Cara Setting Webserver di Receiver Skybox A1 Plus


Kelebihan dari receiver skybox a1 Plus di banding receiver skybox keluaran pendahulunya seperti skybox a1 old dan skybox a1 Avs+ diantaranya dimana receiver a1 plus telah mendukung format video HEVC/H.265 serta ditambahkannya fitur SAT2IP atau SAT>IP yang berguna sebagai webserver receiver.

Sekedar merefresh kembali bahwa fitur SAT to IP (SAT2iP) adalah merupakan bagian fitur web server yang mana channel yang di putar di receiver dapat di dikontrol dan saksikan melalui PC/Laptop maupun perangkat ponsel pintar (android). Nah pada artikel kali ini secara khusus kami akan mencoba share tentang bagaimana cara webserver receiver skybox a1 plus.

Cara Setting Webserver di Receiver Skybox A1 Plus

Syarat Webserver Receiver Skybox A1 Plus
Sebelum kita melakukan setting webserver di skybox a1 plus, dibawah ini syarat-syarat yang perlu di penuhi agar semua nantinya berjalan dengan sukses :
  1. Koneksi jaringan antara receiver, PC/Laptop dan Android harus sama-sama ke satu router (wajib: jaringan WiFi yang sama).
  2. Untuk menjalankan pada android di butuhkan aplikasi pemutar video MoliPlayer, unduh disini.
  3. Untuk menjalankan pada PC atau Laptop dibutuhkan pula aplikasi pemutar video seperti VLC Media Player, silahkan unduh disini.

Setting webserver pada receiver skybox
Bila sudah terpenuhi dan aplikasi sudah terinstall dengan baik, maka setting webserver dapat kita mulai.

Mula-mula kita awali dengan mensetting pada receiver. Silahkan tancapkan dongle WiFi pada port USB bagian depan atau belakang lalu tunggu ada tulisan yang menyatakan perangkat WiFi terdeteksi.

Selanjutnya masuk ke menu lalu pilih Network. Koneksikan WiFi dan pilih menu "WiFi" lalu tekan tombol "OK" pada remote untuk proses selanjutnya.


Pada gambar dibawah ini proses koneksi kejaringan WiFi, yang sebelum telah memilih nama SSID pada opsi WiFi Manager. Nama jaringan WiFi inilah yang harus juga terkoneksi nantinya di laptop/komputer atau di andorid.

Silahkan tekan tombol Connect, lalu tunggu proses koneksi pun berlangsung...


Bila sukses akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Network Status tertulis Connect berwarna hijau.


Selanjutnya tekan tombol exit pada remot dan kita kembali pada menu Network. Sampai disini silahkan pilih menu Online Movie App.


Lanjutkan dengan menekan fitur / menu SAT > IP


Secara default SATIP statusnya OFF, untuk mengkatifkannya silahkan arahkan pada pilihan SATIP lalu tekan arah kanan pada remot.


Maka secara otomatis SATIP akan diaktifkan dengan menampilkan pesan "Opening SATIP, please wait". Silahkan tunggu sejenak...


Dan gambar dibawah ini terlihat fitur SATIP telah diaktifkan dengan tulisan ON.


Sampai disini settingan pada receiver telah selesai. Dan selanjutnya kita lakukan penyettingan/konfigurasi pada laptop/komputer.

Mengkoneksikan webserver pada komputer/laptop untuk membuka channel.
Kami ingatkan kembali bahwa jaringan WiFi pada laptop/komputer wajib sama seperti yang ada pada receiver. Terlihat pada gambar dibawah ini.


Bila sudah, jalankan aplikasi VLC Media player hasil download tadi. Bila tampilan awal setelah menjalan aplikasi VLC seperti dibawah ini, maka tampilkan viewnya secara list. Caranya klik View > Playlist.


Maka akan tampil seperti bawah ini. Selanjutnya silahkan klik menu (1) "Universal Plug'n'Play" dan biasanya akan ditampilkan jendela peringatan, centang saja pilihan (2) "Private networks, such as my home or work network" lalu akhiri klik (3) "Allow Access"


Berikutnya silahkan klik tulisan "stboxGE STB" maka akan tampil daftar satellite programs. Sampai disini silahkan pilih channel yang akan ditayankan pada laptop/komputer.


Setelah mengklik 2 kali pada salah satu saluran yang ada maka tayangan channel pun dapat disaksikan.


Lalu bagaimana cara mengkoneksikan webserver pada Android untuk membuka channel, panduannya tidak jauh berbeda pada artikel kami dengan judul Cara Web Server Skybox V8 Combo Via PC dan Android.

Demikian, semoga bermanfaat.


6 comments:

  1. Bos kok gak ada tulisan stboxGE STB nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan:
      1. Jaringannya digunakan STB dan PC sama.
      2. SATIP sudah di ON kan pada receiver.

      Delete
  2. Aplikasi sat ip nya ngga ada gan yg ada cuma youtube,ip tv,cara nambai aplikasi gimana tu gan

    ReplyDelete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.