Header Ads

Panduan Pemula Cara Merubah Format File BIN ke ROM


Cara Edit File Bin di Android - Sobat satelit mania kali ini kami sedikit mengulas bagaimana cara merubah format file dengan menggunakan aplikasi android dalam hal ini cara merubah dari file sw berformat Binary (.bin) ke format Read-only Memory (.rom) walaupun banyak cara untuk melakukannya membuka file bin salah satunya adalah dengan daemon tools.

Artikel kali ini sebenarnya terkait khusus dengan postingan kami yang terdahulu dengan judul Cara Flashing IC Eeprom SPI via Android dengan Mudah dimana dalam proses melakukan flashing file sw/firmware yang didukung harus berformat rom. Pada sebagian/kebanyakan receiver file sw yang dimiliki adalah menggunakan format bin, maka agar proses flashing via android bisa sukses maka file .bin tersebut haruslah diubah menjadi file berformat rom.

Cara termudah untuk mengubah format file tanpa software sebenarnya cukup dengan menggunakan laptop/pc, yaitu dengan cara menekan tombol F2 pada keyboard maka secara otomatis kita langsung bisa merubah format file sesuai kebutuhan kita.

Secara khusus memang artikel ini diperuntukan bagaimana cara merubah format file menggunakan android, untuk itu bila anda saat ini mencari-cari bagaimana untuk melakukan itu semua maka mari simak ulasan singkat berikut ini.

Mula-mula silahkan unduh terlebih dahulu file sw yang akan diubah format filenya. Kali ini kami telah mendownload file sw Skybox_A1New_AVS_H079_fix.bin dan akan mencoba mengganti/mengubah file sw tersebut menjadi tipe file Skybox_A1New_AVS_H079_fix.rom.

Selanjutnya silahkan unduh aplikasi pengubah format file yaitu ES File Eksplorer for Android disini. Selanjutnya install dan (1) jalankan aplikasi tersebut. Arahkah kefolder (2) dimana file sw hasil download. Bila ditemukan (3) tekan agak lama pada file sw, selanjut akan tampil tab opsi maka centang disitu diikut dengan me-tap pada icon | untuk membuka jendela edit.


Pada gambar (4) terlihat nama file sw telah siap di edit, maka silahkan (5) edit format .bin menjadi .rom diakhiri dengan OK. Dan lihat (6) file sw kini telah berubah menjadi format .rom.


Dan file tersebut kini sudah bisa digunakan untuk melakukan flashing menggunakan android. Sebagai tambahan, secara luas aplikasi untuk merubah format file bisa digunakan untuk segala jenis format file sesuai kebutuhan semisal mengganti format video. Demikian, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Cara edit firmware skybox f3 agar suport powerVu gimana min? Tolong

    BalasHapus

Komentar dengan nama akun "Unknown" atau "Anonim" tidak akan dipublish.

Diberdayakan oleh Blogger.