Cara Mencari Frekuensi Parabola Ninmedia bersamaan dengan Indovision


Mencari Satelit SES7 S Band - Pencinta Satelite Mania, kali ini kami akan membahas secara umum bagaimana cara mensetting untuk mencari frekuensi NinMedia. Kita ketahui bersama bahwa layanan NinMedia terletak pada satelit Chinasat 11 pada posisi 098.0°E.

Sebenarnya untuk mencari dan menemukan signal dari frekuensi ini cukuplah mudah, ini dikarena memang signal yang cukup kencang sekalipun menggunakan jenis payung parabola apapun. Nah cara dibawah ini adalah bagaimana cara mencari frekuensi NinMedia bersamaan dengan frekuensi Indovision pada satelit SES 7 pada posisi 108.2°E dalam satu payung parabola. Maka, cara ini memerlukan teknik tersendiri agar kedua satelit tersebut dapat dijangkau dan dapat diterima dengan baik.

Cara Menggabungkan Indovision dan Ninmedia
Baiklah, untuk melakukannya tentulah payung parabola menghadap ke arah barat (walaupun di sebagian daerah bisa menghadap ke timur). Namun dikarenakan menggunakan 2 LNB yaitu KU-Band untuk NinMedia dan S-Band untuk Indovision maka semestinya memang harus ke arah barat.

Artikel terkait: Inilah daftar terlengkap frekuensi channel Indovison

Selanjutnya adalah LNB KU-Band (NinMedia) diletakan pada pada posisi fokus sementara untuk LNB S-Band posisikan di bawah KU-Band. Untuk peletakkannya kita memerlukan Bor untuk melubangi yang nantinya dipasangkan ke S-Band. Jarak lubat baut bawaan dengan yang kita buat berjarak kurang lebih 10 - 12 cm atau antara LNB satu dengan yang lainnya agak berdempetan.

Untuk melihat, penampakan hasil modifikasinya seperti gambar dibawah ini :



Untuk proses trackingnya, lakukan yang terlebih dahulu adalah NinMedia karena LNB inilah yang di fokuskan dulu, selain itu untuk pencarian satelit SES 7 (Indovision) cukup mudah dah bisa dikatakan sangat gampang karena memang sinyal yang sangat kencang.

Artikel terkait: Menggabungkan Satelit Telkom 3s, Palapa D dengan Ninmedia di Chinasat 11

Sebelum melakukan trancking silahkan masukkan terlebih dahulu frekuensi masing-masing satelit. Untuk frekuensi NinMedia silahkan lihat pada artikel Gratis Semua Channel-Channel TV Indonesia Via NinMedia dan untuk channel-channel Indovision silahkan rujuk ke satelit SES 7.

Demikian sekilas secara umum gambaran bagaimana cara mencari frekuensi NinMedia dan Indovision bersamaan.


3 comments:

  1. Bisa tidak lnb ku dan s band digabung dengan switch 22k?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg berpendapat KU band tidak bisa menggunakan 22K, tapi dibeberapa kasus ada yg bisa. jadi silahkan dicoba gan dengan membalik2 setingan KU bandx On lalu juga coba ke Off

      Delete
  2. Arah barat dengan sudut kompas berapa ya mas? Kemudian kemiringan dish berapa derajat? Trims

    ReplyDelete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.