Satelit Telkom 3S Siap di Luncurkan


Setelah peluncuran satelit Telkom-3S tak jadi di kuartal keempat pada tahun 2016 lalu, dikabarkan bahwa peluncuran Satelit Telkom-3S ini tinggal menunggu waktu saja. Di jelaskan oleh Direktur Network IT & Solution Telkom, Abdus Somad Arief, Telkom 3S rencananya akan diluncurkan pada 15 Februari pukul 4.39 WIB. Sampai di titik orbit diperkirakan antara 10 hari hingga 15 hari.

Kita ketahui bersama, Telkom-3S adalah satelit komunikasi geostasioner milik Indonesia. Satelit Geostasioner adalah Satelit buatan yang ditempatkan pada posisi diatas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi.

Satelit Mania - Satelit Telkom 3S Siap di Luncurkan

Sebagai informasi, satelit Telkom-3S akan membawa 49 transponder, lebih banyak dibanding satelit Telkom 1 yang membawa 36 transponder dan satelit Telkom 2 dengan 24 transponder

Dalam hal biaya pembuatan dan satelit peluncurnya, pihak Telkom mengeluarkan dana hingga USD 250 juta dimana dibuat oleh dua perusahaan prancis yaitu Thales Alenia Space untuk membuat bodi satelit dan Ariane Space untuk membuat peluncur satelit (launcher).

Setelit Telkom-3S merupakan satelit keempat milik Telkom setelah Telkom-1, Telkom-2, dan Telkom-3 (Telkom-3 gagal mencapai orbit) dimana nantinya akan ditempatkan pada slot orbit 118 derajat bujur timur (BT) yang sebelumnya ditempati oleh satelit Telkom 2. Kemudian, satelit Telkom 2 yang masih aktif hingga 2022 akan dialihkan ke slot orbit 157 BT.

Akhirnya kita tunggu saja, channel apa saja yang akan menghiasi pada satelit Telkom 3S.


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.