Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver


Sengaja kami mempublish artikel ini dengan judul : Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver, dengan maksud membantu, melanjutkan serta menjelaskan kembali akan artikel kami sebelumnya dengan judul Cara Setting vPlug Server Terbaru. Ini tidak terlepas masih banyaknya yang masih kebingungan bagaimana cara melakukan setting data-data CCCam pada receiver, maklum saja artikel terdahulu memang sangat singkat dalam hal penjelasannya.

Bagi anda yang masih belum sukses dan gagal dalam proses koneksi di receiver, pada artikel kali ini kami akan mencoba menjelasakan secara detail dari bagaimana cara setting awal dari aplikasi vPlug Server hingga Setting data CCCam pada receiver.

Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Sebenarnya untuk melakukan setting vPlug Server pada PC/Laptop kami rasa sudah cukup jelas pada artikel kami sebelumnya di : Cara Setting vPlug Server Terbaru. Namun akan kami perjelas lagi pada artikel kali ini dengan maksud memudahkan pemahaman kita bersama.

Baiklah, kita lanjut saja.. dan kami harap mohon bacalah artikel secara seksama dan jangan lompat-lompat yaa... :)

Sebelum melakukan itu semua, paling banyak kegagalan yang dialami adalah proses koneksi CCCam di receiver. Untuk itu dibawah ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan proses setting berikut koneksi "Fly" nya di receiver :
  1. Pastikan WiFi pada receiver anda terkoneksi kejaringan, apakah melalui router, hotspot selular bahkan LAN sekalipun bila memungkinkan (khusus receiver memiliki port Ethernet LAN).
  2. Pastikan jaringan WiFi pada PC/Laptop yang terinstall tool vPlug Server juga terkoneksi kejaringan yang sama seperti jaringan WiFi pada receiver anda tadi.
  3. Karena disini sifatnya local area, maka tidak diperlukan apakah jaringan yang digunakan terkoneksi ke internet atau tidak. Sekali lagi koneksi network PC/Laptop harus sama dengan network receiver.
  4. Kami perjelas lagi, bila jaringan PC/Laptop menggunakan WiFi dengan (contoh) nama SSID : netlocal, maka koneksikan WiFi pada receiver anda ke SSID : netlocal juga.
Kami anggap sangat jelas dari penjelasan diatas, maka kita lanjutkan ke langkah selanjutnya..

Mari kita mulai dengan menginstall dan mensetting tool vPlug Server pada PC/laptop. Silahkan baca artikelnya disini. Namun  disini kami share kembali disini agar bisa terlihat perbandingan dan mudah menganalisanya.

Pastikan tool vPlug Server sudah terinstall di pc/laptop, sebagai contoh letakkan saja pada folder C:\vPlug-server. Lalu jalankan tool tersebut seperti gambar dibawah ini.

Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Lihat pada opsi CCcam Server IP, tidak seperti pada artikel sebelumnya yang mendapat IP Address : 192.168.1.6 dalam percobaan kali ini laptop kami mendapat ip address dalam jaringan adalah : 192.168.1.5, untuk mengetahuinya cukup mudah yaitu dengan cara mengetikkan : ipconfig pada jendela DOS Command. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Cara ipconfig untuk receiver

Kenapa menjadi beda, karena memang pada jaringan WiFi yang digunakan pada setting penggunaan opsi ip address menggunakan metode DHCP, maka setiap kita melakukan re connect kemungkinan berubah ip address yang diterima itu sangat memungkinkan.

Jadi ip address ini yang paling penting di ketahui, karena untuk memuluskan koneksi antara receiver menuju vPlug Server yang ada di pc menggunakan ip address ini.

Tahap berikutnya adalah membuat user dan pass, silahkan klik menu "edit users" lalu "add user" akhiri save.

Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Contoh diatas kami masih menggunakan nama user : satelitmania dan pass : 1234 sementara opsi ReShare : 5.

Sampai disini setting vPlug Server sudah selesai dengan data-data yang nantinya di input pada menu CCcam di receiver sebagai berikut :
Data CCCam
IP / DNS / Server Address192.168.1.5
Port12000
Usersatelitmania
Pass1234

Selanjutnya kita akan melakukan setting dan dilanjutkan dengan menkoneksikan data-data tersebut diatas di menu CCcam pada receiver. Dibawah ini kami menggunakan receiver skybox A1 dalam percobaan ini, berikut langkah-langkahnya :

  • Langkah awal koneksikan jaringan WiFi pada receiver anda, bila sudah terkoneksi maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :
Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Lihat ip address yang didapat pada saat percobaan adalah : 192.168.1.6 dan pastikan status jaringan (Network Status) : Connect

Selanjutnya isikan data-data CCcam pada menu : CS Protocol >> Server Setting. Jangan lupa pilih protocol typenya : CCcam seperti gambar dibawah ini :

Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Bila sudah simpan, dengan menekan tombol "Menu" pada remote pilih Yes.

Selanjutnya masih pada menu CS Protocol, tekan tombol "Apply" lalu pilih "Ya" untuk melakukan/mengaktifkan CCcam yang baru saja kita setting.

Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Bila proses berhasil maka akan ditandai dengan status "Ready for Work". Ini artinya CCcam "fly" sudah aktif.

Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Aktifnya CCcam pada receiver bisa terlihat juga pada tool vPlug server seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Cara mengaktifkan cccam pada receiver

Selanjutnya, untuk memasukan key silahkan lakukan melalui file softcam.key yang ada didalam folder dimana vPlug terinstall, terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Setting dan Mengaktifkan Fitur CCCam di Receiver

Silahkan buka menggunakan aplikasi Notepad++ atau sejenisnya, dan input dengan format :

[CAID Encrypt] [Prov ID] [Service ID] [CW] ; Channel Name

Contoh :

T 06AC 01 131AF25142BCDF00 ; IMG ASIA

Kami kira cukup panjang penjelasannya, semoga dapat dimengerti. Untu bagi yang sudah berhasil bisa sama-sama berbagi dan yang belum berhasil mari kita diskusikan melalui kotak komentar.

Sekian...


1 comment:

  1. apakah harus menggunakan internet yg kenceng? apakah sangat boros kuota?

    ReplyDelete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.