Panduan Lengkap - Cara Flash IC Eeprom SPI dengan USB Programmer CH341A


Tutorial CH341A - Sahabat satelit mania, kali ini kami mencoba membantu anda yang masih kesulitan dalam hal melakukan flashing IC Eeprom receiver dengan menggunakan alat USB Programmer CH341A. Banyak sekali panduan/tutorial bagaimana cara menggunakan eeprom programmer, namun masih ada saja yang mengalami kebingungan sehingga proses flashing tak kunjung sukses.

Kita ketahui bersama salah satu cara memperbaiki receiver mati suri adalah melalui flash IC Eeprom menggunakan tool USB Programmer CH341A yaitu dengan cara mencabut IC Eeprom yang nantinya dipasang ke tool USB promgrammer tersebut. Nah jadi masalah adalah bila anda benar-benar pemula tentu ini menjadi masalah baru yaitu dalam hal bagaimana cara mencabut IC Eeprom dengan aman, karena bila salah bisa jadi ICnya menjadi rusak. Untuk mengatasi hal ini kami sarankan anda meminta bantu kepada teman yang ahli atau ke tukang service HP untuk mencabut IC Eeprom receiver ini.


Sebenarnya ada alat bantu tambahan bila anda tidak ingin bersusah-susah mencabut IC Eeprom untuk proses flashing nantinya, alat tersebut namanya adalah "Alat Jepit ROM Flash/Penjepit IC". Nantinya Penjepit IC tersebut dipasangkan ke IC Eeprom yang berada di receiver sementara ujung satunya di pasangkan ke tool USB Programmer CH341A.
Alat Jepit ROM Flash/Penjepit IC
Tentu cukup simpel bukan..? dari sekian keuntungan tersebut tentu juga ada kekurangan-kekurangannya, salah satunya adalah dibeberapa receiver letak IC Eeprom yang berdekatan dengan komponen-komponen lainnya sehingga susah dalam hal pemasangan penjepit IC tersebut, selain itu terkadang bila kita melakukan proses flashing IC eeprom tidak/susah terdeteksi.

Baiklah, untuk tutorial kali ini kamu akan memandu anda bagaimana melakukan flashing IC Eeprom dengan cara melepas dari receiver. Sementara receiver yang kami gunakan adalah receiver Skybox A1 untuk di upgrade kesoftware/firmware Tiger Star E12 Ultra versi M5.93.

Cara melepas IC Eeprom receiver.
Langkah selanjutnya buka cashing receiver, lalu cabut ic menggunakan solder. Perlu teknik khusus untuk melepas ic tersebut. Yang perlu diperhatikan lihat pada gambar dibawah ini, bagian yang kami lingkari warna merah tersebut adalah menunjutkan kode no.1 yang mana posisi tersebut nantinya dipasang di USB Programmer.


Cara memasang IC Eeprom ke USB Programmer CH341A.
Dan lihat, lingkaran merah diposisikan pada no.1 pada USB programmer. Silahkan solder kembali IC eeprom tersebut secara diagonal dengan harapan hasil solder merekat secara baik.


Cara Menggunakan tool USB programmer.
Langkah selanjutnya adalah melakukan proses flashing. Silahkan colokan USB Programmer CH341 tersebut pada port USB pada PC/laptop.

Artikel terkait: Cara Flashing IC Eeprom via Android dengan Mudah.

Lanjut ekstrak, install driver USB Programmer CH341A yang ada dalamnya. Bila sudah jalankan tool tersebut dengan mengklik file CH341A.

Bila tampil pesan seperti gambar cukup klik OK untuk melanjutkan..


Maka tampilan berikutnya seperti dibawah ini. Perhatikan pada sudut kanan bawah pada jendela tool pastikan tertulis Device state: Connected. Artinya USB Promgrammer terdeteksi dengan baik.

Selanjutnya adalah lakukan deteksi IC Eeprom yang ada pada tool tersebut, dengan cara mengklik menu "Detect"


Bila tampil pesan seperti dibawah ini, silahkan klik salah satu model lalu akhiri klik "Select"


Dan lihat, IC Eeprom terdeteksi oleh tool programmer.

Untuk memulainya, lakukan penghapusan isi data yang ada dalam ic dengan cara mengklik menu "Erase".


Tunggu.... proses eraseing


Proses erasing sukses dilakukan, klik OK.


Selanjutnya proses flashing segera kita mulai, silahkan klik menu "Open" lalu arahkan file firmware yang akan kita gunakan untuk proses flashing. Bila sudah akhir klik "Open" lagi.


Lanjut klik "Write"


Tunggu... proses Writeing...


Dibawah ini proses flashing sukses 100%. Selanjutnya lakukan verifikasi flashing dengan cara mengklik "Verify".


Tunggu lagi.. proses verifying..


Selamat.. bila pesan verifikasi tertulis "Chip Main Memory and buffer same!. Maka proses yang kita lakukan sudah benar dan sukses.


Proses selanjutnya silahkan copot tool usb progammer dari komputer/laptop. Selanjutnya lepas IC eeprom pada perangkat tool programmer lalu pasang kembali pada receiver. Ingat posisinya jangan terbalik, lihat dan amati kembali gambar-gambar sebelumnya.

Terakhir, silahkan hidupkan receiver anda dan semestinya tampilan layar akan terlihat sesuai firmware/versi software yang digunakan. Terlihat hasil upgrade firmware skybox a1 menggunakan firmware versi Tiger Star E12 Ultra Ver. M5.93.



CATATAN:
  1. Bila anda berkeinginan mengupgrade ke versi ini, anda harus (wajib) melakukan proses flahingnya menggunakan cara ini bila versi yang ada pada receiver anda saat ini adalah versi M (M 1.65, M 3.80 atau M 4.44). Karena versi tersebut tidak bisa di upgrade melalui USB pada fasilitas yang ada di receiver.
  2. Sementara itu bila versi receiver anda adalah sudah versi M CRC, sama seperti point diatas anda harus melakukan proses flashing dengan cara ini, dengan menggunakan IC Eeprom baru karena tidak bisa menggunakan IC yang sudah menggunakan versi M CRC pada receiver tersebut.
  3. Cara dalam tutorial ini, bisa digunakan untuk melakukan flashing IC receiver dengan merk yang lain, selain itu pula bisa digunakan untuk flash IC TV, DVD, printer, router dan banyak lagi.
  4. Semua akibat dari proses yang dilakukan dengan mengikuti dari panduan pada artikel ini adalah menjadi tanggung jawab anda sendiri


4 comments:

  1. IC nya beli dimana ya? Punya saya M crc apa bisa di flash ke non crc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangt banyak mas di toko online, kami terbiasa membeli ditokopedia, silahkan dicoba mas..

      Delete
  2. Min,A1 (old) kemaren terproteksi (M.7.75) kemudian di upgrade ke M.8.07.
    Apakah dg SW tsb M8.07 itu sudah aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau aman pake sw tiger ato kepnix (bisa downgrade-upgrade), untuk sw official tidak bisa, harus menggunakan cara pada artikel ini, ato juga bisa usb to ttl >> disini artikelnya

      Delete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.