Header Ads

Cara Mencari Satelit Telkom 3s Menggunakan 2 LNB Dengan Cepat


Cara Mencari/Tracking Satelit Telkom 3S - Kita ketahui bersama bahwa informasi yang berkembang bahwa satelit Telkom 1 yang mengalami gangguan anomali, disadur dari laman detikcom oleh Menkominfo menceritakan gangguan Telkom 1 bukan karena pergeseran orbit, melainkan karena baterainya yang sudah tidak berfungsi hingga bahan bakarnya habis, sehingga keluar dari orbit.

Bila dilihat secara teknis, satelit tersebut sudah tidak bisa dipakai kembali. Solusinya harus dipindahkan sesegera mungkin, apapun konsekuensinya. Terkait hal tersebut bisa dipastikan bahwa satelit Telkom 1 tidak bisa digunakan lagi.


Imbas dari ini, bagi pemirsa yang menikmati tayangan televisi nasional yang penerimaannya melalui antena parabola khususnya menggunakan 2 LNB yaitu yang diarahkan ke satelit Palapa D dan Telkom 1 maka beberapa channel yang berada pada satelit Telkom 1 tidak akan ada siaran sama sekali (lost signal).

Ini Cara Mudah Mendapatkan Satelit Telkom 3S
Untuk itulah, dipostingan kali ini kami mencoba membahas artikel cara mencari sinyal TRANS7,TRANS TV, ANTV yang hilang atau lebih tepatnya bagaimana cara mudah menggabungkan satelit Palapa D dengan Telkom 3S. Lalu apa yang perlu diketahui sebelum melakukan ini semua, agar channel-channel yang ada di kedua satelit tersebut dapat terlock dengan sempurna?

Yang perlu diketahui sebelum melakukan bahwa adalah Telkom 1 dan Telkom 3S menempati posisi yang berbeda di orbitnya. Telkom 1 menempati posisi 108.2°E (BT) sementara itu untuk Telkom 3S berada pada garis bujur di posisi 118°E (BT), sehingga nantinya pada saat melakukan tracking arah antena parabola sedikit mengalami perubahan arah jadi kita harus mengetahui bagaimana cara setting lnb telkom 3s nantinya.

Cara Menggabungkan Satelit Palapa D dan Telkom 3S
Sebelum melanjutkan pembahasan utama, kami infokan bahwa pasca gangguan terhadap telkom 1 maka pihak telkom telah memindah slot transponder yang ada didalamnya ke satelit lainnya, salah satunya adalah ke Satelit Telkom 3S. Ya, kalo kita amati bersama terlihat jelas dimana semua channel-channel yang selama ini berada pada Telkom 1 kini secara bertahap sudah mengisi transpondernya di satelit telkom 3S.

Cara Memasang Lnb Palapa dan Telkom
Cara Merubah Posisi LNB Parabola - Baiklah, kita mulai saja.. Silahkan amati gambar dibawah ini dimana posisi antena parabola dengan setingan 2 LNB untuk posisi tracking Palapa D - Telkom 1 (PALKOM). Sebenarnya pun tetap bisa juga menggabungkan untuk 4 LNB, tetapi kita fokus di 2 LNB saja.

Gambar 1 : PALKOM

Posisi LNB Palapa D dan Telkom 3s - Maka nantinya akan kita setting menjadi seperti gambar dibawah ini yaitu Telkom 3S - Palapa D (KOMPAL).

Gambar 2: KOMPAL

Cara Pindah Dari Satelit Telkom 1 ke Telkom 3S
Selanjutnya sebelum kita melakukan tracking,  hal yang perlu dilakukan adalah merubah nama satelit pada settingan receiver untuk LNB TELKOM 1 menjadi TELKOM 3S (opsional) dan biarkan saja daftar list transponder yang ada didalamnya (jangan dihapus).

Langkah berikutnya adalah mengubah switch port LNB pada receiver. Perhatikan dengan teliti switch yang digunakan apakah Switch DiSEqC 2x1 atau Switch 22K On/Off.

Bila Menggunakan DiSEqC 2x1:
Maka bila setingan awal pada receiver terlihat untuk Palapa D berada pada posisi port 1 maka ubah ke posisi port 2 dan selanjutnya posisikan port 1 untuk satelit Telkom 3S.



Bila Menggunakan Switch 22K On/Off:
Maka bila setingan awal pada receiver terlihat untuk Palapa D berada pada posisi 22K On maka ubah ke posisi 22K Off dan selanjutnya posisikan 22K On untuk satelit Telkom 3S.
- Artikel Terkait -
Cara Tracking dan Menggabungkan Channel FijiTv dan Channel PLTV
CATATAN:
  • Bila sebelumnya posisi fokus berada pada Palapa D, maka dengan cara mengubah port LNB diatas maka secara otomatis pada saat ini posisi fokus berada pada Telkom 3S ini karena perbedaan posisi Telkom 1 dengan Telkom 3S.
  • Sebagai tambahan kita tidak perlu mengubah jarak antar 2 LNB karena tidak ada perbedaan yang signifikan antara Telkom 1 (108.2) > Palapa D (113) = 4.8 dengan Palapa D (113) > Telkom 3S (118) = 5.
  • Bila sekiranya sudah tidak ada lagi yang tertinggal, waktunya untuk melakukan tracking ke satelit yang dituju untuk dengan mencari channel terkuat.
  • Selanjutnya cukup naikkan tiang menyangga sehingga kemiringannya menuju ke arah timur kurang lebih 2 cm saja.

Setting Satelit Palapa D
Lalu bagaimana, bila kita ingin fokus ke Satelit Palapa D? Maka bila merujuk pada posisi antena diatas maka kita harus mengubahnya dengan cara menggeser tiang fokus (3 buah tiang penyangga bracket LNB) sehingga LNB untuk satelit palapa d benar-benar fokus dan satelit telkom 3s sebagai offset.
- Artikel Terkait -
Cara Mudah Menambahkan Daftar Satelit Telkom 3s di Receiver
Sebenarnya ada cara lain agar fokus pada satelit palapa d, yaitu dengan cara memutar antena parabola dengan jarak 180 derajat atau dalam artian yang awal posisi Timur menjadi ke Barat dan Barat ke Timur. Dengan demikian secara otomatis bila sebelum di putar posisi fokus berada pada satelit palapa  d maka setelah diputar pun tidak akan berubah pula, bukan? yaitu hasilnya tetap fokus ke satelit palapa d.

Dan sebenarnya cara ini yang sangat direkomendasikan, karena selain tanpa mengubah tiang fokus tersebut kita pun tidak perlu mengubah settingan switch/DiseQc pada menu receiver.

Terakhir silahkan tracking ke satelit yang di tuju dengan memasukan frekuensi terkuat semisal pada satelit palapa d untuk frekuensi rcti, global tv, mnctv mpeg2, bila terlock lanjutkan dengan melakukan scan dan bisa juga dilanjutkan dengan scan buta (blind scan). Agar kedua lnb dapat menangkap sinyal dengan sempurna mungkin tips khusus perlu anda ketahui dengan membaca artikel kami yang berjudul: Panduan Dasar Tracking Satelit Menggunakan 2 LNB

Demikian, semoga dapat dipahami. Dan bila masih ada yang perlu dibahas atau ditanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kotak komentar dibawah.

207 komentar:

  1. bisa saja sinyal tidak maksimal, jadi coba gotik lagi gan.

    Kami pun pernah mengalaminya, dimana untuk channel NET HD bila siang hari sinyalnya bagus, namun kalo malam gambarnya lengket2.

    BalasHapus
  2. channel apa yg anda maksud..

    BalasHapus
  3. Gan... Kalo dari telkom 3S langsung ke Apstar6 kira2 berapa cm tiang penyangga dimiringkan ke timur

    BalasHapus
  4. Gan mo tanya lnb saya ada 2.. salah satu pake switch inside.. nah yang pake switcy inside itu lnb1 atau lnb2

    BalasHapus
  5. Min, mau tanya. Sebelumnya siaran trans tv, trans7 sma antv ada dan saya sudah memutar parabola saya. Kenapa sekarang tiba2 hlang lgi. Apa perlu di putar kembali?

    BalasHapus
  6. Mohon wejangannya min,smlm sy cb lock dgn 2 Lnb pertama lock putar 180° , bisa dpt TP knp singnal Telkom maju mundur,sy gunakan Switch 4X1,apakah setting RX harus on/of min? TRIms min....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. proses putar 180° itu khusus bila sebelumnya bila antena para bola di telkom1-palapa d.
      2. bila bukan dari point 1, maka anda harus memposisikan dulu lnb mana yang harus di fokuskan, saran kami adalah lnb untuk palapa d saja yg difokuskan.
      3. diseqc 4x1 itu hanya pembagi penggunaan LNB jadi tidak ada pengaruh on/off di pengaturan receiver, terkecuali anda menambahkan swich 22K.

      Hapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.