Cara Menggabungkan Satelit Palapa D, Telkom 3s dan Chinasat 6A


Penggabungan 3 Satelit - Sobat satelit mania, ada pertanyaan dari pengguna yang menanyakan apakah bisa Palapa D dan Telkom 3s di gabungkan dengan Chinasat 6B? Maka bisa kami jawab bahwa sangat sulit melock satelit chinasat 6b bersamaan dengan satelit KOMPAL (Telkom 3sdan Palapa D). Alasannya adalah posisi satelit Palapa D: 113.0°E, Telkom 3s: 118.0°E dan Chinasat 6B: 115.5°E. Maka bila kita lihat jarak posisi orbit satelit Telkom 3s dan Chinasat 6B tidak lebih dari 3 derajat yang mana satelit chinasat 6B terletak diantara Palapa D dan Telkom 3S maka mustahil untuk menggabungkan ketiga satelit tersebut.

Lalu bagaimana bila dalam satu antena parabola menggunakan 3 LNB untuk mencari satelit Palapa D, Telkom 3s dan Chinasat 6A? Sebelum lebih lanjut maka kita harus mengetahui posisi masing-masing satelit, dimana Palapa D: 113.0°E, Telkom 3s: 118.0°E dan Chinasat 6A: 125.0°E maka memungkinkan kita bisa melakukan lock ketiga satelit tersebut. Baca: Daftar Satelit Parabola dari Timur ke Barat

Cara Menggabungkan Satelit Palapa D, Telkom 3s dan Chinasat 6a

Lalu bagaimana melakukan tracking dan melock satelit Palapa D, Telkom 3S dan Chinasat 6A?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan tracking satelit KOMPAL (Telkom 3S dan Palapa D), pambahasan lengkapnya telah kami bahas pada artikel khusus dengan judul: Cara Mencari Satelit Telkom 3s Menggunakan 2 LNB Dengan Cepat.

Bila sekiranya semua channel yang berada pada satelit telkom 3s dan palapa d sudah terlock dengan sempurna maka selanjutnya silahkan kencangkan semua baut mounting berikut baut penyangganya.

Sampai disini langkah selanjutnya adalah melakukan tracking ke satelit chinasat 6A, tempatkan LNB untuk satelit chinasat 6A berada posisi di barat tepatnya disebelah kanan LNB untuk Telkom 3s. Lihat Posisi LNB Chinasat 6A pada gambar dibawah ini.

Cara Menggabungkan Satelit Palapa D, Telkom 3s dan Chinasat 6a

Sementara itu untuk melock satelit chinasat 6a tahap awal silahkan masukan frekuensi 4120 H 27499 selanjutnya lakukan tracking dengan menggunakan tangan (LNB dipegang saja) terlebih dahulu sambil menggoyang/menggeser LNB untuk mencari sinyal yang dituju. Bila sudah diketemukan sinyalnya maka silahkan tandai, lalu pasang LNB tersebut ke bracket Telkom3s-Palapa D tersebut seperti cara kami membutuhkan bracket C Band yang biasa digunakan untuk dish kecil (pay tv) lalu di beri plat yang masing-masing ujungnya diberi lubang untuk baut (panjangnya disesuaikan). Sementara itu platnya jangan terlalu tebal sebisa mungkin bisa dibengkokan yang berfungsi pada saat mencari sinyal tersebut tentunya.

Diwilayah kami agar satelit Chinasat 6A benar-benar sinyalnya maksimal maka posisi LNB bila dilihat dari posisi sebelah barat maka condong ke seletan, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara Menggabungkan Satelit Palapa D, Telkom 3s dan Chinasat 6a

Namun demikian wilayah satu dengan wilayah yang lain berbeda posisi LNB maka dari itu, itulah fungsi plat yang tidak terlalu tebal namun bisa digerak-gerakan.

Cara Menggabungkan Satelit Palapa D, Telkom 3s dan Chinasat 6A

Akhirnya selamat mencoba, bila ada yang perlu di diskusikan silahkan tinggal kan pesan pada kotak komentar dibawah.


2 comments:

  1. Maaf mau nanya. Lnb saya cuma 2. Saya hapus reset daftar chanel. Terus scan ulang di satelit palapa sama telkom. Rcti grup hilang?? Kenapa ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan opsi scan pilih All jangan hanya FTA, karena rcti grup walau fta tapi masuk kategori scramble/teracak..

      Delete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.