Apa itu EPG - Electronic Programme Guide?


EPG (Electronic Program Guide ) atau Panduan Program Elektronik adalah sebuah jadwal siaran interaktif yang diterima oleh dekoder atau set top box , yang menampilkan jadwal siaran televisi secara realtime untuk beberapa jangka waktu tertentu.

Pada Electronic Program Guide ini jadwal ditampilkan secara jelas, mulai dari waktu kapan suatu acara dimulai atau diakhiri, penjelasan singkat mengenai acara yang berlangsung, hingga jadwal-jadwal acara untuk beberapa hari ke depan.

Lalu pada tayangan-tayangan apa saja fitur ini bisa digunakan (tampil)?
EPG bisa dipastikan akan tampil dan digunakan bila kita menyaksikan tayangan UseeTV, IPTV atau Pay TV (TV berbayar) semisal tayangan dari Indovision, Astro, Digital atau yang lainnya.

Dibawah ini adalah salah satu tampilan EPG dari provider Astro:


Dan ketika kita menekan tombol EPG pada remote control, maka di layar akan terpampang acara apa saja yang akan ditayangkan stasiun televisi bersangkutan selama 24 jam, atau bahkan susunan acara untuk satu minggu kedepan.

Terlihat pula pada channel Trans TV HD melalui satelit telkom 3s yang sudah menampilkan dan mengaktifkan fitur EPG ini.

Fitur EPG pada channel Trans TV HD di Telkom 3s

Singkatnya, dengan menekan tombol remote control pada channel yang sedang tayang kita bisa tahu channel tersebut sedang menayangkan acara apa, dan sekaligus memberitahukan kepada kita program apa yang akan tayang setelah tayangan yang sedang berlangsung.

Demikian informasi singkat tentang apa itu EPG, semoga bermanfaat.


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.