan LNB jenis KU Band dan tidak ada C band.

Tidak terlalu menarik channel-channel yang ada didalamnya, namun sebagian tracker masih ada yang berusaha untuk melock satelit yang satu ini karena didalamnya ada satu siaran koreasat 5 yang channel-channelnya bisa dijadikan saluran favorit, terkhusus adalah channel sports dan movienya yaitu transponder dari provider American Forces Network (AFN).

AFN: Cara Tracking Satelit Koreasat 5

Adapun saluran dari provider ini diisi channel-channel seperti AFN Sports Japan, AFN Prime Atlantic, AFN Spectrum, AFN Prime Japan, AFN News, AFN Sport2, AFN Guide, AFN Family, AFN Movie, AFN Sport MPEG4/HD, AFN Sport Korea dan AFN Prime Korea.

Nah bagi anda yang berkeinginan melakukan tracking ke satelit koreasat 5 maka yang perlu diperhatikan wilayah dimana posisi anda berada. Sekedar diketahui bahwa satelit koreasat 5 ini outbeam untuk wilayah indonesia, namun masih bisa dijangkau untuk wilayah sulawesi dan Kalimantan bagian utara. Silahkan amati koreasat 5 beam dibawah ini:

Beam: Cara Tracking Satelit Koreasat 5

Nah, bagi anda yang tidak berada pada wilayah yang kami sebutkan diatas rasanya sangat susah untuk melock satelit ini bila alat tracking tidak mumpuni. Dan kebetulan wilayah kami berada di Kalimantan dibagian utara memungkinkan dapat melock satelit koreasat 5, dan benar saja kami pun sukses melock satelit koreasat 5 dengan sinyal seadanya, namun saluran dapat disaksikan tanpa cekat cekot.

Arah Satelit Koreasat 5
Untuk melakukan tracking ke satelit koreasat 5, kami menggunakan dish ex telkomvision dengan LNB KU Band dengan merk Tanaka dual output. Adapun posisi/arah dish bisa menghadap ke timur ataupun kebarat, namun dari hasil tracking yang kami lakukan hasilnya adalah arah barat yang memberikan sinyal cukup baik dan stabil.

Cara Tracking dan Lock Satelit Koreasat 5
Baiklah untuk memulainya dan mempermudah tracking ke satelit koreasat 5 silahkan masukan transponder Orange TV yang berada pada satelit palapa d. Kita ketahui bersama bahwa satelit koreasat 5 dan palapa d sama-sama menempati orbitnya pada posisi 113 derajat bujur timur dan sementara itu saluran orange tv adalah satu-satunya transponder yang menggunakan lnb ku band pada satelit palapa d tersebut. Baca: Daftar Channel Satelit Palapa D KU Band untuk mengetahui transponder (frekuensi dan simbol rate) dari provider orange tv.

Artikel terkait: Daftar Nama Satelit Lengkap dari Timur sampai Barat

Setelah itu silahkan langsung tracking ke frekuensi orange tv tersebut dan maksimalkan sinyalnya. Setelah dipastikan sinyal sudah maksimal silahkan kencangkan semua baut mounting utama beserta baut penyangga timur baratnya.

Selanjutnya silahkan masukkan transponder target yaitu frekuensi dari AFN. Baca: American Forces Network : Daftar Frekuensi dari Channel AFN Group di Satelit Koreasat 5 untuk mengetahui data transpondernya. Sampai disini frekuensi ini tidak serta merta terlock, perlu melakukan tracking lanjutan dengan cara memutar-mutar dish secara horisontal secara perlahan hingga ada pergerakkan kualitas sinyal (info menu) pada layar monitor. Selanjutnya anda juga perlu melakukan/mengubah-ubah posisi LNB baik itu jarak ke dish maupun memutar-mutar lnb sehingga titik fokus lnb tidak mutlak pada posisi O.

Channel di Satelit Koreasat 5 KU

Perlu kesabaran memang untuk melakukan tracking satelit yang berada diluar jangkauan beam (outbeam). Bila anda memiliki alat Conical Scalar Ring (CSR), maka alat ini bisa anda gunakan dengan maksud Perkuat Sinyal Parabola. Baca: Perkuat Sinyal Parabola dengan Menggunakan Conical Scalar Ring

Demikian info singkat bagaimana cara tracking ke satelit Koreasat 5 KU Band.


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.