Header Ads

Apa Itu IPTV? Lalu Bagaimana Cara Menggunakannya?


satelitmania.com - IPTV kependekan dari Internet Protocol television merupakan layanan televisi dengan jaringan Internet yang menggunakan arsitektur jaringan serta metode suite protokol Internet melalui paket-switched Jaringan Infrastruktur.

Apa Itu IPTV? Lalu Bagaimana Cara Menggunakannya?
image : cstalking

Hal ini berbeda dengan penerimaan siaran melalui televisi terestrial, satelit, dan tv kabel. Namun demikian IPTV bukan sebagai media download, namun sebatas mmeberikan kemampuan untuk melakukan streaming sumber media secara terus menerus. Sehingga, media player klien/pengguna bisa memainkan dan menikmati konten (seperti saluran TV), dan ini biasanyanya yang dikenal sebagai media streaming.

Istilah IPTV pertama kali muncul pada tahun 1995 dengan pendirian ajaran Software oleh Judith Estrin dan Bill Carrico, namun setahun sebelumnya sebenarnya layanan ini sudah digunakan oleh acara televisi ABC World News yang disiarkan melalui Internet, dengan menggunakan perangkat lunak konferensi video CU-SeeMe.

Sejalan waktu banyak penyedia utama dunia telekomunikasi yang mengeksplorasi IPTV sebagai kesempatan pendapatan baru dari pasar yang ada dan sebagai langkah pertahanan terhadap gangguan dari lebih konvensional layanan televisi kabel. Selain itu juga banyak instalasi IPTV digunakan di sekolah-sekolah, universitas, perusahaan dan institusi lokal.

Cara Menyaksikan siaran menggunakan IPTV (Internet Protocol Television).
Saat ini untuk menyaksikan siaran melalui IPTV banyak cara dan perangkatnya yang bisa di gunakan berupa Set Top Box (STB) atau hanya menginstall aplikasi IPTV di smartphone maka layanan tersebut bisa kita saksikan.

Selain itu media IPTV juga bisa kita saksikan dengan menggunakan receiver parabola terkini dimana fitur IPTV ini juga tersedia, sehingga selain dapat menyaksikan tayangan melalui tv satelit kita juga bisa menyaksikan tv internet.

Beberapa receiver yang sudah memiliki fitur IPTV adalah receiver skybox a1 New AVS, A1 Plus H.265, A1 Combo H.265, Getmecom HD 009 Super/Plus, AVS, Gouxin, Kaonsat Imax, Manhattan 6900 U/W dan banyak lagi.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan IPTV di receiver, dibawah ini beberapa artikel yang berhubungan dengan IPTV:

4 komentar:

  1. terima kasih gan sangat bermanfaat.. jadi tambah ilmu

    BalasHapus
  2. IPTV ini biasa dikerjain kontraktor PT Navicom Indonesia..

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.