Cara Flashing Receiver Skybox A1 via USB to TTL


Cara Flash Receiver Skybox A1 - Bagi pengguna receiver skybox a1 lama (dus biru) bila mengalami mode on/mata merah yang diakibatkan dari gagal upgrade atau penyebab lainnya, saat ini untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara flash menggunakan USB programmer CH341A dan juga bisa juga menggunakan alat USB to TTL PL2303.

Berbeda menggunakan USB programmer eeprom CH341 yang harus mencabut Ic eeprom atau bisa juga dengan bantuan penjepit ic. Namun bila menggunakan alat USB to TTLPL2303 kita cukup menghubungkan beberapa pin serial yang ada ke board receiver yang memang sudah tersedia atau yang bisa disebut dengan "connectivity between USB and serial UART interfaces". Dan sudah barang tentu cara ini memiliki resiko yang kecil dibanding bila kita menggunkan usb eeprom programer ch341a.

Cara Flashing Receiver Skybox A1 via USB to TTL

Bila anda telah memiliki alat USB to TTL dan akan digunakan untuk flash receiver skybox a1 maka ada hal penting yang harus terpenuhi. Nah, .. agar proses flashing nantinya tidak mengalami kendala maka pada USB to TTL harus ditambahkan resistor dengan nilai 2K2 yang dijumperkan pada pin 5volt - pin Rx.

Silahkan amati dengan seksama pada gambar dibawah ini:

Jumper pin 5volt-pin rx

Selanjutnya pada board receiver skybox, kita harus mengetahui letak pin serial UART. Lihat pada gambar dibawah ini letak urutannya yaitu : 5volt-Rx-Tx-Gn.

Urutan letak UART

Maka posisi penyambungan antara receiver dengan usb to ttl adalah : Gn-Gn, Rx-Tx dan Tx-Rx. Terlihat pada gambar dibawah ini:

Koneksi Receiver dengan USB to TTL

Sampai disini maka proses selanjutnya adalah menginstall driver usb to ttl di pc/komputer/laptop hingga sukses, pastikan install driver sesuai operasi sistem pc/laptop yang digunakan.

Download driver USB to TTL PL2303 dibawah ini:
Windows 64-bit/x64.
Windows 32-bit/x86.

Bila sekiranya driver sudah terinstall pastikan di device manager pc bahwa driver tersebut benar-benar terinstall dengan baik.

Terlihat pada gambar dibawah ini driver sudah terinstall. Selanjutnya lihat port yang tersedia untuk usb to ttl (terlihat pada gambar sebelah kiri COM5)

Sebelum memulai proses flashing pastikan receiver dalam keadaan mati/off dengan mematikan saklar belakang atau mencabut kabel power.

Bila sudah lanjutkan dengan menjalankan aplikasi Tcom for skybox a1, lalu pilih port yang tersedia/terpilih tadi. Lalu pilih baud: 115200 lalu klik open.

Cara menggunakan Tcom

Maka port COM5 pun kini telah siap digunakan/lock.

Lalu klik tab UPG dan pilih Project Type: Sonata-DDR2, Upg File: pilih sw skybox yang akan digunakan (kali ini kami menggunakan sw Kepnix). Bila sudah klik START dan lihat pada log output disebelah kanan tertulis "Please reset the STB!"... untuk itu silahkan on reveiver.

Cara Flashing Receiver Skybox A1 via USB to TTL

Dan tunggu sesaat, bila log output berikutnya tertulis seperti tertera maka receiver terdekteksi dengan baik untuk proses flashing... sampai disini anda cukup menunggu saja..

Cara Flashing Receiver Skybox A1 via USB to TTL

Dibawah ini terlihat proses transfer data (flasing)

Proses flashing berjalan dengan baik di skybox a1

Proses flashing di skybox a1

Dan dibawah ini adalah dimana proses writing/burning (bakar) dan sekaligus verify burning flash. Ingat jangan matikan receiver hingga receiver benar-benar hidup dengan normal.

Cara Flashing Receiver Skybox A1 via USB to TTL

Untuk mengetahui receiver telah hidup normal bisa terlihat pada led direceiver menunjukkan angka channel atau bisa juga menghubungkan kabel RCA/HDMI port di receiver ke televisi untuk lebih meyakinkan.


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.