Cara Menggabungkan LNB C Band dan KU Band


Bagi anda yang masih pemula dalam dunia tracking mungkin masih bingung bagaimana cara menggabungkan lnb c band dan ku band dalam satu payung parabola. Sebenarnya penggabungan beberapa LNB itu memungkinkan selama satelit yang akan di cari memang bisa di lock atau masuk lama beam. Dan yang terpenting adalah anda harus paham dulu dari jenis-jenis lnb yang dimaksud (baca: Jenis dan Macam LNB : Tips Memilih LNB yang Tepat).

Sementara itu untuk menggabungkan lnb c band dan ku band cukup memasangnya berdempetan dalam satu bracket tinggal memposisikan dimana letak lnb ku band dan dimana letak lnb c band. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah settingan pada receiver digitalnya dimana untuk C Band, LNB frekuensinya menggunakan 5150 sementara itu untuk KU Band menggunakan frekuensi universal (9750-10600).

Mungkin anda akan kesusahan dalam pemasangan lnb c band dan ku band, ini dikarenakan jarang sekali ada bracket untuk dua lnb diperuntukan c band dan ku band yang ada adalah bracket dual cband saja. Nah, bermodalkan bracket tersebut sebenarnya kita bisa memasang dan menggabungkan lnb c band dan ku band dengan sedikit memodifikasinya.

Adapun bahan lain dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
1. Bracket dual cband.
2. LNB Cband bekas
3. LNB Cband dan Kuband
4. Gergaji besi.

Untuk pemasangan lnb cband cukup kunci dengan baut yang telah tersedia sementara untuk lnb ku band, kita membutuhkan lnb cband bekas yang sudah tidak terpakai lalu potong dan gunakan potongan bagian bawahnya lalu masukan lnb ku band kedalam selongsong lnb cband hasil potongan tadi.

Beri pengganjal hingga ku band nya benar-benar melekat dan tidak goyang bisa menggunakan busa bekas atau double tape yang besar.

Selanjutnya pasang seperti biasa, sama seperti halnya memasang lnb cband. Terlihat seperti gambar dibawah ini.


Untuk pemasangan ku band yang dimasukan kedalam selongsong bekas lnb c band ini hanya bisa digunakan berjenis offset saja dan tidak bisa ku band berjenis prime. Lihat gambar dibawah perbedaan LNB Ku band Prime Focus dengan Ku Band Offset.

perbedaan LNB Ku band Prime Focus dengan Ku Band Offset

Demikian panduan singkat bagaimana cara menggabungkan lnb c band dan ku band.


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.