Kenapa Satelit Telkom 1 Tidak Ada Sinyal?


Satelit Telkom 1 Hilang - Sahabat Satelit Mania, tiba-tiba saja hampir seluruh siaran channel lokal yang berada di satelit Telkom 1 lost sinyal alias semuanya gelap. Ya bila anda coba membuka channel-channel yang berada pada satelit Telkom 1 seperti TransTV, Trans 7, Net TV, CNN Indonesia, TV9 Nusantara atau ANTV bahkan GMN TV miliki timor leste maka anda akan hanya mendapatkan layar hitam saja dan melihat pesan "lost signal" saja.

Penyebab Satelit Telkom 1 Menghilang
Banyak sekali para tracker ataupun pecinta satelit parabola bertanya-tanya kenapa ini bisa terjadi. Awalnya mereka beranggapan bahwa ini terjadi pada settingan pada receiver ataupun settingan LNB namun setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata masalah ini dialami semua pengguna receiver parabola.



Lalu kenapa channel-channel yang ada pada satelit telkom tidak ada sinyalnya?
Melalui Fans page resmi dari stasiun ANTV yang merupakan bagian dari group member of VIVA sedikit menjelaskan bahwa "dikarenakan adanya gangguan penerimaan sinyal satelit, di beberapa kota untuk sementara waktu tayangan / siaran ANTV masih dalam perbaikan teknis. Mohon Maaf Atas Ketidaknyamanannya"


Begitu juga channel .Net melalui akun twitter resminya menyampaikan hal yang sama.


Tidak dijelaskan secara teknis memang kenapa ada penurunan sinyal yang begitu drastis, namun demikian kita harapkan bahwa pernyataan diatas bisa (anggap saja) mewakili atas channel-channel lain kenapa semuanya tidak menerima sinyal alias lost sinyal.

Update Penjelasan dari Pihak TELKOM
Dilansir dari situs DETIKCom, pihak telkom membenarkan bahwa telah terjadi gangguan satelit Telkom 1, dan berikut pernyataan resmi Telkom:

Bahwa sekitar pukul 16.51 WIB hari ini (25/08) telah terjadi gangguan satelit Telkom 1. Saat ini Telkom dibantu oleh Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 tengah melakukan proses recovery dan diperkirakan layanan kembali normal sekitar pukul 02.00 WIB (26/08).

Telkom 1 memiliki 36 transponder yang saat ini melayani kebutuhan transponder pelanggan di Indonesia dan Regional. Atas kejadian ini Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya para pelanggan yang terganggu.

Telkom senantiasa berupaya menjaga kualitas layanan guna menciptakan pengalaman terbaik pelanggan.

Untuk itu tunggu saja sampai semua saluran yang ada pada satelit Telkom 1 kembali normal. Dan saran kami bila sebelumnya channel-channel yang dimaksud sudah terlock dengan baik alangkah baiknya tidak mengutak-atik dulu, cukup stay dan monitor saja.

Demikian, informasi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

UPDATE TERBARU:
Frekuensi Terbaru Channel Trans TV, Trans 7, Net TV dan ANTV di Satelit Papala D

Update:
Untuk sementara yang sudah (mulai) normal beberapa saluran:
TV9 Nusantara
Paytren_TV
Hope TV
Spacetoon_1 dan Spacetoon_2 (sinyal masih lengket)



3 comments:

  1. Wah pantesan gak ada sinyal, kirain parabolanya miring kena angin.

    ReplyDelete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.