Header Ads

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver Bagi Pemula


Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver - Sobat satelit mania, kali ini kami sengaja membahas artikel terkait bagaimana cara mudah melakukan upgrade firmware receiver bagi pengguna pemula. Bagi anda pengguna expert alias ahli pada bidang receiver dan parabola tentuanya panduan-panduan tidak terlalu diperlukan, karena hanya melihat menu-menu yang ada didalamnya sudah barang tentu anda langsung bisa mengoperasikan atau melakukan upgrade firmware rx / receiver dengan mudah.

Sesuai judul diatas, maka cara atau panduan pada artikel kali ini khusus di tujukan bagi anda yang benar-benar pemula dalam mengoperasikan receiver terkait menu-menu yang ada di dalam receiver. Selain itu artikel ini untuk membantu dan menjawab pertanyaan yang di ajukan di forum-forum komunitas satelit dan parabola khususnya forum atau group yang ada di facebook.

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver Bagi Pemula

Panduan yang kami berikan cukup singkat namun kami kira cukup mudah untuk dipahami, namun demikian bila sekiranya masih terdapat hambatan dalam proses upgrade mari kita diskusikan pada kotak komentar.

Pentingnya Upgrade Firmware Receiver.
Seperti halnya dengan perangkat-perangkat lain, receiver pun perlu / di butuhkan upgrade firmware. Tentunya dengan melakukan upgrade firmware, biasanya akan ditambahkan fasilitas, menu terbaru. Selain itu pula dengan firmware terbaru juga memberikan perbaikan-perbaikan terhadap (bug) firmware yang lama.

Artikel terkait : Cara Web Server di Skybox V8 Combo

Panduan Upgrade Firmware Receiver.
Cara upgrade firmware kali ini kami lakukan dengan menggunakan receiver skybox V8 Combo. Karena fitur-fitur yang hampir sama dengan kebanyakan receiver saat ini, maka cara-cara ini juga bisa/sama persis bagaimana melakukan upgrade firmware nantinya. Sebut saja merk Getmecom, Skybox, LGSat, Kaonsat dengan varian dan serinya secara umum sama bagaimana cara melakukan proses upgrade firmware.

Baiklah, sebelum melakukan proses upgrade yang perlu diperhatikan dalam proses upgrade firmware adalah :
  1. Pastikan file firmware terbaru tidak korup/corrupt.
  2. Dalam proses upgrade usahakan menggunakan UPS atau sejenis, ini supaya yang jika terjadi mati lampu pada proses upgrade dimana tidak menggunakan UPS maka receiver akan rusak (atau dalam dunia receiver = mati suri) karena gagal upgrade yang dipastikan tidak bisa digunakan lagi. 
CATATAN :
Segala akibat yang timbul dari proses upgrade firmware receiver semuanya menjadi tanggung jawab masing-masing.

Baiklah, kami anggap anda sudah paham persyaratan dan pernyataan diatas. Untuk itu mari kita lanjut dengan proses upgrade firmware receiver dengan tahapan-tahapan berikut ini :

# Tahap 1 :
Nyalakan receiver dan televisi anda. Persiapkan firmware terbaru yang sudah anda unduh lalu copykan kedalam flashdisk (file berupa format .bin), dan paste kan ke root FD saja jangan di copy ke dalam folder cukup di luar saja.

#Tahap 2 :
Colok flashdisk ke port USB pada receiver baik itu pada panel depan atau belakang. Sampai muncul perangkat terdeteksi seperti gambar dibawah ini "USB storage connected".

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver

#Tahap 3 :
Tekan tombol MENU pada remot, lalu arahkan ke menu "Tools". Lanjutkan memilih opsi "USB Upgrade"

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver

#Tahap 4 :
Tentukan Upgrade Mode, disini kami memilih opsi "Maincode" karena hanya menguprade (mengubah) firmware versi utamanya saja, dengan kata lain tidak mengubah/menghabus daftar channel yang ada pada saat ini.

Pada opsi Upgrade File, silahkan pilih nama file firmware terbaru yang kan di gunakan untuk proses ini. File berupa file bin, sebagai contoh dibawah ini file bernama : flash_V8Combo.bin.

Bila sudah yakin, silahkan tekan opsi "Start" untuk memulai proses upgrade.

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver

#Langkah 5 :
Proses verifikasi file dilakukan dalam beberapa saat, bila tidak ada masalah maka akan tampil jendela popup permintaan persetujuan proses upgrade firmware yang bertuliskan "Are you sure to burn flash?", Pilih "Yes" untuk melanjutkan dan "No" untuk membatalkan.

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver

#Langkah 6 :
Langkah berikut ini anda lakukan bila langkah sebelumnya ada memilih opsi "Yes" untuk melanjutkan proses upgrade firmware.

Ingat pada proses ini yang perlu anda perhatikan adalah yakinkan listrik tidak padam, karena bila itu terjadi maka bisa dipastikan receiver akan mengalami gagal upgrade yang mengakibatkan receiver rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Gunakan UPS untuk meminimalkan masalah tersebut.

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver

#Langkah 7 :
Sampai disini kita hanya menunggu saja hingga proses flashing 100%, bila sukses maka muncul pesan "Upgrade success! STB will restart!" dan secara otomatis receiver akan restart/booting kembali dengan menggunakan firmware terbaru.

Cara Mudah Upgrade Firmware Receiver

Demikian sekilas bagaimana cara upgrade firmware receiver, semoga bermanfaat.

23 komentar:

  1. Maaf om
    Saya pnya receicer tanaka
    Pas klik upgrade keterangannya "gagal, data upgrade terlalu besar
    Itu gmna om

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin sudh benar sw yang digunakan..

      Hapus
    2. mohon solusinya gan, punya ane juga gini

      Hapus
  2. Gan Punya SW Matrix Android Burger 3.05 (sep 6 2017)
    soanya punya ane versi 3.02 (April 18 2017)
    tolong di bantu gan

    BalasHapus
  3. Gan punya firmware buat reciver matrix burger s1 hd mp4 g klu ada bagi dong

    BalasHapus
  4. Bang,klo SW venus VD jupiter HD ada ga? Mkasih ablumx bang

    BalasHapus
  5. Gan, punya sw v8 combo terbaru?

    BalasHapus
  6. Untuk Sw Elecor EL36 Rcp HD, ada pak..

    BalasHapus
  7. kulonuwun.. mau tanya
    pny sy stb merk venus brio...
    skrg ga bs bc mp3... dulu bisa lho..
    apakah prlu update firmware.. klo dmana sy bs downloadny. matur ksuwun mas admin ya

    BalasHapus
  8. Permisi agan punya matrix 2 dvb t2 ??

    BalasHapus
  9. om kalo reciver matrix bola bisa di upgrade ke ota

    BalasHapus
  10. Bos saya punya ichiko,yang pas pake software AP yah

    BalasHapus
  11. Gan aq dah lakukan proses upgrade sampai sukses, tapi setelah boot mentok di On/hank.remot tdk berfungsi dan tombol pd rx tdk berfungsi. Apakah masih bisa diperbaiki Gan ? Mhn solusix

    BalasHapus
  12. Gan, kalau up receiver vivasat agar full hd bisa ?
    Klu bisa sekalian info software nya ea. Please

    BalasHapus
  13. Gan kalau mengatasi receiver gagal upgrade gimna

    BalasHapus
  14. gan saya butuh update buat ichiko 8000. ada ga?

    BalasHapus
  15. Gan saya Butuh upgrade receiver globesat gs-818 hd.terima kasih

    BalasHapus
  16. Mas mau ty ni rcv primasat PH 7571N mulanya bgus.di usul teman update jk mo WiFi internet. Eh mala skrg sm sekali g bs dipkai.display cm angka 88. Ktnya y download itu blg saat proses berhenti level 70%.tertls time habis.lalu di klik g bs fungsi .di mati in bk lg ttp jd 88
    Apkh bs diperbaiki mas? Mohon bantuannya.terimaksih.

    BalasHapus
  17. bos file sw yg saya download 4,19 mb,apa ini aman saya up ke rx,atau ada solusi nya...t kasih pak admin

    BalasHapus
  18. Om saya mau up sw tapi reciver tidak bisa membaca file sw, bahkan semua file di fd tidak terbaca dari mulai mp3 sampe ke file gambar, namun fd tetep kebaca. Gimana solusinya om?

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.