NBTC: Acara Top Olahraga Harus Gratis di Siarkan, Bagaimana dengan Piala Dunia 2018?


Sahabat Satelit Mania, tahukah anda bahwa di Negara Gajah Putih Thailand ada peraturan khusus untuk ajang olahraga sepak bola yang wajib diterapkan dimana semua tayangan terakbar tersebut harus dan wajib disiarkan di saluran televisi dengan free-to-air. Adapun acara olah raga tersebut adalah Southeast Asian Games, ASEAN Para Games, Asian Games, Asian Para Games, Summer Olympic Games, Summer Paralympic Games dan FIFA World Cup.

Oleh Komisi Penyiaran Nasional dan Telekomunikasi (NBTC) Thailand yang aturan ini disebut dengan "Must Have" mewajibkan bagi pemegang hak penyiaran untuk tujuh program olahraga tersebut diatas termasuk Piala Dunia (World Cup) untuk menyiarkan semua acara ini di saluran TV secara gratis melalui platform apapun.

Bagaimana dengan Piala Dunia 2018?

Walaupun ada yang kontra seperti halnya pada kasus Piala Dunia 2014 dimana hak media penyiarannya dipegang oleh RS Public Company Limited melalui tv berbayarnya yang menggunakan decoder SunBox namun akhirnya batal karena terbenturnya dengan aturan ini.

Di Thailand pun memiliki aturan "Must Carry" dimana pemerintah menjamin hak dasar untuk menonton program TV secara gratis melalui platform apapun, seperti antena, receiver, tv kabel dan satelit. Melalui peraturan ini, semua penyiar harus memahami bahwa frekuensi radio, televisi dan telekomunikasi dianggap sebagai sumber daya nasional, sehingga operator TV free-to-air harus bertanggung jawab untuk menyediakan layanan penyiaran publik di seluruh negeri pada platform apapun.

Lalu Bagaimana dengan Piala Dunia 2018?
Tentu dengan aturan ini, sampai artikel ini dipublish belum ada kepastian hak siar piala dunia 2018 di thailand dan belum/tidak ada pihak swasta (pay tv) yang ingin membeli hak siar piala dunia 2018. Namun bila kita ingat di tahun 2014 dimana piala dunia disiarkan melalui beberapa channel seperti Channel 3, Channel 5, Channel 7, Modernine TV, MCOT dan NBT (Channel 11), kabarnya pihak TVPool (The Television Pool of Thailand) yang juga perwakilan dari saluran-saluran tersebut tengah bernegosiasi dengan pihak Infront Sports & Media berkaitan harga hak siar. Berapapun deal harga hak siar nantinya maka pemerintah thailand pun akan menanggung biayanya.

Dan dibawah ini adalah channel-channel yang menyiarkan Piala Dunia semenjak tahun 1970 sampai dengan 2014 untuk negara thailand:
  • 1970–1998: The Television Pool of Thailand (Analogue Terrestrial Black and White TV: Channel 4, Channel 7; Colour TV: Channel 3, Channel 5, Channel 7, Channel 9)
  • 2002: Dhospaak Communication Agency Company Limited; subsidiary company of Thai Beverages PCL. (Analog Terrestrial: Channel 3, Channel 5, Channel 7, Modernine TV (Channel 9), Channel 11)
  • 2006/2010/2014: RS Public Company Limited (Terrestrial: Channel 3, Channel 5, Channel 7, Modernine TV, NBT (Channel 11);  
Jadi kita tunggu saja kabar terbaru channel-channel apa saja yang akan menyiarkan tayangan Piala Dunia 2018 nanti yang penerimaannya melalui satelit thaicom 5/6/8 tersebut.


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.