U-BOOT: Mengatasi Mode On Pada Receiver Skybox A1 AVS+ Plus


Kelebihan dari receiver Skybox A1 New AVS+ 8MB dan Skybox A1 Plus adalah telah dilengkapinya satu fitur recovery u-boot dimana fungsi ini mampu melakukan upgrade software melalui media usb/flashdisk.

Sebelum pembahasan lebih lanjut alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu u-boot? U-Boot adalah kependekkan dari Universal Boot Loader bersifat open source yang merupakan boot loader utama (primary) pada perangkat embedded, dimana fitur ini berfungsi mengumpulkan semua instruksi untuk mem-boot kernel sebuah perangkat sistem operasi. U-Boot dapat melakukan perintah dalam hal membaca informasi perangkat, membaca dan menulis memori flash, mendownload file kernel, gambar booting, dll. melalui port serial atau jaringan (network), selain itu juga dapat memanipulasi struktur data perangkat dan banyak lagi.

Untuk pembahasan lengkapnya telah kami bahas pada artikel kami dengan judul Apa itu U-Boot? dan Apa Fungsinya?

Mengatasi Mode On Pada Receiver Skybox A1 AVS+ Plus

Baiklah kita kembali ke topik pembahasan, bila anda memiliki receiver Skybox A-1 Plus H.265 (HEVC) yang mengalami Mode On karena gagal upgrade atau hal lainnya maka anda sedikit diuntungkan dengan fitur u-boot ini. Karena cukup melakukan perintah dan menekan beberapa kombinasi tombol saja maka receiver anda bisa hidup normal kembali.

Dibawah ini dimana receiver skybox a1 plus hanya tertahan di mode on sehingga di layar monitar tidak menampilkan apa-apa. Kasus yang kami alami ini akibat dari memasukan kode biss key menggunakan tombol GOTO,  dimana setelah sukses memasukan kode biss key receiver langsung mengalami hang tidak bisa diapa-apain. Maka receiver kami matikan melalui saklar belakang dan kami hidupkan kembali, yang terjadi receiver langsung mengalami Mode On.

Mengatasi Mode On Pada Receiver Skybox A1 AVS+ Plus

Nah, untuk mengatasinya pertama-tama matikan dulu receiver anda melalui saklar belakang. Selanjutnya unduh firmwarenya melalui halaman download Kumpulan Firmware Receiver Skybox Series.

Silahkan pilih versi yang diinginkan, namun alangkah baiknya gunakan versi yang terbaru yaitu pada percobaan yang kami lakukan adalah versi F170330_8051T_skybox_J0.80.bin. Bila sudah ubah nama file tersebut menjadi flash.bin dan selanjutnya copy kan ke flashdisk lalu colokkan ke port USB depan atau belakang receiver.

Upgrade Skybox A-1 Plus via Recovery U-Boot.
Bila sudah semua, berikutnya adalah proses upgrade/recovery firmware ke receiver. Mula-mula hidupkan terlebih dahulu televisi untuk melihat tampilan proses upgrade nantinya. Berikutnya masih pada posisi off/mati silahkan hidupkan receiver melalui saklar belakang dan secara bersamaan lakukan pencet/tekan tombol MENU pada remote berulang-ulang (ingat! berulang-ulang bukan tekan dan tahan) sampai muncul tulisan "Usb upgrade! Do not power off!" pada layar televisi.

Mengatasi Mode On Pada Receiver Skybox A1 AVS+ Plus

Bila dipastikan pesan tersebut tampil, maka langkah selanjutnya anda cukup menunggu beberapa menit karena proses upgrade sedang berlangsung.

Selanjutnya bila proses upgrade sukses, maka receiver akan booting kembali dan receiver pun bisa hidup normal kembali.

Mengatasi Mode On Pada Receiver Skybox A1 AVS+ Plus

CATATAN:
Cara diatas bisa anda lakukan juga bila anda mengalami mode on pada receiver skybox a1 AVS+ 8MB.

Bagaimana, cukup mudah bukan? bila masih ada yang perlu dibahas atau ditanyakan silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah.


10 comments:

  1. kl suka on sendiri itu termasuk on mode bukan? jd kl saya off dr remote aja suka on sendiri meskipun lama sekitar 2 jam kemudian

    ReplyDelete
    Replies
    1. mode on yang dimaksud disini adalah dimana receiver bila di on kan hanya menampilkan led ON sj dan tidak menampilkan channel sama sekali (seperti Hang).

      Delete
  2. Ask bos....caranya gmn menasukkan bisskey di skybox a1 new avs 8mb biar gak trjd mode on

    ReplyDelete
  3. Krn memasukkan bisskey dg tombol goto pd skybox a1 new avs 8mb jg trjd mode on...trus biar aman fan gak trjadi mode on lg gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukkan melalui menu edit key atau bisa juga melalui import softcam.key

      Delete
  4. Saya sudah berhasil u boot .. Ada masalah lagi .. Tidak bisa save bisskey .. Jadi selalu isi bisskey...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah tersebut kemungkinan IC Eeprom bermasalah (terprotect), solusinya coba ganti dengan IC yang baru gan

      Delete
  5. Klo untuk avs 4mb yg mode on gmn min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk avs yang 4mb, harus menggunakan flash eprom, cara sama persis seperti pada artikel kami:
      [Panduan Lengkap] Cara Flash IC Eeprom SPI dengan USB Programmer CH341A

      Delete
  6. gan cara membuka upgrade usb gimana ya?
    soalnya di receiver nya ke tutup..
    terimakasih

    ReplyDelete

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.